Cara Membuat Kentaki Ayam Gurih Renyah Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kentaki ayam adalah hidangan yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Hidangan kentaki ayam yang dikenal dengan rasa gurih dan renyah ini biasanya disajikan bersama kentang goreng. Jika kamu ingin membuat hidangan kentaki ayam sendiri di rumah, yuk simak bahan-bahan dan cara membuatnya di bawah ini!

Bahan-bahan

Sebelum mulai membuat kentaki ayam, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan, di antaranya:

Bahan
Jumlah
Ayam
1 ekor, potong sesuai selera
Tepung terigu
250 gram
Tepung maizena
50 gram
Baking powder
1 sendok teh
Bawang putih bubuk
1 sendok teh
Lada bubuk
1 sendok teh
Garam
1 sendok teh
Kaldu ayam
1 sendok teh
Air
secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat kentaki ayam yang gurih dan renyah:

1. Siapkan Ayam

Pertama-tama, bersihkan ayam dengan air mengalir dan potong sesuai selera. Kemudian, lumuri ayam dengan garam, lada bubuk, dan kaldu ayam. Diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap.

2. Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, tepung maizena, baking powder, bawang putih bubuk, lada bubuk, garam, dan kaldu ayam. Aduk rata.

3. Tambahkan Air

Tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam campuran bahan kering sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental dan lengket.

4. Balur Ayam

Masukkan potongan ayam ke dalam adonan hingga terbalut rata.

5. Goreng Ayam

Goreng ayam dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan dan matang. Tiriskan ayam di atas kertas minyak atau tisu dapur agar minyak terserap.

6. Sajikan

Kentaki ayam gurih dan renyah siap disajikan bersama kentang goreng atau saus sambal favoritmu.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah tepung maizena bisa diganti dengan tepung kanji?

Ya, tepung maizena dapat diganti dengan tepung kanji. Namun, kentaki ayam yang dihasilkan mungkin tidak akan se-rendah tepung maizena.

TRENDING 🔥  Cara Menata Kamar Sempit Sederhana

2. Bagaimana cara agar kentaki ayam tidak lengket pada saat digoreng?

Agar kentaki ayam tidak lengket saat digoreng, pastikan adonan sudah benar-benar melekat merata pada potongan ayam dan minyak dalam keadaan panas. Jangan terlalu sering membolak-balik potongan ayam saat digoreng.

3. Apakah kentaki ayam bisa disimpan di dalam kulkas?

Ya, kentaki ayam dapat disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, jangan lupa untuk memanaskannya kembali sebelum disajikan agar tetap gurih dan renyah.

4. Apakah kentaki ayam bisa disimpan di dalam freezer?

Ya, kentaki ayam dapat disimpan di dalam freezer selama 1-2 minggu. Untuk menghangatkannya kembali, cukup panaskan di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 5-10 menit.

5. Apa saja bahan tambahan yang bisa ditambahkan pada kentaki ayam?

Beberapa bahan tambahan yang bisa ditambahkan pada kentaki ayam di antaranya tepung roti untuk mendapatkan tekstur yang lebih renyah, bawang putih cincang untuk aroma yang lebih kuat, atau bubuk cabai untuk rasa yang lebih pedas.

Penutup

Itulah cara membuat kentaki ayam yang gurih dan renyah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Kamu bisa mencoba membuatnya di rumah sebagai hidangan istimewa untuk keluarga tercinta. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kentaki Ayam Gurih Renyah Sederhana