Cara Membuat CRUD Sederhana untuk Pemula

Halo Sobat Sederhana! Jika kalian sedang belajar pemrograman, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah CRUD. CRUD adalah singkatan dari Create, Read, Update, dan Delete, yang merupakan operasi dasar pada aplikasi database. Di artikel ini kita akan membahas cara membuat CRUD sederhana.

Apa itu CRUD?

Sebelum maju terlalu jauh, mari kita bahas apa itu CRUD. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, CRUD adalah singkatan dari Create, Read, Update, dan Delete. Ini adalah operasi dasar pada aplikasi database.

Operasi dasar ini penting untuk memanipulasi data dalam database. Kita menggunakan operasi dasar ini untuk membuat data, membaca data, memperbarui data, dan menghapus data. Dalam aplikasi web, kita biasanya akan menggunakan CRUD untuk memanipulasi data melalui form input.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat CRUD sederhana menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Kita akan membuat sebuah aplikasi web sederhana untuk menyimpan informasi kontak.

Persiapan

Sebelum kita mulai, pastikan bahwa kalian sudah menyiapkan beberapa hal berikut:

  1. Server web: kalian bisa menggunakan XAMPP atau aplikasi serupa untuk membuat server web di komputer lokal.
  2. Database: kalian bisa menggunakan MySQL atau aplikasi serupa untuk membuat database.
  3. Editor kode: kalian bisa menggunakan Visual Studio Code, Sublime Text, atau editor kode lainnya.

Jika kalian sudah menyiapkan semua hal di atas, mari kita mulai membuat aplikasi CRUD sederhana.

Membuat Database

Langkah pertama adalah membuat database MySQL. Buatlah sebuah database baru dengan nama kontak. Di dalam database ini, kita akan membuat sebuah tabel untuk menyimpan informasi kontak.

Tabel Kontak
Nama Kolom
Tipe Data
Keterangan
id
INT(11)
Primary key, auto increment
nama
VARCHAR(50)
Nama lengkap kontak
email
VARCHAR(50)
Alamat email kontak
telepon
VARCHAR(20)
Nomor telepon kontak
alamat
VARCHAR(100)
Alamat lengkap kontak

Setelah tabel selesai dibuat, kita bisa mulai membuat aplikasi CRUD sederhana.

Memulai Pembuatan Aplikasi

Langkah pertama dalam pembuatan aplikasi adalah membuat file index.php sebagai halaman depan aplikasi. Di dalam file ini, kita akan menampilkan daftar kontak yang sudah terdaftar di database.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Terong Ungu Sederhana

Menampilkan Daftar Kontak

Kita mulai dengan menuliskan kode untuk menampilkan daftar kontak. Kita akan menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk mengakses database MySQL.

Kita akan menggunakan fungsi mysqli_connect() untuk membuat koneksi ke database, dan fungsi mysqli_query() untuk mengeksekusi query SQL.

Berikut kode untuk menampilkan daftar kontak:

<?php$conn = mysqli_connect("localhost", "root", "", "kontak");if (!$conn) {die("Connection failed: " . mysqli_connect_error());}$sql = "SELECT * FROM kontak";$result = mysqli_query($conn, $sql);if (mysqli_num_rows($result) > 0) {while($row = mysqli_fetch_assoc($result)) {echo "<h3>" . $row["nama"] . "</h3>";echo "<p>" . $row["email"] . "</p>";echo "<p>" . $row["telepon"] . "</p>";echo "<p>" . $row["alamat"] . "</p>";}} else {echo "Tidak ada kontak yang terdaftar.";}mysqli_close($conn);?>

Kita membuat koneksi ke database dan mengeksekusi query SQL SELECT * FROM kontak untuk mengambil semua data dari tabel kontak. Jika ada data yang terambil, kita tampilkan data tersebut dalam sebuah loop. Jika tidak ada data, kita tampilkan pesan bahwa tidak ada kontak yang terdaftar.

