Cara Buat Program Sederhana Visual Studio 2017

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah berfikir untuk membuat program sederhana menggunakan Visual Studio 2017? Nah, di artikel kali ini saya akan memberikan langkah-langkah cara membuat program sederhana menggunakan Visual Studio 2017. Sebagai seorang programmer, tentunya hal ini sangat penting untuk kamu ketahui. Yuk kita mulai!

Pendahuluan

Sebelum kita mulai, kamu perlu mengetahui apa itu Visual Studio 2017. Visual Studio 2017 adalah Integrated Development Environment (IDE) yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi, website, game, dan lain sebagainya menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti C#, C++, atau F#. Selain itu, Visual Studio 2017 juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat berguna untuk memudahkan proses pengembangan aplikasi.

Jadi, apakah kamu siap untuk belajar membuat program sederhana menggunakan Visual Studio 2017? Yuk, langsung saja kita mulai!

Persiapan

Sebelum mulai membuat program sederhana, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Instalasi Visual Studio 2017

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal Visual Studio 2017. Kamu bisa mengunduh installer Visual Studio 2017 di situs resmi Microsoft atau melalui link berikut: https://visualstudio.microsoft.com/downloads/. Setelah berhasil mengunduh installer, cukup ikuti instruksi yang muncul untuk melakukan instalasi Visual Studio 2017.

2. Memilih bahasa pemrograman

Setelah berhasil menginstal Visual Studio 2017, kamu perlu memilih bahasa pemrograman yang akan kamu gunakan untuk membuat program sederhana. Pada artikel ini, kita akan menggunakan bahasa pemrograman C#. Tentunya kamu perlu sudah memiliki dasar-dasar tentang bahasa pemrograman ini.

3. Mempersiapkan diri dengan tutorial dan referensi

Terakhir, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan tutorial dan referensi tentang bahasa pemrograman dan Visual Studio 2017. Kamu bisa mencari referensi dan tutorial di situs-situs seperti Stack Overflow, MSDN, atau tutorial-tutorial di YouTube.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Absen Kelas Sederhana dengan PHP dan MySQL

Jika semua sudah siap, maka kita bisa langsung mulai membuat program sederhana menggunakan Visual Studio 2017. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Membuat Program Sederhana dengan Visual Studio 2017

1. Membuka Visual Studio 2017

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka Visual Studio 2017. Setelah itu, kamu bisa memilih menu “File” dan klik “New Project”.

2. Memilih jenis project

Pada langkah ini, kamu akan diminta untuk memilih jenis project yang akan kamu buat. Pada kasus kita kali ini, kita akan memilih “Console Application”.

3. Memberi nama project dan memilih lokasi penyimpanan

Setelah memilih jenis project, kamu akan diminta untuk memberi nama project dan memilih lokasi penyimpanan file project. Pastikan kamu memberi nama project yang mudah diingat dan lokasi penyimpanan yang mudah diakses.

4. Menulis kode program

Setelah berhasil membuat project, kamu bisa langsung menulis kode program di dalam file “Program.cs”. Pada kasus kita kali ini, kita akan membuat program sederhana yang menampilkan teks “Hello World” di layar.

5. Menjalankan program

Setelah selesai menulis kode program, langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menjalankan program yang sudah kamu buat. Kamu bisa melakukan ini dengan menekan tombol “F5” atau memilih “Debug” > “Start Debugging” di menu.

Tabel

Untuk mempermudah pemahaman, berikut adalah tabel yang berisi kode program untuk membuat program sederhana yang menampilkan teks “Hello World” di layar:

Kode Program
Keterangan
using System;
Mengimpor namespace System
class Program
Membuat kelas Program
{
Awal kelas Program
    static void Main(string[] args)
Membuat method Main
    {
Awal method Main
        Console.WriteLine(“Hello World”);
Menampilkan teks “Hello World” di layar
    }
Akhir method Main
}
Akhir kelas Program
TRENDING 🔥  Cara Membuat Rangka Otot Sederhana untuk Sobat Sederhana

FAQ

1. Apakah Visual Studio 2017 gratis?

Visual Studio 2017 tersedia dalam dua versi, yaitu Community dan Enterprise. Versi Community dapat digunakan secara gratis untuk tujuan non-komersial, sementara versi Enterprise membutuhkan lisensi berbayar.

2. Apa saja bahasa pemrograman yang bisa digunakan di Visual Studio 2017?

Visual Studio 2017 mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti C#, C++, F#, Visual Basic, dan masih banyak lagi.

3. Apa itu Integrated Development Environment (IDE)?

Integrated Development Environment (IDE) adalah sebuah program komputer yang digunakan oleh para pengembang software untuk menulis, mengedit, dan mengelola kode program. IDE biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti debugger, compiler, dan kemampuan untuk membangun dan menjalankan program.

4. Di mana saya bisa belajar tentang bahasa pemrograman C#?

Kamu bisa mencari tutorial dan referensi tentang bahasa pemrograman C# di situs-situs seperti Stack Overflow, MSDN, atau tutorial-tutorial di YouTube.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah cara membuat program sederhana menggunakan Visual Studio 2017. Dengan mengetahui cara membuat program sederhana ini, kamu bisa meningkatkan kemampuan sebagai seorang programmer. Jangan lupa untuk selalu mencari referensi dan memperluas pengetahuanmu tentang bahasa pemrograman dan Visual Studio 2017. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Program Sederhana Visual Studio 2017