Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Murah Tanpa SP

Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan es krim? Es krim merupakan salah satu makanan favorit yang disukai oleh semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, es krim yang dijual di pasaran cenderung mahal dan mengandung bahan tambahan yang tidak baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan belajar cara membuat es krim sederhana dan murah tanpa SP yang dapat kamu buat di rumah dengan mudah. Siap mencoba resep es krim sederhana ini? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat es krim sederhana ini, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan untuk membuat es krim sederhana:

Alat
Bahan
Wadah tahan panas
1 kaleng susu kental manis
Freezer atau lemari es
1 liter susu cair
Blender
2 sendok makan gula pasir
Sendok kayu
1 sendok teh pasta vanila
Wadah plastik atau kotak es krim
Toping sesuai selera (coklat, buah-buahan, dll)

Langkah-Langkah Membuat Es Krim Sederhana dan Murah Tanpa SP

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, Sobat Sederhana bisa mulai mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat es krim sederhana dan murah tanpa SP:

1. Campurkan Susu Kental Manis dan Gula Pasir

Pertama-tama, siapkan wadah tahan panas dan masukkan susu kental manis serta gula pasir. Aduk hingga tercampur rata.

2. Panaskan Campuran Susu Kental Manis dan Gula Pasir

Setelah itu, panaskan campuran susu kental manis dan gula pasir di atas api kecil. Aduk terus hingga gula larut dan campuran susu kental manis berubah warna menjadi coklat kekuningan. Jangan sampai mendidih ya!

TRENDING 🔥  Cara Mendekorasi Kamar Perempuan Sederhana

3. Tambahkan Susu Cair dan Pasta Vanila

Kemudian, matikan api dan tambahkan susu cair dan pasta vanila ke dalam campuran susu kental manis yang sudah dipanaskan. Aduk hingga tercampur rata dan pasta vanila merata di seluruh campuran.

4. Blender Campuran Susu

Setelah itu, campuran susu yang sudah dicampurkan tadi bisa di-blender agar tidak ada gumpalan dan menjadi lebih lembut. Blender hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

5. Masukkan ke Kotak Es Krim

Setelah di-blender, tuangkan campuran susu ke dalam kotak es krim atau wadah plastik. Tambahkan toping sesuai selera, misalnya coklat atau buah-buahan. Kemudian, tutup rapat kotak es krim dan simpan dalam freezer atau lemari es selama minimal 4 jam atau hingga beku.

FAQ tentang Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Murah Tanpa SP

1. Apa itu SP?

SP atau stabilizer adalah bahan tambahan yang umumnya digunakan dalam pembuatan es krim untuk membuat tekstur lebih lembut dan menghindari pembentukan kristal es pada es krim. Namun, SP dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

2. Bisakah Saya Menggunakan Susu Skim untuk Membuat Es Krim Sederhana?

Bisa, tapi tekstur es krim yang dihasilkan tidak akan seleh lembut jika menggunakan susu biasa. Sebaiknya, gunakan susu cair yang memiliki sedikit kandungan lemak agar es krim tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut.

3. Apa Saja Toping yang Bisa Digunakan dalam Es Krim Sederhana?

Anda bisa menggunakan beragam toping yang disukai, seperti coklat cair, selai buah-buahan, kacang-kacangan, atau buah segar. Pastikan untuk memilih toping yang cocok untuk nikmat es krim Anda.

TRENDING 🔥  Cara Buat Jamur Crispy Sederhana

4. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Es Krim Sederhana dan Murah Tanpa SP?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat es krim sederhana dan murah tanpa SP tergantung pada jumlah es krim yang dibuat dan temperatur freezer atau lemari es yang digunakan. Namun, secara umum, proses pembuatan es krim memerlukan waktu minimal 4 jam atau lebih.

5. Bisakah Es Krim Sederhana Tanpa SP Disimpan dalam Lemari Es?

Bisa, es krim sederhana dan murah tanpa SP dapat disimpan dalam lemari es selama beberapa hari. Namun, pastikan untuk menyimpan dalam wadah tertutup rapat agar tetap segar dan terhindar dari bau lemari es.

Penutup

Sobat Sederhana, itulah cara membuat es krim sederhana dan murah tanpa SP yang dapat kamu coba di rumah. Resep ini sangat mudah dan murah, sehingga kamu bisa menikmati es krim kapan saja tanpa harus khawatir dengan efek samping dari bahan tambahan yang digunakan.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Murah Tanpa SP