Cara Masak Kangkung Tumis Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kangkung tumis sederhana bisa menjadi salah satu menu andalan kamu di rumah. Selain mudah dan cepat dimasak, kangkung juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak cara masak kangkung tumis sederhana berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memasak kangkung tumis sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Kangkung
1 ikat
Bawang merah
5 siung
Bawang putih
3 siung
Cabe merah
3 buah
Garam
secukupnya
Gula pasir
1 sendok makan
Air
100 ml
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-langkah memasak

1. Bersihkan kangkung

Pertama-tama, bersihkan kangkung dengan air mengalir. Buang bagian akar dan daun yang sudah rusak. Potong-potong kangkung menjadi bagian yang lebih kecil agar mudah dimasak.

2. Iris bawang merah, bawang putih, dan cabe merah

Iris bawang merah, bawang putih, dan cabe merah dengan ukuran yang kecil-kecil. Hal ini bertujuan agar bahan-bahan meresap ke dalam kangkung dengan sempurna.

3. Panaskan minyak goreng

Panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api yang sedang. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memasukkan bahan-bahan.

4. Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe merah

Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe merah di atas wajan dengan api sedang sampai harum. Jangan biarkan bahan-bahan terlalu lama di dalam wajan agar tidak gosong.

5. Masukkan kangkung

Setelah bawang dan cabe sudah harum, masukkan kangkung ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga kangkung layu dan meresap bumbu.

6. Tambahkan garam, gula pasir, dan air

Tambahkan sedikit garam, gula pasir, dan air ke dalam wajan. Aduk-aduk lagi hingga bumbu meresap sempurna ke dalam kangkung. Jangan terlalu banyak menambahkan air karena kangkung akan menjadi terlalu lembek.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Alat Sederhana Kupas Kabel

7. Tunggu hingga matang

Tunggu hingga kangkung benar-benar matang dan bumbu meresap sempurna. Jangan terlalu lama memasak kangkung karena akan membuat sayuran menjadi terlalu layu dan tidak enak dimakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah kangkung baik untuk kesehatan?

Tentu saja! Kangkung mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Selain itu, kangkung juga rendah kalori dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Apakah kangkung dapat menyebabkan keracunan?

Jangan khawatir, kangkung yang dijual di pasaran biasanya sudah melalui proses pembersihan yang cukup. Namun, pastikan kamu mencuci kangkung dengan bersih sebelum memasak untuk menghindari kuman dan bakteri yang mungkin menempel di kangkung.

3. Bagaimana cara memilih kangkung yang baik?

Pilihlah kangkung yang masih segar, daunnya berwarna hijau cerah, dan batangnya masih kencang. Hindari memilih kangkung yang sudah layu atau daunnya menguning, karena kemungkinan besar kangkung tersebut sudah tidak segar lagi.

Penutup

Itulah cara masak kangkung tumis sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain mudah, kangkung tumis juga sangat lezat dan sehat untuk tubuh. Jangan lupa untuk mencuci kangkung dengan bersih dan memilih kangkung yang segar agar hasil masakan lebih enak dan sehat. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Masak Kangkung Tumis Sederhana