Cara Membuat Kare Ayam Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan masakan kare ayam? Masakan khas Indonesia yang kaya akan rempah ini memang sangat nikmat dan cocok disantap bersama keluarga. Namun, mungkin tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat kare ayam yang sederhana dan mudah dibuat di rumah. Nah, kali ini saya akan membagikan resep cara membuat kare ayam sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kare ayam sederhana:

Bahan
Jumlah
Ayam
500 gram
Bawang merah
5 butir
Bawang putih
3 siung
Cabai merah
5 buah
Kunyit
1 ruas jari
Jahe
1 ruas jari
Santan kental
500 ml
Daun salam
2 lembar
Daun jeruk
2 lembar
Lengkuas
1 ruas jari
Garam
secukupnya
Gula pasir
secukupnya
Air
500 ml

Langkah-langkah pembuatan

Nah, setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, sekarang waktunya untuk memulai proses memasak. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kare ayam sederhana:

1. Tumis bumbu halus

Pertama-tama, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, dan jahe. Setelah itu, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum.

2. Masukkan ayam

Setelah bumbu halus harum, masukkan potongan ayam ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga ayam tercampur rata dengan bumbu.

3. Tambahkan air

Tambahkan air ke dalam wajan dan biarkan hingga ayam empuk dan kuah meresap ke dalam daging ayam.

4. Masukkan santan

Setelah ayam empuk, masukkan santan ke dalam wajan dan aduk hingga merata. Beri garam dan gula pasir secukupnya sesuai dengan selera.

TRENDING 🔥  Cara Menyimpan Tekanan Sederhana

5. Masak hingga matang

Masak kare ayam hingga matang dan kuah mengental. Jangan lupa untuk terus diaduk supaya tidak gosong dan agar kuah tidak pecah.

Tips

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Sobat Sederhana lakukan untuk membuat kare ayam yang lezat:

1. Gunakan ayam yang segar

Pilihlah ayam segar dan bersih untuk menghindari bau amis yang tidak sedap. Bersihkan ayam dengan baik sebelum dimasak.

2. Potong ayam sesuai selera

Potong ayam sesuai dengan selera agar lebih mudah dimakan. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil potongannya.

3. Gunakan santan kental

Untuk mendapatkan rasa kare yang kental dan lezat, gunakan santan kental. Jangan gunakan santan encer karena akan membuat rasa kare tidak sedap.

4. Beri taburan bawang goreng

Untuk memberikan rasa yang lebih gurih, taburkan bawang goreng di atas kare ayam sebelum disajikan. Selain itu, bawang goreng juga bisa membuat kare ayam lebih cantik dan menarik.

FAQ

1. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kare ayam sederhana?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kare ayam sederhana antara lain ayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, jahe, santan kental, daun salam, daun jeruk, lengkuas, garam, gula pasir, dan air.

2. Bagaimana cara memasak kare ayam sederhana yang enak?

Untuk memasak kare ayam sederhana yang enak, pertama-tama, tumis bumbu halus. Setelah itu, masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan tambahkan air. Masak hingga ayam empuk dan masukkan santan. Beri garam dan gula pasir sesuai selera. Masak hingga matang dan kuah mengental.

3. Apa saja tips untuk membuat kare ayam sederhana yang lezat?

Tips untuk membuat kare ayam sederhana yang lezat antara lain menggunakan ayam yang segar, potong ayam sesuai selera, gunakan santan kental, dan beri taburan bawang goreng.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Akar dalam Bentuk Pecahan

Itulah cara membuat kare ayam sederhana yang mudah dan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya, Sobat Sederhana!

Cara Membuat Kare Ayam Sederhana