Cara Membuat ERP Sederhana

Hello Sobat Sederhana! ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sebuah sistem yang sangat penting dalam dunia bisnis. Dengan adanya ERP, para pelaku bisnis bisa melakukan manajemen bisnis lebih efektif dan efisien. Namun, sayangnya banyak pelaku bisnis yang belum memanfaatkan sistem ERP karena dianggap rumit dan mahal. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat ERP sederhana yang mudah dipahami dan tentu saja tidak akan mengeluarkan biaya yang besar.

Apa itu ERP dan Kenapa Penting?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat ERP sederhana, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu ERP dan mengapa sistem ini sangat penting dalam dunia bisnis. ERP adalah sebuah sistem yang dirancang untuk membantu manajemen bisnis dengan mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan, seperti sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, produksi, dan sebagainya menjadi satu kesatuan yang terintegrasi. Dengan adanya sistem ERP, perusahaan akan lebih mudah melakukan manajemen dan mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Manfaat ERP untuk Bisnis

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh perusahaan dengan menerapkan sistem ERP, di antaranya adalah:

No.
Manfaat ERP untuk Bisnis
1.
Meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen bisnis
2.
Mempercepat proses bisnis dan mengurangi kesalahan manusia
3.
Meningkatkan koordinasi antara departemen dan cabang perusahaan
4.
Mempermudah pengambilan keputusan bisnis yang tepat

Cara Membuat ERP Sederhana

1. Menentukan Kebutuhan Bisnis

Langkah pertama dalam membuat ERP sederhana adalah menentukan kebutuhan bisnis yang ingin diatur. Jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti: jumlah pegawai, jenis produk atau jasa yang dihasilkan, target pasar, dan sebagainya. Dengan menentukan kebutuhan bisnis, kita bisa menentukan fitur-fitur apa saja yang diperlukan dalam sistem ERP yang akan dibuat.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Pembuatan Ferisianida

2. Membuat Rencana Sistem ERP

Setelah menentukan kebutuhan bisnis, langkah selanjutnya adalah membuat rencana sistem ERP yang akan dibuat. Dalam tahap ini, kita akan menentukan teknologi dan software apa yang akan digunakan untuk membuat sistem ERP. Pastikan untuk mempertimbangkan budget yang dimiliki sehingga sistem ERP yang dibuat tidak terlalu mahal dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

3. Membuat Prototipe Sistem ERP

Setelah membuat rencana sistem ERP, tahap selanjutnya adalah membuat prototipe sistem ERP. Pada tahap ini, kita akan membuat sketsa atau rancangan sistem ERP yang akan dibuat. Pastikan untuk melibatkan para stakeholder dalam proses ini sehingga mereka bisa memberi masukan terkait fitur-fitur yang diperlukan dalam sistem ERP.

4. Mengembangkan Sistem ERP

Setelah prototipe sistem ERP selesai dibuat, tahap selanjutnya adalah mengembangkan sistem ERP yang sebenarnya. Pastikan untuk mempertimbangkan berbagai aspek seperti keamanan data, performa sistem, dan sebagainya. Dalam tahap ini, pastikan juga untuk melakukan uji coba dan debugging agar sistem ERP yang dibuat sesuai dengan kebutuhan bisnis.

5. Melakukan Pelatihan dan Implementasi

Setelah sistem ERP selesai dibuat, langkah terakhir adalah melakukan pelatihan dan implementasi kepada seluruh karyawan perusahaan. Pastikan untuk memberikan pelatihan yang cukup sehingga karyawan bisa menggunakan sistem ERP dengan baik. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala agar bisa mengetahui kelemahan dalam sistem ERP dan melakukan perbaikan secara tepat waktu.

FAQ tentang Cara Membuat ERP Sederhana

1. Apakah perusahaan kecil juga bisa membuat sistem ERP?

Tentu saja. Meskipun perusahaan kecil belum memiliki sumber daya yang banyak, namun mereka tetap bisa membuat sistem ERP dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Yang penting adalah menentukan kebutuhan bisnis yang jelas dan mengembangkan sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Buat Aplikasi Sederhana di Android

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat sistem ERP?

Biaya yang diperlukan untuk membuat sistem ERP sangat bervariasi tergantung pada kebutuhan bisnis dan teknologi yang digunakan. Namun, untuk membuat sistem ERP sederhana, biaya yang diperlukan tidak terlalu besar. Yang penting adalah membuat rencana yang matang dan memilih teknologi yang tepat.

3. Apa yang harus dilakukan jika sistem ERP mengalami error?

Jika sistem ERP mengalami error, segera lakukan debugging untuk menemukan penyebab error tersebut. Jangan lupa untuk melakukan backup data secara rutin agar data tidak hilang jika terjadi error.

4. Apakah sistem ERP bisa diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada di perusahaan?

Tentu saja. Sistem ERP bisa diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada di perusahaan, seperti sistem keuangan atau sistem HR. Dengan adanya integrasi ini, seluruh departemen dalam perusahaan bisa saling terhubung dan bisa berjalan lebih efektif.

5. Apa yang harus dilakukan jika karyawan sulit beradaptasi dengan sistem ERP?

Jika ada karyawan yang sulit beradaptasi dengan sistem ERP, pastikan untuk memberikan pelatihan yang cukup. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan dukungan teknis yang cukup agar karyawan bisa memahami sistem ERP dengan baik.

Kesimpulan

Dalam artikel kali ini, kita telah membahas cara membuat ERP sederhana yang mudah dipahami dan tidak terlalu mahal. Meskipun terlihat rumit, namun dengan langkah-langkah yang tepat dan mempertimbangkan kebutuhan bisnis, kita bisa membuat sistem ERP yang efektif dan efisien untuk manajemen bisnis. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat ERP Sederhana