Cara Membuat Ice Cream Vanilla Sederhana

Hello Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka es krim? Terutama es krim vanilla yang lezat. Tapi apakah Sobat tahu bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah? Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mudah untuk membuat es krim vanilla sederhana yang enak dan menyegarkan. Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat es krim vanilla, pastikan Sobat sudah mengumpulkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Susu cair
2 cup
Gula pasir
1/2 cup
Garam
1/4 tsp
Kuning telur ayam
4 butir
Vanilla extract
2 tsp

Pastikan Sobat membeli bahan-bahan yang berkualitas dan segar agar es krimnya memiliki rasa yang enak.

Langkah-langkah membuat es krim vanilla sederhana

Langkah 1: Menghangatkan susu

Pertama-tama, panaskan susu cair dalam panci besar di atas kompor dengan api sedang. Masak sampai susu cukup hangat, sekitar 5 menit.

Langkah 2: Menambahkan gula dan garam

Tambahkan gula pasir dan garam ke dalam susu hangat. Aduk hingga gula larut sepenuhnya.

Langkah 3: Menambahkan kuning telur ayam

Kocok kuning telur ayam dalam mangkuk kecil. Tambahkan sedikit susu hangat ke dalam mangkuk dan aduk rata. Kemudian, tuangkan campuran kuning telur ke dalam panci susu dan aduk rata.

Langkah 4: Memasak campuran

Panaskan campuran susu dan kuning telur di atas kompor dengan api kecil, sambil terus diaduk agar tidak menggumpal atau terlalu panas. Masak sampai campuran tersebut cukup kental, sekitar 10-15 menit.

Langkah 5: Menghilangkan bau telur

Setelah campuran terlihat kental, matikan kompor dan tambahkan vanilla extract ke dalam campuran. Aduk rata dan biarkan dingin. Jika tercium bau telur yang kuat, tambahkan sedikit ekstra vanilla extract untuk menghilangkan bau tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sederhana Pecahan

FAQ

1. Bisakah saya menggunakan susu skim?

Tentu saja bisa. Namun, susu skim cenderung kurang kaya dan memiliki rasa yang lebih encer. Jadi, es krimnya mungkin tidak selemak dan enak seperti yang diharapkan. Namun, jika Sobat ingin membuat versi yang lebih ringan, susu skim bisa digunakan sebagai alternatif.

2. Apakah saya bisa menggunakan vanilla bean?

Tentu saja bisa. Vanilla bean memiliki rasa yang lebih kuat dan kaya dibandingkan dengan vanilla extract. Jika Sobat ingin menggunakan vanilla bean, caranya adalah dengan membelahnya dan memeras bijinya ke dalam campuran susu sebelum dimasak. Biarkan potongan biji vanilla bersama-sama dengan masakan untuk memberikan rasa yang lebih kuat.

3. Berapa lama sebaiknya es krim dingin?

Idealnya, es krim harus didinginkan selama minimal 4 jam sebelum disajikan. Namun, untuk hasil yang lebih baik, biarkan es krim dalam freezer selama semalam agar es krim benar-benar beku dan lezat.

Kesimpulan

Sekarang Sobat sudah tahu langkah-langkah mudah untuk membuat es krim vanilla sederhana di rumah. Jangan lupa mencoba resep ini di rumah dan bagikan hasilnya dengan kami di kolom komentar! Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Ice Cream Vanilla Sederhana