Cara Membuat Form HTML Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat form HTML sederhana. Form HTML merupakan salah satu elemen dasar dalam pembuatan website maupun aplikasi web. Form HTML digunakan untuk mengumpulkan data dari pengguna melalui input yang diberikan. Dengan menguasai cara membuat form HTML, Sobat Sederhana akan lebih mudah dalam membuat website maupun aplikasi web.

Pendahuluan

Pada bagian ini, kita akan membahas pengertian form HTML serta beberapa contoh form HTML yang biasa digunakan pada website.

Form HTML merupakan bagian penting dari sebuah website. Form HTML digunakan untuk mengumpulkan data dari pengguna melalui input yang diberikan. Data yang dikumpulkan dapat berupa nama, alamat, email, password, dan sebagainya. Form HTML biasanya digunakan pada halaman pendaftaran, kontak, polling, dan sebagainya.

Contoh Form HTML
Nama Form
Deskripsi
Form Pendaftaran
Form yang digunakan untuk mendaftar ke suatu website atau aplikasi web
Form Kontak
Form yang digunakan untuk mengirim pesan kepada pihak yang bertanggung jawab pada suatu website atau aplikasi web
Form Polling
Form yang digunakan untuk mengumpulkan opini atau pandangan pengguna mengenai suatu topik atau isu tertentu

Langkah-langkah Membuat Form HTML Sederhana

Pada bagian ini, kita akan membahas langkah-langkah membuat form HTML sederhana.

1. Tambahkan Form Tag

Form HTML dimulai dengan tag <form> dan diakhiri dengan tag </form>. Tag <form> digunakan untuk menunjukkan bahwa bagian tersebut merupakan form HTML.

2. Tambahkan Input Tag

Input tag digunakan untuk menambahkan input field pada form HTML. Input tag dapat berupa text, password, checkbox, radio, dan sebagainya. Tag input harus diberi atribut name untuk menunjukkan nama dari input field tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengeraskan Besi

3. Tambahkan Label Tag

Label tag digunakan untuk memberikan label pada input field. Label tag harus diberi atribut for yang berisi nama dari input field tersebut.

4. Tambahkan Submit Button

Submit button digunakan untuk mengirim data yang diinputkan oleh pengguna ke server. Submit button ditambahkan dengan menggunakan tag <button> atau <input type=”submit”>.

5. Tambahkan Method dan Action

Method dan action digunakan untuk memberikan aksi yang akan dilakukan ketika data yang diinputkan dikirim ke server. Method dapat berupa GET atau POST. Action ditentukan oleh URL yang akan menerima data. Method dan action ditambahkan pada tag <form>.

Contoh Form HTML Sederhana

Berikut adalah contoh kode untuk membuat form HTML sederhana:

<form method=”post” action=”submit.php”>
<label for=”nama”>Nama</label>
<input type=”text” name=”nama” id=”nama”>
<br>
<label for=”email”>Email</label>
<input type=”email” name=”email” id=”email”>
<br>
<label for=”pesan”>Pesan</label>
<textarea name=”pesan” id=”pesan” rows=”5″></textarea>
<br>
<button type=”submit”>Kirim</button>
</form>

FAQ

Apa itu form HTML?

Form HTML merupakan elemen dasar dalam pembuatan website maupun aplikasi web yang digunakan untuk mengumpulkan data dari pengguna melalui input yang diberikan.

Apa saja jenis-jenis form HTML yang biasa digunakan pada website?

Jenis-jenis form HTML yang biasa digunakan pada website antara lain form pendaftaran, form kontak, form polling, dan sebagainya.

Apa saja langkah-langkah membuat form HTML sederhana?

Langkah-langkah membuat form HTML sederhana antara lain menambahkan form tag, menambahkan input tag, menambahkan label tag, menambahkan submit button, dan menambahkan method dan action.

Penutup

Sekian artikel tentang cara membuat form HTML sederhana. Dengan menguasai cara membuat form HTML, Sobat Sederhana akan lebih mudah dalam membuat website maupun aplikasi web. Jangan lupa untuk berlatih membuat form HTML agar semakin terampil dalam mengembangkan website dan aplikasi web. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Proyektor Mini Sederhana untuk Smartphone dari Kardus

Cara Membuat Form HTML Sederhana