Cara Membaca Regresi Linier Sederhana

Cara Membaca Regresi Linier Sederhana

Salam hangat untuk Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membaca regresi linier sederhana.

Pengertian Regresi Linier Sederhana

Regresi linier sederhana merupakan metode statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Variabel yang menjadi fokus dalam regresi linier sederhana adalah variabel independen dan variabel dependen.

Variabel independen merupakan variabel yang digunakan untuk memprediksi atau membaca nilai dari variabel dependen. Sedangkan variabel dependen merupakan variabel yang nilainya diprediksi atau dibaca melalui variabel independen.

Contohnya, jika kita ingin mengetahui hubungan antara tinggi badan dengan berat badan, maka tinggi badan menjadi variabel independen dan berat badan menjadi variabel dependen.

Perlu diketahui bahwa regresi linier sederhana hanya dapat digunakan jika hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat linier atau berbentuk garis lurus.

Langkah-langkah dalam Membaca Regresi Linier Sederhana

1. Membuat Diagram Scatterplot

Langkah pertama dalam membaca regresi linier sederhana adalah membuat diagram scatterplot. Diagram scatterplot digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen.

Untuk membuat diagram scatterplot, Sobat Sederhana dapat menggunakan program seperti Excel atau aplikasi statistik lainnya. Setelah dihasilkan, diagram scatterplot akan terlihat seperti gambar titik-titik yang tersebar di seluruh bidang grafik.

2. Menentukan Garis Regresi

Langkah kedua dalam membaca regresi linier sederhana adalah menentukan garis regresi. Garis regresi digunakan untuk memperkirakan nilai dari variabel dependen berdasarkan variabel independen.

Untuk menentukan garis regresi, Sobat Sederhana dapat menggunakan program seperti Excel atau aplikasi statistik lainnya. Garis regresi akan terlihat sebagai garis lurus yang menghubungkan titik-titik pada diagram scatterplot.

TRENDING 🔥  Cara Buat Filter Air Aquarium Sederhana

3. Menghitung Persamaan Regresi Linier Sederhana

Langkah ketiga dalam membaca regresi linier sederhana adalah menghitung persamaan regresi linier sederhana. Persamaan regresi linier sederhana digunakan untuk memprediksi nilai dari variabel dependen berdasarkan variabel independen.

Persamaan regresi linier sederhana memiliki bentuk sebagai berikut:

y = b0 + b1x

Di mana:

  • y = nilai dari variabel dependen
  • b0 = konstanta
  • b1 = koefisien regresi
  • x = nilai dari variabel independen

FAQ

Apa yang dimaksud dengan variabel independen?

Variabel independen merupakan variabel yang digunakan untuk memprediksi atau membaca nilai dari variabel dependen.

Apa yang dimaksud dengan variabel dependen?

Variabel dependen merupakan variabel yang nilainya diprediksi atau dibaca melalui variabel independen.

Kapan regresi linier sederhana dapat digunakan?

Regresi linier sederhana hanya dapat digunakan jika hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat linier atau berbentuk garis lurus.

Simak Video Berikut untuk Lebih Memahami Cara Membaca Regresi Linier Sederhana

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara membaca regresi linier sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Sobat Sederhana dapat melakukan analisis regresi linier sederhana dengan mudah.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membaca Regresi Linier Sederhana