Cara Membuat Es Kepal Milo Sederhana dan Mudah

Halo Sobat Sederhana, apa kabar? Di artikel kali ini, kita akan belajar bersama tentang cara membuat es kepal milo yang sederhana dan mudah. Es kepal milo adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia, terutama di kalangan anak-anak. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat es kepal milo, Sobat Sederhana memerlukan bahan-bahan berikut:

1 sachet milo
100 ml air panas
100 ml susu cair
1 sendok makan gula pasir
Es batu sesuai selera
Keju parut secukupnya

Pastikan semua bahan tersedia sebelum memulai proses pembuatan es kepal milo. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Membuat Es Kepal Milo

1. Siapkan Milo dan Air Panas

Pertama, Siapkan 1 sachet milo dan 100 ml air panas. Letakkan milo ke dalam mangkuk atau gelas yang sudah disiapkan. Tuangkan air panas ke dalam mangkuk atau gelas tersebut. Aduk hingga milo larut dengan baik dan menyerupai pasta coklat.

2. Tambahkan Susu Cair dan Gula Pasir

Selanjutnya, tambahkan 100 ml susu cair ke dalam mangkuk atau gelas yang sudah berisi campuran milo dan air panas. Akan lebih baik jika susu cair sudah didinginkan terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam campuran milo dan air panas. Lalu, tambahkan 1 sendok makan gula pasir ke dalam campuran tersebut. Aduk hingga semuanya tercampur dengan baik.

3. Tambahkan Es Batu

Jangan lupa, tambahkan es batu sesuai selera ke dalam campuran milo dan susu tadi. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

4. Bentuk Es Kepal Milo

Siapkan wadah atau plastik es kepal. Ambil sejumput kecil campuran milo dan susu, lalu letakkan di wadah atau plastik es kepal. Ambil lagi sejumput kecil, letakkan di atasnya. Ulangi proses ini hingga campuran milo dan susu habis. Tekan-tekan campuran tadi agar padat dan membentuk bulat. Setelah itu, keluarkan bulatan es kepal milo dari wadah atau plastik es kepal.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Nilai Persediaan Akhir Rata-rata Sederhana

5. Tambahkan Keju Parut

Terakhir, taburi es kepal milo dengan keju parut secukupnya. Es kepal milo siap disajikan!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa menggunakan susu bubuk?

Tentu saja bisa. Namun, pastikan susu bubuk yang digunakan sudah dicampur dengan air terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam campuran milo dan air panas.

2. Apa yang bisa saya gunakan selain keju parut?

Selain keju parut, Sobat Sederhana bisa menggunakan meses atau coklat serut sebagai pelengkap es kepal milo.

3. Bagaimana jika saya tidak suka manis?

Tambahkan gula pasir sesuai selera. Jika tidak suka manis, kurangi jumlah gula pasir atau jangan tambahkan sama sekali.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat es kepal milo yang sederhana dan mudah. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan langkah-langkah pembuatannya sangatlah mudah. Selamat mencoba di rumah dan nikmati es kepal milo yang enak dan segar. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Es Kepal Milo Sederhana dan Mudah