Cara Membuat Cake Kukus Sederhana

Halo Sobat Sederhana, dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat cake kukus sederhana yang mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan. Cake kukus merupakan salah satu kue basah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, cara membuatnya juga relatif mudah. Mari kita lihat langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan bahan-bahan berikut sudah tersedia:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
200 gram
Susu bubuk
2 sendok makan
Baking powder
1 sendok teh
Minyak goreng
100 ml
Telur
4 butir
Vanili
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh

Langkah-langkah Pembuatan

1. Siapkan loyang

Pertama, siapkan loyang dengan ukuran 20 cm dan oleskan minyak goreng secara merata.

2. Campur bahan kering

Setelah itu, campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Aduk hingga merata.

3. Tambahkan telur dan minyak goreng

Selanjutnya, pecahkan 4 butir telur dalam wadah yang berbeda. Tambahkan vanili ke dalam wadah telur dan kocok hingga rata. Setelah itu, masukkan campuran telur ke dalam adonan kering dan aduk rata. Berikutnya, tambahkan minyak gorengsedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tidak bergerindil lagi.

4. Tuangkan adonan ke dalam loyang

Tuangkan adonan cake kukus yang sudah jadi ke dalam loyang dan ratakan permukaannya. Jangan lupa untuk mengetuk-ngetuk loyang agar adonan merata dan tidak ada gelembung udara yang terperangkap.

5. Kukus adonan

Siapkan panci pengukus dan panaskan di atas api sedang. Setelah air mendidih, masukkan loyang ke dalam panci pengukus dan tutup rapat. Kukus adonan selama 45-60 menit atau hingga matang. Setelah matang, angkat loyang dari panci pengukus dan biarkan dingin selama beberapa menit.

TRENDING 🔥  Tata Cara Lamaran Adat Jawa Sederhana untuk Sobat Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang harus dilakukan jika adonan tidak jadi?

Jika adonan tidak jadi, kemungkinan ada beberapa hal yang salah dalam proses pembuatan. Pastikan tepung terigu yang digunakan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Selain itu, pastikan juga takaran bahan-bahan yang digunakan sudah benar. Jika masih sulit, coba cari resep yang lain atau tonton tutorial di YouTube.

2. Bisakah menggunakan loyang yang lebih kecil atau lebih besar?

Tentu saja bisa. Namun, pastikan waktu pengukusan dan takaran bahan-bahan disesuaikan dengan ukuran loyang yang digunakan. Jika menggunakan loyang yang lebih kecil, waktu pengukusan mungkin akan lebih singkat. Sebaliknya, jika menggunakan loyang yang lebih besar, waktu pengukusan mungkin akan lebih lama.

3. Apa rekomendasi topping untuk cake kukus?

Ada banyak topping yang bisa digunakan untuk cake kukus, seperti meses, keju, atau cokelat. Namun, topping yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah kelapa parut. Kelapa parut biasanya diletakkan di atas cake kukus yang masih hangat dan disajikan bersama dengan secangkir teh.

Kesimpulan

Itulah cara membuat cake kukus sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang mudah diikuti, tidak ada alasan untuk tidak mencoba membuat cake kukus sendiri. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Cake Kukus Sederhana