Cara Membuat Cooler Bag Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips tentang cara membuat cooler bag sederhana. Cooler bag merupakan tas yang sangat berguna untuk membawa minuman dingin atau makanan ketika sedang piknik atau traveling. Namun, cooler bag yang dijual di pasaran seringkali sangat mahal. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan cara membuat cooler bag sederhana yang bisa kamu buat sendiri. Yuk, simak pembahasannya!

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat cooler bag, ada beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftarnya:

Alat
Bahan
Gunting
2 lembar kain denim (ukuran 50 x 70 cm)
Benang dan jarum
1 lembar busa (ukuran 50 x 70 cm, tebal 5 mm)
Resleting (ukuran 60 cm)
Lem tembak
Tali rafia (panjang 1 meter)

Langkah-Langkah Membuat Cooler Bag Sederhana

1. Siapkan Pola

Sebelum memotong kain denim, pertama-tama kamu harus mempersiapkan pola cooler bag terlebih dahulu. Kamu bisa membuat pola sendiri atau mencari pola yang sudah ada di internet. Pola ini akan menjadi acuan saat kamu memotong dan menjahit kain denim.

2. Potong Kain Denim

Setelah pola sudah siap, langkah selanjutnya adalah memotong kain denim sesuai dengan pola yang sudah dibuat. Gunting kain dengan hati-hati agar hasil potongan rapi dan tidak bergelombang.

3. Jahit Kain Denim

Selanjutnya, jahit kedua potongan kain denim menjadi satu dengan jahitan lurus di sisi kanan dan kiri. Pastikan jahitan rapi dan kuat agar cooler bag tidak mudah robek atau rusak.

4. Pasang Resleting

Setelah kedua potongan kain denim disambung menjadi satu, pasang resleting di bagian atas cooler bag. Jahit resleting dengan rapi agar tidak terlihat janggal. Kamu juga bisa menambahkan hiasan pada resleting seperti tali rafia atau aksesoris lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Menterjemahkan Bahasa Internet Menjadi Kalimat Sederhana

5. Potong Busa

Potong busa dengan ukuran yang sama dengan potongan kain denim. Pastikan busa yang kamu gunakan cukup tebal sehingga bisa menjaga suhu makanan dan minuman di dalam cooler bag.

6. Lem Busa pada Kain Denim

Lem busa di bagian dalam kain denim dengan menggunakan lem tembak. Pastikan busa menempel dengan kuat pada kain denim sehingga tidak bergeser saat cooler bag digunakan.

7. Jahit Tali Rafia

Untuk menambahkan aksesoris pada cooler bag, kamu bisa menambahkan tali rafia di bagian samping dan atas cooler bag. Jahit tali rafia dengan kuat agar tidak mudah lepas saat cooler bag digunakan.

8. Selesai!

Cooler bag sederhana pun sudah selesai dibuat. Sekarang kamu bisa membawa minuman dingin atau makanan ketika sedang piknik atau traveling tanpa perlu membeli cooler bag yang mahal.

FAQ

1. Apakah kain denim bisa diganti dengan kain lain?

Jawab: Ya, kamu bisa menggunakan kain lain seperti kanvas atau bahan lainnya. Namun, kain denim memiliki ketebalan dan ketahanan yang bagus sehingga lebih cocok digunakan sebagai bahan cooler bag.

2. Apakah harus menggunakan resleting yang panjangnya 60 cm?

Jawab: Tidak harus, kamu bisa menyesuaikan ukuran resleting dengan ukuran cooler bag yang ingin kamu buat.

3. Bagaimana jika cooler bag kotor?

Jawab: Kamu bisa membersihkan cooler bag dengan membersihkannya menggunakan deterjen dan sikat lembut. Hindari mencuci cooler bag menggunakan mesin cuci agar tidak merusak cooler bag.

Penutup

Nah, itu dia cara membuat cooler bag sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Dengan membuat cooler bag sendiri, kamu bisa menghemat biaya dan mendapatkan cooler bag yang sesuai dengan keinginanmu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Buat Minuman Buka Puasa Sederhana

Cara Membuat Cooler Bag Sederhana