Cara Merakit Senapan Angin Sederhana untuk Sobat Sederhana

Sobat Sederhana, senapan angin merupakan salah satu alat olahraga yang cukup sering digunakan. Namun, terkadang harga senapan angin di pasaran cukup mahal sehingga membuat sebagian orang enggan membelinya. Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan membahas cara merakit senapan angin sederhana yang bisa Sobat Sederhana praktikkan sendiri di rumah. Simak terus artikel ini ya!

Mengenal Jenis Senapan Angin

Sebelum kita masuk ke cara merakit, alangkah baiknya jika Sobat Sederhana mengenal terlebih dahulu jenis-jenis senapan angin yang ada di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis senapan angin:

Jenis Senapan Angin
Deskripsi
Senapan Angin PCP
Dapat menembakkan peluru dengan kecepatan yang cukup tinggi.
Senapan Angin Pompa
Menggunakan tekanan udara dari pompa tangan untuk menembakkan peluru.
Senapan Angin Gas
Menggunakan tekanan gas untuk menembakkan peluru.

Selain ketiga jenis senapan angin tersebut, masih banyak lagi jenis senapan angin lainnya seperti senapan angin laras ganda, laras tunggal, dan sebagainya. Namun, bagi Sobat Sederhana yang ingin membuat senapan angin sederhana, jenis yang akan digunakan adalah senapan angin pompa.

Langkah-langkah Merakit Senapan Angin Sederhana

1. Persiapkan Bahan dan Alat

Untuk merakit senapan angin sederhana, terlebih dahulu Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan dan alat yang harus disiapkan:

  • Pipa PVC berdiameter 3 cm
  • Pipa PVC berdiameter 1,5 cm
  • Pisau cutter
  • Alat pengukur
  • Busa tebal
  • Rotan kecil
  • Botol plastik bekas
  • Alat pemotong pipa
  • Isolasi listrik
  • Tabung tekanan udara
  • Pompa tangan
  • Pelet senapan angin

Pastikan semua bahan dan alat yang disiapkan sudah lengkap dan siap digunakan. Jangan sampai ada bahan atau alat yang kurang atau tidak sesuai.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Hidroponik dari Paralon Sederhana untuk Sobat Sederhana

2. Potong Pipa PVC

Langkah selanjutnya adalah memotong pipa PVC berdiameter 3 cm dan 1,5 cm dengan menggunakan alat pemotong pipa. Potong pipa PVC berdiameter 3 cm sepanjang 90 cm sebagai bagian laras senapan, sedangkan pipa PVC berdiameter 1,5 cm dipotong sepanjang 20 cm sebagai bagian pipa pembuangan.

3. Buat Lubang di Pipa PVC 3 cm

Buatlah lubang pada pipa PVC berdiameter 3 cm dengan jarak antar lubang sekitar 1 cm. Lubang ini akan digunakan sebagai tempat memasukkan pelet senapan angin.

4. Pasang Rotan Kecil

Pasang rotan kecil pada bagian laras senapan angin yang sudah dipotong. Rotan kecil ini berfungsi sebagai penopang pipa pembuangan.

5. Pasang Pisau Cutter

Pasang pisau cutter pada bagian ujung pipa PVC 1,5 cm yang sudah dipotong. Pisau cutter ini berfungsi sebagai bagian pelatuk.

6. Pasang Busa Tebal

Pasang busa tebal pada bagian depan pipa PVC 3 cm. Busa tebal ini berfungsi sebagai penahan pelet senapan angin agar tidak mudah keluar.

7. Pasang Botol Plastik Bekas

Pasang botol plastik bekas pada bagian ujung pipa pembuangan. Botol plastik ini berfungsi sebagai tabung penampung udara yang berasal dari pompa tangan.

8. Pasang Pompa Tangan

Pasang pompa tangan pada bagian tabung tekanan udara. Pompa tangan ini berfungsi untuk menghasilkan tekanan udara yang akan dimasukkan ke dalam botol plastik bekas.

9. Pasang Isolasi Listrik

Pasang isolasi listrik pada bagian dalam botol plastik bekas. Isolasi listrik ini berfungsi untuk menghindari bocornya udara dari botol plastik.

10. Masukkan Pelet Senapan Angin

Terakhir, masukkan pelet senapan angin ke dalam lubang yang sudah dibuat pada pipa PVC berdiameter 3 cm. Pastikan pelet tidak terlalu keras dimasukkan agar tidak merusak lubang.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Sebalk Sederhana

FAQ tentang Senapan Angin Sederhana

1. Apakah senapan angin sederhana bisa digunakan untuk berburu?

Tidak. Senapan angin sederhana hanya cocok digunakan sebagai alat olahraga atau permainan saja. Untuk berburu, sebaiknya menggunakan senapan angin yang memiliki kekuatan dan kecepatan lebih tinggi.

2. Bagaimana cara memperbaiki senapan angin sederhana yang rusak?

Untuk memperbaiki senapan angin sederhana yang rusak, Sobat Sederhana harus mengetahui dulu bagian yang rusak. Jika hanya bagian kecil yang rusak, bisa diperbaiki sendiri dengan cara mengganti bahan yang rusak.

3. Apakah senapan angin sederhana aman digunakan?

Senapan angin sederhana aman digunakan asalkan Sobat Sederhana menggunakan dengan bijak dan tidak sembarangan. Pastikan juga selalu mematuhi aturan-aturan yang berlaku dalam penggunaan senapan angin.

4. Berapa jarak maksimal tembakan senapan angin sederhana?

Jarak maksimal tembakan senapan angin sederhana tergantung pada kekuatan dan kecepatan pelet yang digunakan. Namun, umumnya jarak maksimal tembakan senapan angin sederhana adalah sekitar 30 meter.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Nah, itulah cara merakit senapan angin sederhana yang bisa Sobat Sederhana praktikkan sendiri di rumah. Selain menghemat biaya, membuat senapan angin sederhana juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Jangan lupa always be careful dan selalu patuhi aturan saat menggunakan senapan angin ya, Sobat Sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat!

Cara Merakit Senapan Angin Sederhana untuk Sobat Sederhana