Cara Membuat Helikopter Mainan Sederhana yang Bisa Terbang

Selamat datang, Sobat Sederhana! Apakah kamu ingin tahu bagaimana cara membuat helikopter mainan sederhana yang bisa terbang? Jika iya, kamu sudah berada di artikel yang tepat! Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah membuat helikopter mainan sederhana dari bahan-bahan yang mudah didapat. Mari kita mulai!

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan helikopter mainan sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang diperlukan :

Alat
Bahan
– Gunting
– Kertas karton tipis
– Cutter
– Karet gelang
– Penggaris
– Baterai AA
– Lem tembak
– Motor DC kecil
– Solder
– Kabel kecil

Setelah kamu menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, kita bisa lanjut ke langkah-langkah pembuatan helikopter mainan sederhana.

Langkah-langkah Pembuatan Helikopter Mainan Sederhana

1. Membuat Baling-baling Helikopter

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat baling-baling helikopter. Berikut adalah langkah-langkah membuat baling-baling helikopter :

Langkah 1: Siapkan kertas karton tipis dengan ukuran 20 cm x 15 cm. Gunting kertas tersebut menjadi 4 bagian dengan ukuran 5 cm x 15 cm.

Langkah 2: Ambil dua lembar kertas karton yang sudah dipotong. Lipat setiap kertas dengan pola bergelombang. Gunting setiap pola bergelombang hingga membentuk baling-baling.

Langkah 3: Tempelkan baling-baling yang sudah dibuat pada karet gelang. Pastikan karet gelang tersebut terpasang dengan rapat dan tidak mudah lepas. Letakkan baling-baling tersebut pada motor DC kecil.

2. Merakit Rangkaian Helikopter

Setelah membuat baling-baling helikopter, langkah selanjutnya adalah merakit rangkaian helikopter. Berikut adalah langkah-langkah merakit rangkaian helikopter :

Langkah 1: Solder kabel pada motor DC kecil dan baterai AA.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Gantungan Kunci Sederhana

Langkah 2: Letakkan motor DC kecil pada suatu wadah yang kokoh. Wadah tersebut bisa berupa bahan apapun yang kokoh dan bisa menahan motor DC kecil.

Langkah 3: Tempelkan baterai AA pada wadah yang sama dengan motor DC kecil. Pastikan kabel yang terpasang pada baterai AA dan motor DC kecil terhubung dengan baik.

Langkah 4: Letakkan baling-baling helikopter yang sudah dibuat pada motor DC kecil. Pastikan posisi baling-baling tersebut seimbang agar helikopter bisa terbang dengan stabil.

3. Mengoperasikan Helikopter

Setelah merakit rangkaian helikopter, selanjutnya adalah mengoperasikan helikopter tersebut. Berikut adalah langkah-langkah mengoperasikan helikopter :

Langkah 1: Tekan tombol switch pada baterai AA agar helikopter bisa terbang.

Langkah 2: Pegang helikopter dengan pegangan yang sudah disediakan. Cobalah untuk mengarahkan helikopter ke atas dan ke bawah dengan menggerakan baling-baling helikopter.

Langkah 3: Nikmati sensasi terbang dengan helikopter mainan sederhana yang sudah kamu buat sendiri!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah helikopter mainan sederhana ini bisa terbang dengan stabil?

Ya, helikopter mainan sederhana ini bisa terbang dengan stabil jika baling-baling helikopter ditempatkan pada posisi yang seimbang.

2. Apakah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat helikopter mainan sederhana mudah didapat?

Ya, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat helikopter mainan sederhana sangat mudah didapat dan bisa ditemukan di sekitar kita.

3. Apakah helikopter mainan sederhana ini bisa dijadikan mainan anak-anak?

Helikopter mainan sederhana ini bisa dijadikan mainan anak-anak dengan pengawasan orang dewasa. Namun, pastikan tidak ada bagian dari helikopter yang bisa membahayakan anak-anak.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Itulah langkah-langkah membuat helikopter mainan sederhana yang bisa terbang. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa membuat helikopter mainan sederhana sendiri di rumah. Selamat mencoba! Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Buat Es Cendol Sederhana

Cara Membuat Helikopter Mainan Sederhana yang Bisa Terbang