Menambahkan Kontak Baru

Selanjutnya, kita akan menambahkan fitur untuk menambahkan kontak baru ke database. Kita akan membuat sebuah form input untuk mengambil informasi kontak dari pengguna.

Berikut kode untuk menampilkan form input:

<form method="post" action="tambah.php"><label>Nama:</label><input type="text" name="nama" required><label>Email:</label><input type="email" name="email" required><label>Telepon:</label><input type="tel" name="telepon" required><label>Alamat:</label><textarea name="alamat" required></textarea><button type="submit">Tambah Kontak</button></form>

Form input ini akan mengirim data ke file tambah.php untuk diproses. Di file tambah.php, kita akan mengeksekusi query SQL INSERT INTO kontak untuk menambahkan data kontak ke database.

Berikut kode untuk file tambah.php:

<?php$conn = mysqli_connect("localhost", "root", "", "kontak");if (!$conn) {die("Connection failed: " . mysqli_connect_error());}$nama = $_POST["nama"];$email = $_POST["email"];$telepon = $_POST["telepon"];$alamat = $_POST["alamat"];$sql = "INSERT INTO kontak (nama, email, telepon, alamat) VALUES ('$nama', '$email', '$telepon', '$alamat')";if (mysqli_query($conn, $sql)) {echo "Kontak berhasil ditambahkan.";} else {echo "Error: " . $sql . "
" . mysqli_error($conn);}mysqli_close($conn);?>

Kita mengambil data dari form input menggunakan variabel $_POST dan mengeksekusi query SQL INSERT INTO kontak untuk menambahkan data ke database. Jika berhasil, kita tampilkan pesan bahwa kontak berhasil ditambahkan. Jika tidak berhasil, kita tampilkan pesan error.

Mengedit Kontak

Selanjutnya, kita akan menambahkan fitur untuk mengedit kontak yang sudah terdaftar di database. Kita akan menampilkan data kontak dalam form input untuk diubah oleh pengguna.

Berikut kode untuk menampilkan form input untuk mengedit kontak:

<form method="post" action="edit.php"><input type="hidden" name="id" value="<?php echo $id; ?>"><label>Nama:</label><input type="text" name="nama" value="<?php echo $nama; ?>" required><label>Email:</label><input type="email" name="email" value="<?php echo $email; ?>" required><label>Telepon:</label><input type="tel" name="telepon" value="<?php echo $telepon; ?>" required><label>Alamat:</label><textarea name="alamat" required><?php echo $alamat; ?></textarea><button type="submit">Simpan Kontak</button></form>

Form input ini akan mengirim data ke file edit.php untuk diproses. Di file edit.php, kita akan mengeksekusi query SQL UPDATE kontak untuk mengubah data kontak di database.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Gazebo dari Bambu Sederhana

Berikut kode untuk file edit.php:

<?php$conn = mysqli_connect("localhost", "root", "", "kontak");if (!$conn) {die("Connection failed: " . mysqli_connect_error());}$id = $_POST["id"];$nama = $_POST["nama"];$email = $_POST["email"];$telepon = $_POST["telepon"];$alamat = $_POST["alamat"];$sql = "UPDATE kontak SET nama='$nama', email='$email', telepon='$telepon', alamat='$alamat' WHERE id=$id";if (mysqli_query($conn, $sql)) {echo "Kontak berhasil diubah.";} else {echo "Error: " . $sql . "
" . mysqli_error($conn);}mysqli_close($conn);?>

Kita mengambil data dari form input menggunakan variabel $_POST dan mengeksekusi query SQL UPDATE kontak untuk mengubah data di database. Kita menggunakan variabel $_POST[“id”] untuk menentukan kontak mana yang akan diubah.

Menghapus Kontak

Terakhir, kita akan menambahkan fitur untuk menghapus kontak yang sudah terdaftar di database. Kita akan menampilkan konfirmasi terlebih dahulu sebelum melakukan penghapusan data.

