Cara Membuat Lampu Sederhana Tanpa Listrik untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu pernah merasa kesulitan saat listrik padam dan kamu tidak punya sumber cahaya? Jangan khawatir, kamu bisa membuat lampu sederhana tanpa listrik lho! Di artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat lampu sederhana tanpa listrik yang mudah dan murah. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan lampu sederhana tanpa listrik, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan berikut:

No
Nama Bahan
Jumlah
1
Botol Plastik Bekas
1 Buah
2
Minyak Goreng
100 ml
3
Sumbu Lilin
1 Buah
4
Korek Api Tidak Berwarna
1 Buah
5
Gunting
1 Buah

2. Persiapan Awal

Langkah pertama dalam pembuatan lampu sederhana tanpa listrik adalah dengan memilih botol plastik bekas yang masih cukup jelas. Setelah itu, basahi sumbu lilin dengan minyak goreng dan masukkan ke dalam botol plastik bekas. Pastikan sumbu lilin berada di tengah-tengah botol dan tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.

Setelah itu, gunting korek api tidak berwarna sekitar 1 cm di atas ujung sumbu lilin yang terjebak dalam botol plastik bekas. Jangan khawatir, sumbu lilin tidak akan terbakar oleh korek api karena minyak goreng sudah melapisi sumbu lilin secara merata.

3. Mengisi Botol Plastik Bekas dengan Minyak Goreng

Setelah persiapan awal telah selesai dilakukan, selanjutnya Sobat Sederhana harus mengisi botol plastik bekas dengan minyak goreng. Pastikan minyak goreng yang digunakan sudah mencapai setengah dari tinggi botol plastik bekas.

3.1. Mengapa Kita Menggunakan Minyak Goreng?

Minyak goreng digunakan untuk menjadi sumber cahaya karena memiliki fitur sifat refraksi yang tinggi. Dalam artian, minyak goreng dapat memantulkan cahaya dengan baik dan dapat menyebarkan cahaya secara merata. Selain itu, minyak goreng relatif lebih aman untuk digunakan dalam penggantian sumber cahaya daripada menggunakan bahan-bahan yang berbahaya.

TRENDING 🔥  Cara Mengatur Aksesibilitas iPhone Agar Lebih Sederhana

3.2. Apakah Sumber Cahaya Hasil dari Lampu Sederhana Tanpa Listrik Ini Terang?

Hasil dari lampu sederhana tanpa listrik ini tidak secerah lampu listrik pada umumnya. Namun, cukup terang untuk membantu Sobat Sederhana dalam melihat di ruangan yang gelap.

4. Cara Memakai Lampu Sederhana Tanpa Listrik

Cara menggunakan lampu sederhana tanpa listrik adalah dengan menyalakan korek api dan menjaganya agar tetap menyala. Setelah itu, tempatkan korek api di atas ujung sumbu lilin yang terpotong. Tunggu beberapa saat hingga sumbu lilin terbakar dan lampu sederhana tanpa listrik pun menjadi pencahayaan yang siap digunakan.

5. Manfaat Membuat Lampu Sederhana Tanpa Listrik

Manfaat dari pembuatan lampu sederhana tanpa listrik adalah sebagai berikut:

  • Membantu Sobat Sederhana dalam situasi darurat saat listrik padam.
  • Menjadi pilihan alternatif pencahayaan yang ramah lingkungan.
  • Membantu Sobat Sederhana menghemat pengeluaran untuk membeli sumber cahaya.

6. Kesimpulan

Dari artikel ini, Sobat Sederhana telah mempelajari cara membuat lampu sederhana tanpa listrik yang mudah dan murah. Oh iya, jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat menggunakan korek api dan jangan meninggalkannya tanpa pengawasan ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang membutuhkan sumber cahaya darurat. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Lampu Sederhana Tanpa Listrik untuk Sobat Sederhana