Cara Membuat Donat Sederhana Empuk

Halo Sobat Sederhana! Apakah kalian suka makan donat? Donat merupakan salah satu kue yang digemari banyak orang, terutama anak-anak. Ada banyak jenis donat yang bisa kita temukan di toko kue atau bahkan di warung-warung kecil di pinggir jalan. Namun, apakah kalian pernah mencoba membuat donat sendiri di rumah? Di artikel ini, kami akan berbagi cara membuat donat sederhana empuk yang bisa kalian praktikkan sendiri di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat donat, pastikan kalian telah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
Gula pasir
100 gram
Ragi instan
7 gram
Garam
1 sendok teh
Telur ayam
2 butir
Susu cair
200 ml
Margarin atau mentega
100 gram
Minyak goreng
secukupnya

Cara membuat donat sederhana empuk

1. Campurkan bahan kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan sendok atau whisk.

2. Tambahkan bahan cair

Selanjutnya, tambahkan telur ayam, susu cair, dan margarin atau mentega yang telah dilelehkan. Aduk rata menggunakan mixer atau tangan sampai adonan tercampur sempurna dan elastis.

3. Diamkan adonan

Setelah adonan tercampur sempurna, diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit atau hingga mengembang dua kali lipat. Tutup wadah dengan serbet atau plastik wrap agar adonan tidak kering dan tertutup rapat.

4. Bentuk adonan

Setelah adonan mengembang, gilas adonan menggunakan rolling pin hingga ketebalannya sekitar 1 cm. Kemudian, gunakan donat cutter untuk membentuk adonan menjadi lingkaran donat. Letakkan donat pada loyang yang telah diolesi sedikit minyak goreng dan biarkan donat mengembang lagi selama kurang lebih 10-15 menit.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Robot Sederhana

5. Goreng donat

Setelah donat mengembang, panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng donat dalam minyak yang sudah panas dengan api sedang hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan donat di atas kertas minyak atau tisu dapur.

Tips membuat donat sederhana empuk

1. Jangan menguleni adonan terlalu lama

Jangan menguleni adonan terlalu lama karena hal ini dapat membuat donat menjadi keras dan tidak empuk. Cukup aduk adonan sampai tercampur rata dan elastis.

2. Diamkan adonan dengan baik

Penting untuk diamkan adonan selama beberapa waktu agar donat bisa mengembang dengan baik dan menjadi lembut saat digoreng.

3. Pastikan minyak goreng sudah panas

Agar donat tidak menyerap terlalu banyak minyak saat digoreng, pastikan minyak goreng sudah benar-benar panas sebelum memasukkan donat ke dalamnya.

4. Jangan sering membalik donat saat digoreng

Jangan terlalu sering membalik donat saat digoreng karena hal ini bisa membuat donat menjadi tidak merata dan tidak mengembang dengan baik di bagian tengah.

5. Taburi donat dengan gula halus atau keju parut

Anda bisa menambahkan rasa pada donat dengan menaburi donat dengan gula halus atau keju parut setelah digoreng dan masih hangat.

FAQ (Frequently Asked Question)

1. Bisa tidak membuat donat tanpa ragi instan?

Bisa. Anda bisa mengganti ragi instan dengan tepung terigu protein tinggi yang dicampur dengan air hangat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit atau hingga mengembang dua kali lipat sebelum digunakan.

2. Apakah bisa mengganti susu cair dengan susu bubuk?

Bisa. Namun, pastikan susu bubuk telah dicairkan terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam adonan donat.

3. Bisakah donat disimpan dalam waktu yang lama?

Donat sebaiknya dikonsumsi dalam waktu yang tidak terlalu lama karena donat yang sudah dingin atau lama disimpan akan menjadi keras. Jika ingin menyimpan donat, sebaiknya simpan dalam wadah tertutup di dalam lemari pendingin agar lebih awet.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Warung Sederhana Menggunakan Netbeans Site Youtube

4. Apakah bisa menambahkan cokelat pada adonan donat?

Bisa. Anda dapat menambahkan bubuk cokelat ke dalam adonan sebelum mengaduk semua bahan.

5. Apa yang menyebabkan donat menjadi keras?

Donat yang terlalu lama digoreng atau disimpan dalam waktu yang lama bisa membuat donat menjadi keras. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi donat dalam waktu yang relatif singkat atau simpan dalam kondisi yang baik.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Donat Sederhana Empuk