Cara Membuat Bika Ambon Sederhana

Halo sobat sederhana! Siapa yang tidak suka dengan kue bika ambon? Kue tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat ini menghadirkan rasa manis dan legit yang memanjakan lidah. Bagi kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, tidak perlu khawatir karena di artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap cara membuat bika ambon sederhana. Simak hingga akhir ya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan bika ambon sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
250 gram
Santan kental
400 ml
Telur ayam
4 butir
Pewarna makanan kuning
secukupnya
Pati santan
secukupnya
Vanili bubuk
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Air matang
200 ml

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai membuat bika ambon sederhana. Berikut adalah tahapan-tahapan yang perlu dilakukan:

Pembuatan Adonan

Tahap awal pembuatan bika ambon sederhana adalah membuat adonan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Campurkan Tepung Terigu dan Gula Pasir

Pertama-tama, campurkan tepung terigu dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan spatula hingga tercampur sempurna.

2. Tambahkan Telur Ayam

Selanjutnya, pecahkan telur ayam ke dalam campuran tepung terigu dan gula pasir. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan telur yang tersisa.

3. Tambahkan Santan Kental

Setelah itu, tuang santan kental ke dalam adonan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan yang tersisa.

4. Tambahkan Pewarna Makanan dan Vanili Bubuk

Selanjutnya, tambahkan pewarna makanan kuning secukupnya dan vanili bubuk ke dalam adonan. Aduk rata hingga pewarna dan vanili tercampur sempurna ke dalam adonan.

TRENDING 🔥  Cara Analisis Regresi Linier Sederhana Kuesioner

5. Diamkan Adonan

Setelah semua bahan tercampur sempurna, diamkan adonan selama kurang lebih 2 jam. Diamkan di dalam suhu ruangan dan jangan lupa tutup adonannya dengan kain bersih agar tidak terkena debu atau serangga.

Pemasakan Bika Ambon

Setelah adonan diistirahatkan, saatnya untuk memasak bika ambon. Berikut adalah tahapannya:

1. Panaskan Loyang

Panaskan loyang khusus bika ambon di atas api kompor dengan api kecil. Setelah itu, oleskan margarin ke permukaan loyang menggunakan kuas atau serbet.

2. Siapkan Rice Cooker

Siapkan rice cooker dan masukkan air. Panaskan rice cooker sehingga air dalam rice cooker menjadi panas. Jangan terlalu panas ya, cukup panas saja.

3. Tuang Adonan ke dalam Loyang

Tuang adonan bika ambon kedalam loyang yang sudah dipanaskan dan dioles margarin tadi. Ratakan permukaan adonan agar merata.

4. Letakkan Loyang ke Dalam Rice Cooker

Setelah itu, letakkan loyang berisi adonan bika ambon ke dalam rice cooker yang sudah dipanaskan tadi. Tutup rice cooker dan biarkan adonan bika ambon matang selama kurang lebih 1 jam.

5. Angkat Bika Ambon dan Dinginkan

Setelah 1 jam, angkat loyang dari rice cooker dan biarkan dingin selama beberapa saat. Setelah bika ambon dingin, keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai selera. Bika ambon sederhana siap disajikan!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Bisa Menggunakan Gula Kelapa?

Bisa. Namun, pastikan gula kelapa sudah dihaluskan dan disaring sebelum digunakan agar tidak menggumpal di dalam adonan.

2. Apakah Dapat Menggunakan Pewarna Makanan Lain Selain Kuning?

Tentu saja bisa. Kamu dapat menggunakan pewarna makanan sesuai dengan selera atau tema acara yang dihadiri.

3. Apakah Dapat Mengganti Santan Kental dengan Santan Cair?

Bisa, namun pastikan santan cair yang digunakan kental dan tidak terlalu encer agar bika ambon tidak mudah hancur dan tetap kenyal saat digigit.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Pondasi Rumah Sederhana

4. Apakah Dapat Menggunakan Tepung Terigu Segitiga Biru?

Bisa, namun biasanya tepung terigu protein rendah seperti segitiga biru akan membuat bika ambon tidak kenyal dan mudah hancur.

5. Apakah Dapat Membuat Bika Ambon Tanpa Rice Cooker?

Bisa. Kamu dapat menggunakan oven atau panci kukusan sebagai pengganti rice cooker.

Nah sobat sederhana, itu dia panduan lengkap cara membuat bika ambon sederhana. Mudah kan? Silakan mencoba membuatnya di rumah dan nikmati hasilnya bersama keluarga atau teman-teman. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Bika Ambon Sederhana