Cara Membuat Kamera CCTV Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat kamera CCTV sederhana. CCTV atau Closed Circuit Television menjadi salah satu sistim keamanan yang penting dalam menjaga keamanan di berbagai tempat, baik itu di rumah, kantor, ataupun tempat umum. Namun tidak semua orang mampu membeli kamera CCTV yang harganya lumayan mahal. Oleh karena itu, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat kamera CCTV sederhana sendiri dengan biaya yang terjangkau. Yuk simak pembahasan berikut ini.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan kamera CCTV sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
– Kamera handphone
– Kabel USB
– Monitor LCD
– Laptop/PC
– Kabel HDMI
– Program iSpy
– Kabel LAN
– Router
– CCTV casing
– Adaptor 12V
– Obeng
– Kipas Pendingin

Dengan menyiapkan alat dan bahan tersebut, kita dapat memulai proses pembuatan kamera CCTV sederhana. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

Langkah-Langkah Pembuatan Kamera CCTV Sederhana

1. Buka Casing Kamera Handphone

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka casing kamera handphone kita. Kita harus hati-hati saat membuka casing agar tidak merusak beberapa komponen di dalamnya.

2. Solder Kabel USB ke Kamera Handphone

Setelah berhasil membuka casing kamera handphone, kita perlu menyolder kabel USB ke kamera handphone kita. Kita dapat menghubungkan kabel USB dengan dua kabel yang keluar dari kamera handphone. Kita harus hati-hati saat melakukan soldering agar tidak merusak kamera handphone kita.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kandang Itik Sederhana untuk Sobat Sederhana

3. Pasang Kamera Handphone ke Monitor LCD

Setelah berhasil menyolder kabel USB ke kamera handphone, kita dapat memasang kamera handphone kita ke monitor LCD. Kita dapat menggunakan kabel HDMI untuk menghubungkan kamera handphone dengan monitor LCD. Pastikan kedua perangkat terhubung dengan baik.

4. Install Program iSpy di Laptop/PC

Selanjutnya, kita perlu menginstall program iSpy di laptop/PC kita. Program iSpy akan membantu kita dalam merekam dan memonitoring aktivitas yang terjadi di sekitar kamera CCTV kita. Setelah program terinstall, kita dapat membuka program iSpy dan memulai proses konfigurasi.

5. Konfigurasi Program iSpy

Setelah membuka program iSpy, kita perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Kita dapat mengatur beberapa pengaturan seperti nama kamera, resolusi video, dan sebagainya.

6. Hubungkan Laptop/PC dengan Router

Setelah melakukan konfigurasi, kita perlu menghubungkan laptop/PC kita dengan router. Kita dapat menggunakan kabel LAN untuk melakukan koneksi antara laptop/PC kita dengan router.

7. Pasang CCTV Casing

Setelah semua peralatan terhubung dengan baik, kita dapat memasang kamera CCTV kita ke dalam casing yang sudah disiapkan. Kita juga perlu memasang kipas pendingin agar suhu di dalam casing menjadi stabil.

8. Pasang Adaptor 12V

Setelah semua peralatan terpasang dengan baik, kita perlu memasang adaptor 12V untuk menyalakan kamera CCTV kita. Pastikan adaptor 12V terpasang dengan baik dan benar.

9. Uji Coba Kamera CCTV

Setelah semua proses selesai dilakukan, kita dapat mencoba kamera CCTV yang sudah kita buat. Kita dapat memonitoring aktivitas di sekitar kamera CCTV menggunakan laptop/PC yang sudah terhubung dengan router.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat kamera CCTV sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat kamera CCTV sederhana cukup terjangkau. Biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp. 500.000,- hingga Rp. 800.000,-.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pompa Air Sederhana Dari Dinamo

2. Apakah kualitas video yang dihasilkan oleh kamera CCTV sederhana cukup baik?

Kualitas video yang dihasilkan oleh kamera CCTV sederhana cukup memuaskan. Namun kualitas video yang dihasilkan tidak sebaik kamera CCTV yang dibeli di pasaran.

3. Apakah proses pembuatan kamera CCTV sederhana sulit dilakukan?

Proses pembuatan kamera CCTV sederhana cukup mudah dilakukan jika kita memiliki pengetahuan dasar tentang soldering dan mengoperasikan program komputer.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa membuat kamera CCTV sederhana tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau. Proses pembuatan kamera CCTV sederhana membutuhkan beberapa alat dan bahan serta pengetahuan dasar tentang soldering dan mengoperasikan program komputer. Namun, kualitas video yang dihasilkan oleh kamera CCTV sederhana tidak sebaik kamera CCTV yang dibeli di pasaran. Oleh karena itu, kita harus mempertimbangkan kebutuhan kita sebelum memutuskan untuk membuat kamera CCTV sederhana.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kamera CCTV Sederhana