Cara Buat Rangkaian Power Bank Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu merasa kesulitan saat harus mengisi daya baterai smartphone di luar rumah? Jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan cara membuat rangkaian power bank sederhana yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone kamu. Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa itu Power Bank?

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu power bank. Power bank merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyimpan daya baterai dan menggunakannya kembali ketika baterai smartphone atau perangkat lainnya habis. Dengan memiliki power bank, kamu tidak perlu khawatir lagi kehabisan daya baterai saat sedang berada di luar rumah.

Bagaimana Cara Membuat Power Bank?

Untuk membuat rangkaian power bank sederhana, kamu membutuhkan beberapa komponen elektronik, di antaranya:

Komponen
Jumlah
Baterai 18650
2 buah
PCB Charger
1 buah
USB Port
1 buah
Kabel USB
1 buah
Case Power Bank
1 buah

Setelah kamu menyiapkan semua komponen yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah melakukan rangkaian seperti gambar berikut:

Cara Merangkainya

Langkah-langkah merangkai power bank sederhana ini cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Baterai 18650

Pertama-tama, kamu harus mempersiapkan dua buah baterai 18650. Pastikan kedua baterai tersebut memiliki voltase yang sama dan masih dalam kondisi yang baik.

2. Pasang PCB Charger

Setelah itu, pasang PCB charger pada salah satu sisi dari case power bank. PCB charger ini bertugas untuk mengatur arus masuk dan keluar dari power bank.

3. Pasang Baterai ke PCB Charger

Selanjutnya, pasang dua buah baterai 18650 ke PCB charger. Pastikan posisi polaritas (+) dan (-) sudah benar. Jangan sampai salah pasang, karena bisa menyebabkan kerusakan pada rangkaian.

TRENDING 🔥  Cara Masak Telur Enak dan Sederhana

4. Pasang USB Port

Pasang USB port pada sisi lain dari case power bank. USB port ini berfungsi sebagai output untuk mengisi daya baterai smartphone atau perangkat lainnya.

5. Hubungkan PCB Charger dan USB Port

Hubungkan PCB charger dan USB port menggunakan kabel yang sudah disiapkan. Pastikan kabel tersebut sudah terpasang dengan baik dan tidak ada konsleting yang bisa menyebabkan kerusakan pada power bank.

Penggunaan Power Bank

Setelah kamu selesai merangkai power bank sederhana ini, kamu sudah bisa menggunakannya untuk mengisi daya baterai smartphone atau perangkat lainnya. Berikut adalah cara menggunakannya:

1. Isi Power Bank

Isi power bank dengan menghubungkan kabel USB ke input pada power bank dan output pada charger atau komputer. Pastikan power bank terisi penuh sebelum kamu menggunakannya untuk mengisi daya baterai smartphone atau perangkat lainnya.

2. Sambungkan ke Smartphone

Sambungkan kabel USB dari power bank ke smartphone atau perangkat lainnya yang ingin kamu isi dayanya. Pastikan smartphone atau perangkat lainnya dalam posisi mati saat diisi daya agar proses pengisian daya berjalan lebih cepat.

3. Lihat Indikator Daya

Lihat indikator daya pada power bank untuk melihat tingkat daya yang tersisa. Jangan terus-menerus menggunakan power bank sampai habis, karena bisa mengurangi umur baterainya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi daya power bank?

Waktu yang diperlukan untuk mengisi daya power bank tergantung pada kapasitas baterai pada power bank dan charger yang digunakan. Pada umumnya, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya power bank adalah sekitar 4-6 jam.

2. Apakah bisa menggunakan baterai selain 18650?

Bisa, namun pastikan baterai yang digunakan memiliki voltase yang sama dan masih dalam kondisi yang baik. Selain itu, pastikan juga kapasitas baterai yang digunakan sesuai dengan kebutuhan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Wifi Extender Sederhana

3. Apakah bisa menggunakan charger yang berbeda untuk mengisi daya power bank?

Bisa, namun pastikan charger yang digunakan memiliki output daya yang sesuai dengan kapasitas baterai pada power bank. Penggunaan charger yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada baterai atau rangkaian power bank.

Kesimpulan

Dengan membuat rangkaian power bank sederhana ini, kamu sudah bisa mengisi daya baterai smartphone atau perangkat lainnya di luar rumah tanpa khawatir kehabisan daya. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah dengan benar dan menggunakan komponen yang berkualitas agar hasilnya maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Rangkaian Power Bank Sederhana