Cara Membuat Ttg Sederhana

Hai Sobat Sederhana! Apa kabar? Pernahkah kalian mendengar tentang ttg? Ttg atau tempeh adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai. Ttg memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, seringkali banyak orang yang merasa kesulitan dalam membuat ttg sendiri di rumah. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat ttg sederhana di rumah tanpa bahan kimia. Yuk, simak penjelasannya!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan ttg, Sobat Sederhana harus menyiapkan terlebih dahulu semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa bahan yang harus disiapkan:

Bahan
Jumlah
Kacang kedelai
500 gram
Bahan pengental (gula kelapa atau gula jawa)
2 sendok makan
Ragi tempeh
1 sendok teh
Air bersih
Secukupnya

Selain bahan-bahan di atas, Sobat Sederhana juga membutuhkan beberapa peralatan seperti wadah, kain sarung, dan pengaduk kayu. Setelah semua bahan dan peralatan telah disiapkan, maka Sobat Sederhana siap untuk membuat ttg sederhana di rumah.

Proses Pembuatan Ttg Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat ttg sederhana:

1. Merendam Kacang Kedelai

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam kacang kedelai selama kurang lebih 8-10 jam. Pastikan kacang kedelai terendam sepenuhnya dalam air.

2. Mengupas Kacang Kedelai

Setelah kacang kedelai direndam, Sobat Sederhana harus mengupas kulitnya terlebih dahulu. Caranya, gosok-gosokkan kacang kedelai di antara kedua telapak tangan sampai kulitnya mengelupas.

3. Merebus Kacang Kedelai

Setelah kulit kacang kedelai dikupas, selanjutnya kacang kedelai direbus selama kurang lebih 1 jam. Tujuannya adalah untuk membuat kacang kedelai menjadi lebih empuk sehingga mudah dihaluskan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tas HP dari Tali Kur Sederhana

4. Menumbuk Kacang Kedelai

Setelah kacang kedelai direbus, langkah selanjutnya adalah menumbuknya hingga halus. Gunakan pengaduk kayu atau blender untuk menumbuknya. Jangan lupa tambahkan sedikit air agar lebih mudah ditumbuk.

5. Menambahkan Ragi Tempeh dan Bahan Pengental

Setelah kacang kedelai halus, tambahkan ragi tempeh dan bahan pengental (gula kelapa atau gula jawa). Aduk rata semua bahan tersebut.

6. Memasukkan Campuran ke Dalam Wadah

Setelah semua bahan tercampur rata, masukkan campuran tersebut ke dalam wadah. Pastikan wadah yang digunakan bersih dan kering. Tekan-tekan campuran tersebut agar padat dan rata.

7. Menutup Wadah

Setelah campuran dimasukkan ke dalam wadah, tutup wadah tersebut dengan kain sarung. Kain sarung berfungsi untuk menghindari kontaminasi dari luar.

8. Fermentasi

Setelah semua langkah di atas dilakukan, wadah yang sudah ditutup akan difermentasi selama kurang lebih 24-48 jam. Fermentasi bertujuan untuk mengubah campuran tersebut menjadi ttg yang siap untuk dikonsumsi.

FAQ tentang Cara Membuat Ttg Sederhana

1. Apakah bisa membuat ttg tanpa ragi tempeh?

Tidak bisa. Ragi tempeh adalah bahan penting dalam pembuatan ttg, karena ragi tempeh berfungsi sebagai starter untuk proses fermentasi.

2. Bolehkah menggunakan bahan pengental lain selain gula kelapa atau gula jawa?

Tentu saja. Sobat Sederhana bisa menggunakan bahan pengental lain seperti tepung ketan atau tepung tapioka.

3. Bagaimana cara menyimpan ttg yang sudah jadi?

Ttg yang sudah jadi bisa disimpan di dalam kulkas selama kurang lebih 1 minggu. Sebaiknya ttg disimpan dalam wadah tertutup agar tidak terkontaminasi oleh bakteri atau jamur.

4. Apakah ttg yang terlalu lama disimpan masih bisa dikonsumsi?

Tidak disarankan. Ttg yang terlalu lama disimpan dapat menjadi busuk atau berjamur, sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana untuk Daur Ulang: Panduan Lengkap untuk Sobat Sederhana

5. Berapa lama waktu fermentasi yang diperlukan?

Waktu fermentasi yang ideal adalah selama kurang lebih 24-48 jam. Namun, lamanya waktu fermentasi dapat bervariasi tergantung pada suhu dan kelembaban di tempat Anda membuat ttg.

Penutup

Demikianlah tutorial tentang cara membuat ttg sederhana di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana dapat membuat ttg sendiri di rumah tanpa bahan kimia dengan mudah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Ttg Sederhana