Cara Membuat Alat Penyaring Air Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pernahkah kamu merasakan air yang kamu minum terasa ada kotoran atau bahkan bau tidak sedap? Jika iya, kamu harus segera membuat alat penyaring air sederhana yang dapat membantu memurnikan air minummu. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat alat penyaring air sederhana yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat alat penyaring air sederhana, pastikan kamu memiliki bahan-bahan berikut ini:

1
Botol plastik bekas dengan tutup
2
Kain kasa atau kapas yang bersih
3
Batang kayu atau sumpit
4
Pasir kasar
5
Batu kerikil
6
Aktivator arang atau karbon aktif

Cara Membuat Alat Penyaring Air Sederhana

1. Potong bagian atas botol plastik

Pertama, potong bagian atas botol plastik yang sudah kamu sediakan dengan menggunakan gunting atau cutter. Jangan lupa untuk membersihkan potongan botol dengan air dan sabun hingga bersih.

2. Buat lubang pada tutup botol

Setelah itu, buatlah lubang kecil pada tutup botol dengan menggunakan paku atau jarum. Pastikan lubang yang kamu buat tidak terlalu besar atau kecil untuk menghindari terjadinya saringan air yang tidak maksimal.

3. Siapkan batu kerikil dan pasir kasar

Siapkan batu kerikil dan pasir kasar secara bergantian dalam botol hingga terisi penuh. Batu kerikil dan pasir kasar berguna untuk menahan kotoran yang terdapat pada air.

4. Tambahkan aktivator arang atau karbon aktif

Tambahkan aktivator arang atau karbon aktif dalam botol yang sudah diisi dengan batu kerikil dan pasir kasar. Aktivator arang berguna untuk menetralkan bau dan rasa yang tidak sedap dari air.

5. Tambahkan lapisan kain kasa atau kapas

Tambahkan lapisan kain kasa atau kapas pada bagian atas botol yang sudah diisi dengan batu kerikil, pasir kasar, dan aktivator arang. Kain kasa atau kapas ini berguna untuk menyaring partikel-partikel kecil pada air.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Gitar Akustik Menjadi Elektrik Sederhana

6. Jangan lupa untuk menempatkan alat penyaring di tempat yang tepat

Jangan lupa untuk menempatkan alat penyaring air sederhana yang sudah kamu buat, di tempat yang tepat dan mudah dijangkau. Pastikan kamu juga selalu membersihkan alat penyaring air secara rutin agar kinerjanya tetap optimal.

FAQ

1. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat alat penyaring air sederhana?

Untuk membuat alat penyaring air sederhana, kamu memerlukan botol plastik bekas dengan tutup, kain kasa atau kapas yang bersih, batang kayu atau sumpit, pasir kasar, batu kerikil, dan aktivator arang atau karbon aktif.

2. Mengapa harus menambahkan aktivator arang atau karbon aktif pada alat penyaring air sederhana?

Aktivator arang atau karbon aktif berfungsi untuk menetralkan bau dan rasa yang tidak sedap pada air yang akan kamu saring.

3. Berapa sering harus membersihkan alat penyaring air sederhana?

Kamu sebaiknya membersihkan alat penyaring air sederhana setiap dua minggu sekali untuk menjaga kinerjanya tetap optimal dan menghindari terjadinya penumpukan kotoran pada alat tersebut.

Keuntungan Membuat Alat Penyaring Air Sederhana

1. Hemat biaya

Dengan membuat alat penyaring air sederhana, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli alat penyaring air yang mahal. Kamu cukup menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan bisa kamu temukan di sekitarmu.

2. Mudah dibuat

Alat penyaring air sederhana sangat mudah dibuat dan bisa kamu praktikkan sendiri di rumah tanpa perlu bantuan ahli atau teknisi.

3. Meningkatkan kualitas air yang kamu minum

Dengan menggunakan alat penyaring air sederhana, kamu dapat meningkatkan kualitas air yang kamu minum karena alat ini mampu menyaring kotoran-kotoran dan partikel-partikel kecil yang terdapat pada air.

TRENDING 🔥  Rumus Cara Membuat Form Sederhana

Kesimpulan

Demikianlah langkah-langkah cara membuat alat penyaring air sederhana yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Selain hemar biaya, alat penyaring air sederhana juga sangat mudah dibuat dan mampu meningkatkan kualitas air yang kamu minum. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya ya Sobat Sederhana.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Alat Penyaring Air Sederhana