Cara Membuat Inverter Sederhana dengan 2 Transistor

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat inverter sederhana dengan 2 transistor. Inverter adalah suatu alat yang dapat mengubah arus DC menjadi arus AC. Inverter sering digunakan pada peralatan elektronik yang membutuhkan arus AC seperti lampu, kipas angin, dan sebagainya. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah membuat inverter sederhana dengan 2 transistor.

Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai membuat inverter, kita harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

No
Bahan
Jumlah
1
Transistor NPN
2 buah
2
Kapasitor
2 buah
3
Resistor
4 buah
4
Transformator
1 buah
5
PCB
1 buah
6
Terminal
2 buah

Bahan-bahan di atas dapat Sobat Sederhana dapatkan di toko elektronik terdekat.

Langkah-Langkah Membuat Inverter Sederhana dengan 2 Transistor

1. Rangkaian Inverter

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat rangkaian inverter. Berikut ini adalah skema rangkaian inverter sederhana dengan 2 transistor:

Pastikan Sobat Sederhana membuat rangkaian inverter dengan benar agar tidak terjadi kerusakan pada komponen-komponen yang digunakan.

2. Menyolder Komponen

Setelah membuat rangkaian inverter, langkah selanjutnya adalah menyolder komponen pada PCB. Pastikan Sobat Sederhana menyolder komponen dengan benar dan tidak ada komponen yang terhubung secara sembarangan.

3. Pengecekan

Setelah menyolder komponen, langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan pada rangkaian inverter. Pastikan tegangan yang dihasilkan oleh inverter tidak melebihi batas yang diizinkan oleh komponen-komponen yang digunakan.

4. Uji Coba

Setelah semua tahapan di atas telah dilakukan, langkah terakhir adalah melakukan uji coba pada inverter yang telah dibuat. Pasanglah terminal pada keluaran inverter untuk menghubungkan alat-alat elektronik yang menggunakan arus AC.

FAQ

Apa itu inverter?

Inverter adalah suatu alat yang dapat mengubah arus DC menjadi arus AC.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Treadmill Sederhana

Bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat inverter sederhana dengan 2 transistor?

Bahan-bahan yang diperlukan adalah transistor NPN, kapasitor, resistor, transformator, PCB, dan terminal.

Bagaimana cara membuat rangkaian inverter sederhana dengan 2 transistor?

Cara membuat rangkaian inverter sederhana dengan 2 transistor adalah dengan mengikuti skema rangkaian inverter yang telah disediakan dan memastikan rangkaian inverter dibuat dengan benar.

Bagaimana cara mengecek rangkaian inverter?

Cara mengecek rangkaian inverter adalah dengan menggunakan alat ukur seperti multimeter untuk memastikan tegangan yang dihasilkan oleh inverter tidak melebihi batas yang diizinkan oleh komponen-komponen yang digunakan.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat inverter sederhana dengan 2 transistor. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana dapat membuat inverter sendiri dengan mudah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Inverter Sederhana dengan 2 Transistor