Cara Membuat Grafik Regresi Linier Sederhana di Excel

Cara Membuat Grafik Regresi Linier Sederhana di Excel – Journal Article

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat grafik regresi linier sederhana di Excel. Grafik regresi linier sederhana merupakan salah satu cara untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yang berkaitan. Dalam pembuatan grafik ini, kita akan menggunakan perangkat lunak Excel yang sudah banyak digunakan dalam kegiatan akademik maupun bisnis. Yuk, simak cara pembuatannya berikut ini!

Pendahuluan

Sebelum memulai pembahasan tentang cara membuat grafik regresi linier sederhana di Excel, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu grafik regresi linier sederhana. Grafik regresi linier sederhana adalah jenis grafik yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yang berbeda, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Dalam grafik ini, sumbu x menunjukkan variabel bebas sedangkan sumbu y menunjukkan variabel terikat.

Dalam Excel, grafik regresi linier sederhana dapat dibuat dengan mudah menggunakan fitur yang telah disediakan. Selain itu, dengan adanya grafik regresi linier sederhana ini, kita dapat mengetahui besarnya pengaruh antara dua variabel tersebut dan melihat kecenderungan data yang ditunjukkan oleh grafik.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat grafik regresi linier sederhana di Excel:

Langkah-langkah Membuat Grafik Regresi Linier Sederhana di Excel

1. Siapkan Data

Sebelum membuat grafik regresi linier sederhana, tentu saja kita harus memiliki data yang akan digunakan. Pastikan data yang akan digunakan sudah terurut dengan benar dan tidak terdapat data yang hilang atau duplikat.

2. Buka Program Excel

Setelah data siap, buka program Microsoft Excel pada komputer atau laptop anda. Jika belum memiliki program Excel, anda dapat mengunduh atau membelinya terlebih dahulu.

TRENDING 🔥  Cara Potong Kaca Cermin dengan Alat Sederhana

3. Masukkan Data ke dalam Excel

Setelah program Excel terbuka, masukkan data yang sudah disiapkan ke dalam lembar kerja (spreadsheet) Excel. Data tersebut dapat dimasukkan pada kolom-kolom yang tersedia pada lembar kerja Excel.

4. Buat Grafik Regresi Linier Sederhana

Setelah data dimasukkan ke dalam Excel, selanjutnya buat grafik regresi linier sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih data yang ingin dijadikan grafik.
  2. Klik menu “Insert” pada bagian atas jendela Excel.
  3. Pilih jenis grafik yang diinginkan, pada kasus ini pilih “Scatter with Straight Lines and Markers”.
  4. Grafik regresi linier sederhana akan tercipta pada lembar kerja Excel anda.

Dengan langkah-langkah di atas, grafik regresi linier sederhana dapat dibuat dengan mudah menggunakan program Excel.

FAQ (Frequently Asked Question)

1. Apa itu grafik regresi linier sederhana?

Grafik regresi linier sederhana adalah jenis grafik yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yang berbeda, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Dalam grafik ini, sumbu x menunjukkan variabel bebas sedangkan sumbu y menunjukkan variabel terikat.

2. Mengapa penting untuk membuat grafik regresi linier sederhana?

Dengan membuat grafik regresi linier sederhana, kita dapat mengetahui besarnya pengaruh antara dua variabel tersebut dan melihat kecenderungan data yang ditunjukkan oleh grafik.

3. Bagaimana cara membuat grafik regresi linier sederhana di Excel?

Langkah-langkah untuk membuat grafik regresi linier sederhana di Excel adalah sebagai berikut: Siapkan data, buka program Excel, masukkan data ke dalam Excel, dan buat grafik regresi linier sederhana.

Kesimpulan

Dengan adanya grafik regresi linier sederhana di Excel, kita dapat mengetahui hubungan antara dua variabel yang berbeda dalam bentuk grafik. Grafik regresi linier sederhana juga sangat berguna dalam kegiatan akademik maupun bisnis, sehingga sangat penting untuk menguasai cara membuatnya. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat grafik regresi linier sederhana di Excel!

TRENDING 🔥  Cara Merakit Tone Control Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Grafik Regresi Linier Sederhana di Excel