Cara Membuat Dodol Nanas yang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan dodol nanas? Dodol nanas memang menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang sangat digemari. Rasanya yang manis, lembut, dan sedikit asam membuat dodol nanas menjadi camilan yang enak dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memasak dodol nanas, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Nanas yang sudah diblender
300 gram
Gula pasir
400 gram
Kelapa parut
200 gram
Santan kental
300 ml
Garam
1/4 sendok teh

Langkah-langkah Membuat Dodol Nanas

Berikut adalah cara membuat dodol nanas yang sederhana:

1. Menyiapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan semua bahan sudah terukur dengan tepat.

2. Mencampurkan Nanas dan Gula

Setelah semua bahan siap, campurkan nanas yang sudah diblender dengan gula pasir dalam panci. Aduk-aduk hingga gula larut dan campuran terlihat merata.

3. Menambahkan Santan

Tambahkan santan kental ke dalam campuran nanas dan gula. Aduk-aduk hingga merata dan tidak ada gumpalan.

4. Memasak Campuran

Panasakan panci dengan api kecil dan masak campuran sambil terus diaduk-aduk hingga campuran mengental dan tidak lengket di bagian dasar panci. Hal ini memerlukan waktu sekitar 2 jam.

5. Menambahkan Kelapa Parut

Setelah campuran mengental, tambahkan kelapa parut dan garam ke dalam panci. Aduk-aduk hingga merata dan masak selama 30 menit hingga kelapa tercampur sempurna dengan dodol.

6. Mendinginkan Dodol

Setelah dodol selesai dimasak, angkat panci dari kompor dan biarkan dingin selama beberapa saat. Setelah dingin, ambil dodol dan bentuk sesuai selera. Dodol nanas siap disajikan.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Nasi Liwet Enak Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat dodol nanas menjadi lengket?

Dodol nanas menjadi lengket karena adanya zat tepung yang terkandung dalam nanas. Oleh karena itu, saat memasak dodol nanas, Sobat Sederhana harus memasak campurannya hingga mengental dan tidak lengket di bagian dasar panci.

2. Apa yang bisa menjadi pengganti kelapa parut?

Jika Sobat Sederhana tidak suka kelapa parut, bisa diganti dengan kelapa atau santan kental yang lebih sedikit agar dodol nanas tidak terlalu berminyak.

3. Apa yang harus dilakukan jika dodol nanas terlalu keras?

Jika dodol nanas terlalu keras, tambahkan sedikit santan kental dan masak kembali di atas api kecil hingga bahan tercampur merata.

Penutup

Itulah cara membuat dodol nanas yang sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa membuat sendiri dodol nanas yang enak dan lembut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Dodol Nanas yang Sederhana