Cara Kerja Mesin Penetas Telur Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara kerja mesin penetas telur sederhana. Mesin penetas telur adalah alat yang digunakan untuk menetaskan telur secara otomatis. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara kerja mesin penetas telur sederhana secara lengkap. Mari kita mulai!

Persiapan Mesin Penetas Telur Sederhana

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat mesin penetas telur sederhana. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan:
    • Karung goni
    • Listrik 12 Volt DC
    • Lampu pijar 25 Watt
    • Termometer
    • Kapas
    • Sakelar on/off
    • Kabel listrik
  2. Alat yang dibutuhkan:
    • Penggaris
    • Pensil
    • Penggaris setrum
    • Solder
    • Tang
    • Obeng

Setelah semua bahan dan alat yang dibutuhkan telah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat mesin penetas telur sederhana.

Membuat Mesin Penetas Telur Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat mesin penetas telur sederhana:

  1. Buatlah lubang di karung goni dengan ukuran 32cm x 24cm x 16cm (P x L x T) menggunakan penggaris. Lubang ini akan menjadi tempat untuk menempatkan telur-telur yang akan dierami.
  2. Buatlah lubang kecil di samping karung goni menggunakan penggaris setrum. Lubang ini akan menjadi tempat untuk menyisipkan lampu pijar.
  3. Pasanglah lampu pijar 25 Watt pada lubang yang telah dibuat dengan menggunakan solder dan kabel listrik.
  4. Pasang juga sakelar on/off untuk menghidupkan dan mematikan lampu pijar.
  5. Tempatkan thermometer di dalam karung goni untuk mengukur suhu.
  6. Isi kapas pada karung goni sampai setebal 3cm dan rapatkan dengan rata.
  7. Masukkan telur-telur yang akan dierami dengan posisi menghadap ke atas.
  8. Nyalakan mesin penetas telur sederhana dan atur suhu menjadi 37,5 derajat celcius.
  9. Tunggu selama 21 hari, maka telur-telur yang dierami akan menetas.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Arang Aktif Sederhana

Sekarang, mesin penetas telur sederhana sudah berhasil dibuat. Mesin ini cukup sederhana dan mudah untuk dibuat di rumah. Selanjutnya, kita akan membahas tentang bagaimana mesin penetas telur sederhana bekerja.

Cara Kerja Mesin Penetas Telur Sederhana

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara kerja mesin penetas telur sederhana. Berikut adalah penjelasan tentang cara kerja mesin penetas telur sederhana:

  1. Menetapkan Suhu yang Tepat
  2. Untuk menetas, telur-telur membutuhkan suhu yang konstan dan tepat. Suhu yang ideal untuk menetas adalah 37,5 derajat celcius. Mesin penetas telur sederhana dilengkapi dengan thermometer untuk memantau suhu dalam karung goni. Jika suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka telur-telur tidak akan menetas.

  3. Menjaga Kelembaban yang Tepat
  4. Telur-telur membutuhkan kelembaban yang tepat untuk menetas. Kelembaban yang ideal untuk menetas adalah 50-55%. Cara untuk menjaga kelembaban yang tepat adalah dengan menambahkan kapas pada karung goni dan menyemprotkan air pada kapas setiap hari.

  5. Menjaga Ventilasi yang Tepat
  6. Begitu pentingnya menjaga suhu dan kelembaban, menjaga ventilasi juga sama pentingnya. Ventilasi akan memungkinkan udara segar masuk ke dalam karung goni dan juga memungkinkan gas karbondioksida keluar. Jika ventilasi tidak cukup, maka telur-telur tidak akan menetas dengan baik.

  7. Mengatur Posisi Telur dengan Benar
  8. Telur-telur perlu diletakkan dengan posisi menghadap ke atas agar anak ayam dapat menetas dengan baik. Posisi telur yang tidak benar akan menyebabkan anak ayam bermasalah saat menetas.

  9. Menjaga Mesin Penetas Telur dalam Kondisi Baik
  10. Terakhir, penting untuk menjaga mesin penetas telur dalam kondisi baik. Pastikan lampu pijar dan thermometer berfungsi dengan baik, serta sakelar on/off mudah diakses. Jangan biarkan mesin menjadi kotor atau berdebu karena hal ini dapat mempengaruhi kinerja mesin.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Listrik Paralel Sederhana

FAQ

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar mesin penetas telur sederhana:

Pertanyaan
Jawaban
Apakah mesin penetas telur sederhana mudah dibuat?
Ya, mesin penetas telur sederhana cukup mudah untuk dibuat di rumah.
Berapa suhu yang ideal untuk menetas?
Suhu yang ideal untuk menetas adalah 37,5 derajat celcius.
Berapa lama telur-telur menetas?
Telur-telur yang dierami akan menetas setelah 21 hari.
Apakah anak ayam yang menetas dari mesin penetas telur sederhana sehat?
Ya, anak ayam yang menetas dari mesin penetas telur sederhana dapat sehat jika semua faktor seperti suhu, kelembaban, dan ventilasi terjaga dengan baik.
Apa yang harus dilakukan jika suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah?
Segera atur suhu dan pastikan thermometer berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara kerja mesin penetas telur sederhana. Mesin ini cukup sederhana dan mudah untuk dibuat di rumah. Dengan mengikuti panduan yang telah disediakan, Anda dapat membuat mesin penetas telur sederhana dengan mudah. Selain itu, kita juga telah membahas tentang cara kerja mesin penetas telur sederhana dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Kerja Mesin Penetas Telur Sederhana