Cara Membuat Drone Sederhana dari Dinamo Tamiya

Selamat datang Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai cara membuat drone sederhana dari dinamo tamiya. Bagi Sobat Sederhana yang ingin bisa membuat drone sendiri, artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Materi yang Diperlukan

Untuk membuat drone sederhana ini, Sobat Sederhana memerlukan beberapa materi yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Materi-materi tersebut antara lain:

Barang
Jumlah
Dinamo tamiya
4 buah
Baling-baling drone
4 buah
Baterai
1 buah
Remote control
1 buah
Mika atau kayu tipis
1 lembar
Lem tembak
secukupnya
Kabel listrik
secukupnya
Solder
secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan

1. Merakit Baling-Baling

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merakit baling-baling drone. Gunakan lem tembak untuk menyatukan baling-baling dengan dinamo tamiya. Pastikan pergerakan baling-baling lancar dan tidak terhalang oleh apapun.

2. Memasang Dinamo Tamiya

Setelah baling-baling selesai dirakit, selanjutnya adalah memasang dinamo tamiya pada mika atau kayu tipis yang telah dipersiapkan. Dinamo tamiya dapat dipasang dengan menggunakan lem tembak atau baut kecil.

3. Menyolder Kabel Listrik

Agar drone dapat berfungsi dengan baik, Sobat Sederhana perlu menyolder kabel listrik pada masing-masing dinamo tamiya. Pastikan kabel listrik sudah terpasang dengan rapat dan tidak ada yang terkelupas.

4. Merakit Komponen Drone

Setelah semua dinamo terpasang dan kabel listrik sudah tersambung, selanjutnya adalah merakit komponen drone. Pasang baterai pada drone dan remote control, kemudian sambungkan keduanya dengan kabel listrik yang sudah tersolder pada dinamo tamiya.

5. Uji Coba Drone

Setelah semua komponen terpasang dengan baik, Sobat Sederhana dapat melakukan uji coba pada drone. Pastikan drone dapat terbang dengan stabil dan tidak mengalami kendala apapun.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Persamaan Gerbang Logika

FAQ

1. Apakah dinamo tamiya bisa digunakan untuk membuat drone?

Ya, dinamo tamiya dapat digunakan untuk membuat drone sederhana. Namun, diperlukan empat buah dinamo tamiya agar drone dapat terbang dengan baik.

2. Apakah drone yang dibuat menggunakan dinamo tamiya memiliki performa yang bagus?

Performa drone yang dibuat menggunakan dinamo tamiya mungkin tidak sebaik drone yang dibuat menggunakan komponen yang lebih canggih. Namun, drone ini dapat mengangkat beban yang tidak terlalu berat dan cocok untuk pemula yang ingin belajar membuat drone.

3. Berapa harga dinamo tamiya yang diperlukan untuk membuat drone?

Harga dinamo tamiya yang diperlukan untuk membuat drone berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per buah, tergantung jenis dan mereknya.

Kesimpulan

Membuat drone sederhana dari dinamo tamiya ternyata tidak terlalu sulit jika Sobat Sederhana sudah mempersiapkan seluruh materi dan alat yang diperlukan. Dalam membuat drone, pastikan selalu menggunakan alat-alat yang aman dan menghindari terjadinya kecelakaan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Drone Sederhana dari Dinamo Tamiya