Cara Buat Sup Ayam Sederhana untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Buat kamu yang suka masak dan ingin mencoba resep baru, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat sup ayam sederhana yang mudah dan praktis. Sup ayam sendiri merupakan salah satu makanan yang cocok untuk disantap di berbagai situasi, baik itu untuk sarapan, makan siang atau malam. Selain itu, sup ayam juga bisa dijadikan alternatif menu yang sehat dan lezat untuk menu makanan keluarga. Berikut ini resep dan cara membuat sup ayam yang sederhana dan enak.

Bahan-bahan yang diperlukan

Sebelum memulai proses memasak, ada beberapa bahan yang perlu Sobat Sederhana persiapkan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Ayam
500 gram
Wortel
1 buah
Kentang
2 buah
Bawang bombay
1 buah
Bawang putih
3 siung
Lada
secukupnya
Garam
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Ayam

Langkah pertama adalah memilih ayam yang segar dan berkualitas. Sebelum dipakai, cuci ayam hingga bersih, lalu buang ampasnya. Potong ayam menjadi beberapa bagian agar mudah dimasak. Jangan lupa, cuci tangan dan alat-alat masak yang digunakan sebelum memasak ya, Sobat Sederhana.

Wortel dan kentang

Bersihkan wortel dan kentang, lalu potong menjadi dadu kecil. Ukurannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya, Sobat Sederhana. Setelah itu, simpan di dalam wadah agar tidak mudah terkontaminasi bakteri.

Bawang bombay dan bawang putih

Cuci bersih bawang bombay dan bawang putih, lalu iris tipis. Pisahkan antara bawang bombay dan bawang putih. Letakkan di tempat yang terpisah agar tidak bercampur.

Cara Membuat Sup Ayam Sederhana

Setelah persiapan bahan sudah selesai, saatnya memasak sup ayam sederhana. Berikut adalah cara membuat sup ayam yang mudah dan praktis:

TRENDING 🔥  Cara Bikin Siomay Sederhana Tanpa Ikan

1. Tumis bawang

Panaskan minyak goreng di dalam panci, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Aduk-aduk agar tidak gosong ya, Sobat Sederhana.

2. Masukkan ayam

Setelah bawang sudah harum, masukkan ayam yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk hingga ayam berubah warna dan matang merata.

3. Tambahkan air

Setelah ayam matang, tambahkan air secukupnya sesuai selera. Tidak perlu terlalu banyak, cukup untuk merebus ayam dan membuat kuah sup. Biarkan air mendidih selama beberapa menit.

4. Masukkan wortel dan kentang

Setelah air mendidih, masukkan wortel dan kentang yang sudah dipotong-potong tadi. Aduk-aduk hingga merata dan masak selama 5-10 menit sampai sayuran setengah matang.

5. Tambahkan garam dan lada

Tambahkan garam dan lada secukupnya agar rasa sup ayam semakin enak dan sedap. Aduk-aduk hingga merata, lalu cek rasa.

6. Angkat dan sajikan

Setelah sayuran sudah matang dan kuah sup sudah tercampur rata dengan bumbu, angkat sup ayam sederhana dan sajikan dalam mangkuk. Sup ayam sederhana siap disantap bersama keluarga.

FAQ tentang Sup Ayam Sederhana

1. Apa saja manfaat dari sup ayam?

Sup ayam mengandung nutrisi dan protein yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sup ayam juga dikenal memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan di dalam tubuh.

2. Apakah sup ayam bisa dijadikan menu diet?

Tentu saja. Sup ayam yang tidak terlampau berlemak dan tidak ditambahkan penyedap rasa buatan adalah pilihan makanan yang cocok untuk program diet. Sup ayam sederhana yang dijelaskan di atas bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Bisa tidak menggunakan wortel atau kentang di dalam sup ayam?

Bisa. Wortel dan kentang di dalam sup ayam hanya sebagai variasi sayuran saja. Jika Sobat Sederhana tidak menyukai kentang atau wortel, bisa diganti dengan sayuran lain seperti brokoli atau kembang kol.

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Tagel Sederhana

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sup ayam?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sup ayam sederhana sekitar 30-45 menit, tergantung dengan jumlah bahan dan ukuran potongan sayuran yang digunakan.

5. Apakah sup ayam bisa disimpan dalam lemari es?

Bisa. Sup ayam yang sudah dingin bisa disimpan dalam lemari es dalam wadah yang tertutup rapat. Sebaiknya simpan selama maksimal dua hari agar tidak mengurangi kualitas dan kesegaran sup ayam.

Itulah tadi resep dan cara membuat sup ayam sederhana untuk Sobat Sederhana yang suka masak. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk mencoba resep yang baru. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Sup Ayam Sederhana untuk Sobat Sederhana