Cara Membuat Es Nata de Coco Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kembali lagi dengan kami di artikel kali ini yang akan membahas tentang cara membuat es nata de coco yang sederhana namun tetap enak dan menyegarkan. Siapa yang tidak suka dengan es nata de coco? Es ini terkenal dengan kelezatannya yang manis dan segar di lidah. Terlebih lagi, membuat es kini menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bisa dilakukan di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-Bahan Es Nata de Coco

Sebelum memulai, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Susu kental manis
1 kaleng
Kelapa parut
1 buah
Nata de coco
1 bungkus
Es batu
secukupnya

Cara Membuat Es Nata de Coco

1. Mengolah Kelapa Parut

Pertama-tama, siapkan kelapa parut yang telah dipotong kecil-kecil dan tuangkan ke dalam wajan. Panggang kelapa parut tersebut hingga kuning kecokelatan dan mengeluarkan aroma yang sedap.

Setelah itu, angkat kelapa parut dan biarkan dingin. Setelah dingin, masukkan ke dalam wadah dan tambahkan susu kental manis secukupnya. Aduk hingga merata.

2. Menambahkan Nata De Coco

Setelah kelapa parut siap, ambil nata de coco yang telah dipotong-potong dan masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan sedikit air kelapa dan diamkan selama beberapa menit.

Setelah itu, tiriskan air kelapa dan masukkan nata de coco yang telah direndam ke dalam campuran kelapa parut dan susu kental manis yang telah disiapkan tadi. Aduk hingga merata.

3. Menambahkan Es Batu

Setelah campuran kelapa parut dan nata de coco siap, tambahkan es batu secukupnya untuk memberikan kesegaran pada es nata de coco. Aduk hingga es batu larut dan merata ke dalam campuran tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bakmi Godog Sederhana

4. Menyajikan Es Nata de Coco

Terakhir, sajikan es nata de coco yang telah jadi dalam gelas atau mangkuk dingin. Tambahkan es batu secukupnya dan tambahan irisan buah-buahan seperti mangga atau nanas untuk memberikan rasa yang lebih segar dan lezat. Es nata de coco siap untuk dinikmati!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu nata de coco?

Nata de coco adalah sebuah makanan yang berasal dari Filipina. Terbuat dari fermentasi air kelapa dengan bakteri asetatobacter xylinum. Nata de coco biasanya dijual dalam kemasan kaleng kecil dan dapat digunakan sebagai tambahan pada makanan atau minuman.

2. Apa manfaat dari mengonsumsi nata de coco?

Nata de coco mengandung serat yang baik untuk pencernaan, rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol. Selain itu, nata de coco juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Bagaimana cara menyimpan nata de coco yang belum digunakan?

Nata de coco yang belum digunakan dapat disimpan di dalam lemari es selama beberapa minggu. Pastikan untuk menyimpan nata de coco di dalam cairan pengawet yang ada di dalam kaleng untuk menjaga kelembaban dan kesegarannya.

4. Bisakah es nata de coco disajikan tanpa es batu?

Tentu saja bisa. Namun, dengan menambahkan es batu, es nata de coco akan menjadi lebih segar dan menyegarkan.

5. Bisa tambahkan apa lagi selain buah-buahan pada es nata de coco?

Anda bisa menambahkan bermacam-macam topping seperti kacang hijau, biji selasih, cincau, atau susu kental manis sebagai isi pada es nata de coco.

Kesimpulan

Itulah cara membuat es nata de coco yang sederhana namun tetap enak dan menyegarkan. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang simpel, Sobat Sederhana bisa mencoba membuat es nata de coco di rumah. Jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan dan es batu agar rasanya lebih nikmat. Selamat mencicipi!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pedang dari Bahan Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Es Nata de Coco Sederhana