Cara Membuat Es Kepal Milo Sederhana di Rumah

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka makanan yang manis dan dingin seperti es kepal? Nah, kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat es kepal milo sederhana di rumah. Es kepal milo merupakan minuman yang cocok diminum di siang hari yang panas. Selain rasanya yang enak, es kepal milo juga mudah dibuat dan bahannya mudah didapatkan. Yuk, langsung saja kita simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita membuat es kepal milo, kita harus menyiapkan bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Milo bubuk
5 sendok makan
Gula pasir
3 sendok makan
Air matang
200 ml
Susu kental manis
3 sendok makan
Es batu
Secukupnya

Pastikan semua bahan yang diperlukan telah disiapkan dengan baik agar proses pembuatan es kepal milo bisa berjalan dengan lancar.

Cara Membuat Es Kepal Milo

Nah, setelah semua bahan telah disiapkan, kini saatnya kita memulai proses pembuatan es kepal milo. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Membuat Sirup Milo

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat sirup milo. Caranya adalah:

Pertama-tama, siapkan panci dan masukkan air matang sebanyak 200 ml. Kemudian, tambahkan milo bubuk dan gula pasir ke dalam panci tersebut. Aduk rata semua bahan hingga tidak ada gumpalan milo yang tersisa.

Setelah itu, masak campuran tersebut dengan api kecil sambil terus diaduk sampai gula dan milo larut dalam air. Pastikan tidak ada endapan milo di dasar panci. Lakukan hingga air berubah warna menjadi coklat tua.

Jangan lupa untuk mencicipi sirup milo yang sudah dibuat. Jika belum cukup manis, bisa ditambah gula pasir sesuai selera. Jika sudah cukup, angkat dan dinginkan sirup milo tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Buat Raket Nyamuk Sederhana

Langkah 2: Membuat Es Kepal Milo

Setelah sirup milo sudah dingin, kini saatnya kita membuat es kepal milo. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama-tama, siapkan mangkuk atau wadah yang cukup besar. Kemudian, masukkan susu kental manis ke dalam mangkuk tersebut. Aduk rata susu kental manis tersebut hingga tercampur dengan baik.

Setelah itu, tuangkan sirup milo yang sudah dingin ke dalam mangkuk tersebut. Aduk hingga tercampur rata dengan susu kental manis. Jangan kaget jika campuran tersebut menjadi kental.

Setelah campuran susu kental manis dan sirup milo tercampur dengan baik, masukkan es batu secukupnya ke dalam mangkuk tersebut. Aduk rata semua bahan hingga es batu tercampur dengan baik dengan campuran susu kental manis dan sirup milo.

Setelah semuanya tercampur dengan baik, ambil sendok es krim atau sendok biasa dan bentuk adonan tersebut menjadi bola-bola kecil. Tidak harus sempurna, asal terlihat seperti es kepal.

Ta-daa! Es kepal milo siap untuk disajikan. Cara penyajiannya bisa dengan menggunakan gelas atau mangkuk. Jangan lupa untuk menambahkan es batu secukupnya di dalam gelas atau mangkuk tersebut.

FAQ

1. Apakah es kepal milo aman dikonsumsi?

Ya, es kepal milo aman dikonsumsi jika dibuat dengan bahan-bahan yang bersih dan cara pembuatannya benar. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap susu, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi es kepal milo.

2. Bolehkah mengganti susu kental manis dengan susu biasa?

Tentu saja bisa. Namun, susu kental manis memberikan rasa dan tekstur yang lebih kental dan manis pada es kepal milo. Jika Anda mengganti dengan susu biasa, rasanya mungkin tidak akan sama.

3. Apa yang harus dilakukan jika sirup milo terlalu kental?

Jika sirup milo terlalu kental, Anda bisa menambahkan air matang secukupnya hingga teksturnya pas. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan air, karena akan mengurangi rasa dan aroma milo.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Software Inventory Sederhana

4. Berapa lama es kepal milo bisa disimpan?

Es kepal milo sebaiknya langsung dikonsumsi setelah dibuat agar lebih segar dan nikmat. Jika ingin menyimpannya, bisa dimasukkan ke dalam freezer selama beberapa jam. Namun, teksturnya bisa berubah dan tidak lagi lembut seperti ketika baru dibuat.

Kesimpulan

Itulah cara membuat es kepal milo sederhana di rumah. Mudah, bukan? Dengan bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatannya yang sederhana, Anda bisa menikmati es kepal milo kapan saja di rumah. Jangan lupa untuk mencoba resep ini dan berbagi dengan keluarga atau teman-teman Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Es Kepal Milo Sederhana di Rumah