Cara Buat Tenda Bak Pickup Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Apakah Anda ingin tahu cara membuat tenda bak pick up sederhana? Jika iya, maka artikel ini adalah artikel yang tepat untuk Anda. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap cara membuat tenda bak pick up sederhana mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan hingga langkah-langkah pembuatannya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat tenda bak pick up sederhana, ada beberapa bahan-bahan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu, yaitu:

Bahan
Jumlah
Terpal
2 buah
Besi hollow 2×2 cm
4 batang
Besi hollow 1×1 cm
16 batang
Baut dan mur
Sesuai kebutuhan
Kain kanvas
2 lembar
Tali rafia
Secukupnya
Alumunium foil
Secukupnya
Velcro
Secukupnya

Dengan menyiapkan semua bahan-bahan di atas, Anda sudah siap untuk membuat tenda bak pick up sederhana. Selanjutnya, mari kita mulai melakukan pembuatannya.

Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan tenda bak pick up sederhana:

1. Membuat rangka tenda

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rangka tenda. Caranya adalah dengan menyambungkan 4 batang besi hollow 2×2 cm menjadi sebuah rangka persegi panjang yang nantinya akan menjadi kerangka utama tenda. Setelah itu, tambahkan 4 batang besi hollow 1×1 cm di bagian atas rangka persegi panjang tersebut. Gunakan baut dan mur untuk menyambungkannya.

2. Memasang terpal

Setelah rangka tenda selesai dibuat, selanjutnya Anda bisa memasang terpal di atas rangka tersebut. Pastikan terpal tertutup rapat dan tidak terjadi kebocoran air.

3. Membuat pintu tenda

Setelah terpal terpasang dengan rapat, selanjutnya Anda perlu membuat pintu tenda. Caranya adalah dengan mengukur dan memotong kain kanvas yang sudah disiapkan menjadi ukuran yang diinginkan. Kemudian, tambahkan velcro di pinggirannya agar mudah dibuka dan ditutup.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Pisang Coklat Sederhana

4. Membuat jendela tenda

Jika Anda ingin menambahkan jendela pada tenda bak pick up sederhana, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memotong kain kanvas menjadi ukuran yang diinginkan dan menambahkan alumunium foil di bagian dalamnya untuk menahan panas dari matahari.

5. Mengikat tenda

Terakhir, untuk membuat tenda bak pick up sederhana Anda lebih stabil dan kuat, Anda bisa mengikat tenda tersebut menggunakan tali rafia. Pastikan ikatan tali rafia cukup kuat dan tidak mudah lepas.

FAQ

1. Apakah tenda bak pick up sederhana ini cocok untuk digunakan saat camping?

Ya, tenda bak pick up sederhana ini sangat cocok untuk digunakan saat camping karena mudah dibuat dan dipasang.

2. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat tenda bak pick up sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat tenda bak pick up sederhana bervariasi tergantung pada kualitas bahan yang digunakan. Namun secara keseluruhan, biaya yang dibutuhkan relatif terjangkau.

3. Apakah tenda bak pick up sederhana ini bisa dilipat dan disimpan di dalam mobil?

Ya, tenda bak pick up sederhana ini dirancang agar mudah dilipat dan disimpan di dalam mobil. Sehingga sangat praktis untuk dibawa saat bepergian.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap cara membuat tenda bak pick up sederhana yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa memiliki tenda bak pick up yang sederhana namun cukup kuat dan nyaman untuk digunakan. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Tenda Bak Pickup Sederhana