Berikut kode untuk menampilkan konfirmasi penghapusan:

<a href="hapus.php?id=<?php echo $row["id"]; ?>" onclick="return confirm('Apakah Anda yakin ingin menghapus kontak ini?')">Hapus</a>

Link di atas akan mengirim data ke file hapus.php untuk diproses. Di file hapus.php, kita akan mengeksekusi query SQL DELETE FROM kontak untuk menghapus data kontak dari database.

Berikut kode untuk file hapus.php:

<?php$conn = mysqli_connect("localhost", "root", "", "kontak");if (!$conn) {die("Connection failed: " . mysqli_connect_error());}$id = $_GET["id"];$sql = "DELETE FROM kontak WHERE id=$id";if (mysqli_query($conn, $sql)) {echo "Kontak berhasil dihapus.";} else {echo "Error: " . $sql . "
" . mysqli_error($conn);}mysqli_close($conn);?>

Kita menggunakan variabel $_GET untuk mengambil data dari URL. Kita menghapus kontak dengan mengeksekusi query SQL DELETE FROM kontak dengan menggunakan variabel $_GET[“id”] untuk menentukan kontak mana yang akan dihapus.

FAQ

Apa itu CRUD?

CRUD adalah singkatan dari Create, Read, Update, dan Delete, yang merupakan operasi dasar pada aplikasi database. Operasi dasar ini penting untuk memanipulasi data dalam database. Kita menggunakan operasi dasar ini untuk membuat data, membaca data, memperbarui data, dan menghapus data.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi CRUD sederhana?

Untuk membuat aplikasi CRUD sederhana, kita membutuhkan server web, database, dan editor kode. Kita bisa menggunakan XAMPP atau aplikasi serupa untuk membuat server web di komputer lokal, MySQL atau aplikasi serupa untuk membuat database, dan Visual Studio Code, Sublime Text, atau editor kode lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Upload SPSE 4 Lelang Sederhana

Bagaimana cara membuat database untuk aplikasi CRUD?

Untuk membuat database MySQL, kita bisa menggunakan aplikasi seperti phpMyAdmin atau menulis query SQL secara manual. Kita membuat sebuah database baru, dan di dalam database ini, kita membuat sebuah tabel untuk menyimpan informasi kontak.

Bagaimana cara menampilkan daftar kontak di aplikasi?

Kita menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk mengakses database MySQL. Kita membuat koneksi ke database dan mengeksekusi query SQL SELECT * FROM kontak untuk mengambil semua data dari tabel kontak. Jika ada data yang terambil, kita tampilkan data tersebut dalam sebuah loop. Jika tidak ada data, kita tampilkan pesan bahwa tidak ada kontak yang terdaftar.

Bagaimana cara menambahkan kontak baru di aplikasi?

Kita membuat sebuah form input untuk mengambil informasi kontak dari pengguna. Form input ini akan mengirim data ke file tambah.php untuk diproses. Di file tambah.php, kita akan mengeksekusi query SQL INSERT INTO kontak untuk menambahkan data kontak ke database.

Bagaimana cara mengedit kontak yang sudah terdaftar di aplikasi?

Kita menampilkan data kontak dalam form input untuk diubah oleh pengguna. Form input ini akan mengirim data ke file edit.php untuk diproses. Di file edit.php, kita akan mengeksekusi query SQL UPDATE kontak untuk mengubah data kontak di database.

Bagaimana cara menghapus kontak yang sudah terdaftar di aplikasi?

Kita menampilkan konfirmasi terlebih dahulu sebelum melakukan penghapusan data. Link yang ditampilkan akan mengirim data ke file hapus.php untuk diproses. Di file hapus.php, kita akan mengeksekusi query SQL DELETE FROM kontak untuk menghapus data kontak dari database.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat CRUD Sederhana untuk Pemula