Cara Membuat Charger Tanpa Kabel Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kalian mengalami kehabisan daya baterai ponsel saat sedang di luar rumah dan tidak ada tempat untuk mencharge? Tentunya sangat menjengkelkan bukan? Namun, kini sudah ada solusi yang lebih praktis dan mudah yaitu dengan membuat charger tanpa kabel sederhana. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat charger tanpa kabel sederhana secara lengkap dan mudah dipahami. Mari kita mulai!

1. Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat charger tanpa kabel sederhana, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan dan alat terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Alat
Coil receiver
Solder
USB cable
Soldering iron
Power bank
Cutter pliers
Double-sided tape
Wire stripper

Pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan sebelum memulai membuat charger tanpa kabel sederhana.

2. Membuat Receiver

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat receiver atau penerima sinyal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Step 1: Menyiapkan Coil Receiver

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan coil receiver atau penerima sinyal. Sobat Sederhana dapat membeli coil receiver di toko elektronik terdekat atau online shop. Pastikan coil receiver yang Sobat Sederhana beli memiliki kemampuan untuk menampung daya untuk mengisi baterai.

Step 2: Membuka USB Cable

Setelah itu, Sobat Sederhana harus membuka USB cable yang akan digunakan sebagai penghubung antara receiver dan power bank. Sobat Sederhana dapat menggunakan cutter pliers untuk membuka bagian luar USB cable. Pastikan Sobat Sederhana tidak merusak kabel di dalamnya.

Step 3: Menyolder Kabel dan Coil Receiver

Sobat Sederhana harus menyolder kabel USB dengan coil receiver. Pastikan Sobat Sederhana telah mengetahui mana kabel positif dan negatif pada coil receiver. Jika Sobat Sederhana tidak yakin, dapat melihat keterangan pada coil receiver. Ketika menyolder, pastikan kabel USB terpasang dengan erat pada coil receiver.

TRENDING 🔥  Cara Supaya Bibir Merah dengan Bahan Sederhana

Step 4: Menyolder Kabel dan USB Plug

Setelah itu, Sobat Sederhana harus menyolder kabel USB dengan USB plug. Pastikan Sobat Sederhana telah mengetahui mana kabel positif dan negatif pada USB plug. Ketika menyolder, pastikan kabel USB terpasang dengan erat pada USB plug.

Step 5: Merekatkan Coil Receiver dengan Double-sided Tape

Terakhir, Sobat Sederhana harus merekatkan coil receiver dengan double-sided tape pada bagian belakang casing ponsel. Pastikan coil receiver terpasang dengan erat dan tidak mudah lepas.

3. Membuat Power Bank

Setelah membuat receiver, langkah berikutnya adalah membuat power bank. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Step 1: Menyolder Kabel dan USB Plug

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyolder kabel USB dengan USB plug. Pastikan Sobat Sederhana telah mengetahui mana kabel positif dan negatif pada USB plug. Ketika menyolder, pastikan kabel USB terpasang dengan erat pada USB plug.

Step 2: Menyolder Kabel dan Power Bank

Setelah itu, Sobat Sederhana harus menyolder kabel USB dengan power bank. Pastikan Sobat Sederhana telah mengetahui mana kabel positif dan negatif pada power bank. Ketika menyolder, pastikan kabel USB terpasang dengan erat pada power bank.

Step 3: Merekatkan Power Bank dengan Double-sided Tape

Terakhir, Sobat Sederhana harus merekatkan power bank dengan double-sided tape pada bagian belakang casing ponsel. Pastikan power bank terpasang dengan erat dan tidak mudah lepas.

4. Mengetes Charger Tanpa Kabel Sederhana

Setelah receiver dan power bank terpasang dengan baik, Sobat Sederhana dapat mengetes charger tanpa kabel sederhana yang telah dibuat. Caranya sangat mudah, Sobat Sederhana tinggal menempatkan ponsel pada coil receiver yang telah dipasang pada casing ponsel. Kemudian, ponsel akan mulai terisi daya secara otomatis.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Bolu Gulung Kukus Sederhana

5. FAQ

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat charger tanpa kabel sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat charger tanpa kabel sederhana tergantung pada keahlian Sobat Sederhana dalam melakukan soldering dan penyolderan kabel. Namun, secara umum waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 1-2 jam.

2. Apakah charger tanpa kabel sederhana ini dapat digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel dengan cepat?

Tidak, charger tanpa kabel sederhana ini tidak dapat mengisi daya baterai ponsel dengan cepat seperti charging menggunakan kabel charger pada umumnya. Namun, charger tanpa kabel sederhana ini cukup efektif untuk mengisi daya baterai ponsel dengan lambat atau saat dalam keadaan darurat.

3. Apakah charger tanpa kabel sederhana ini dapat digunakan untuk semua jenis ponsel?

Ya, charger tanpa kabel sederhana ini dapat digunakan untuk semua jenis ponsel asalkan ponsel tersebut mendukung fitur wireless charging atau pengisian daya tanpa kabel. Jika ponsel tidak mendukung fitur tersebut, maka charger tanpa kabel sederhana tidak dapat digunakan.

6. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat charger tanpa kabel sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan membuat charger tanpa kabel sederhana ini, Sobat Sederhana dapat mengisi daya baterai ponsel secara praktis dan mudah di mana saja. Jangan lupa untuk mengecek kesesuaian kabel dan pengaturan daya agar dapat menjaga keselamatan saat menggunakan charger tanpa kabel sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Charger Tanpa Kabel Sederhana

https://youtube.com/watch?v=KjyIzmCH54Y