Cara Buat Penyedot Air Sederhana – Sobat Sederhana

Cara Buat Penyedot Air Sederhana – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat penyedot air sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Penyedot air ini sangat berguna untuk mengatasi banjir ataupun untuk memindahkan air dari suatu tempat ke tempat lain. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai pembuatan penyedot air, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu perlukan:

Bahan
Jumlah
Keterangan
Pipa PVC
2 meter
Diameter 2 inci
Selang PVC
1 meter
Diameter 2 inci
Elbow PVC
4 buah
Diameter 2 inci
Tee PVC
2 buah
Diameter 2 inci
Klem Selang
4 buah
Ukuran 2 inci
Motor Pompa Air
1 buah
Daya minimal 50 watt
Kabel Listrik
1 meter
Ukuran 0,75 mm
Saklar On/Off
1 buah
Ukuran 6 ampere

Itulah bahan-bahan yang kamu perlukan. Selanjutnya, pastikan kamu juga sudah menyiapkan alat-alat seperti gergaji besi, bor, kunci pipa, dan tang. Jika semua bahan dan alat sudah siap, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Potong Pipa PVC

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memotong pipa PVC sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Potong pipa PVC menjadi beberapa bagian dengan ukuran sebagai berikut:

  • Pipa PVC panjang 50 cm, sebanyak 2 buah
  • Pipa PVC panjang 25 cm, sebanyak 4 buah
  • Pipa PVC panjang 10 cm, sebanyak 4 buah

Gunakan gergaji besi untuk memotong pipa PVC dengan hati-hati. Pastikan ukuran potongan pipa sudah sesuai agar nantinya dapat dipasangkan dengan benar.

3. Pasang Elbow PVC

Setelah pipa PVC sudah dipotong, selanjutnya adalah memasang elbow PVC pada ujung masing-masing pipa. Elbow PVC berguna untuk menghubungkan pipa PVC agar membentuk sudut 90 derajat. Pasang elbow PVC pada pipa dengan cara menempelkan klem selang pada bagian dalam elbow dan memasukkan pipa ke dalam klem selang. Kencangkan klem selang dengan kunci pipa agar pipa terpasang dengan kuat. Lakukan hal yang sama pada kedua ujung pipa PVC yang memiliki panjang 50 cm.

TRENDING 🔥  Prinsip dan Cara Kerja Generator Sederhana

4. Pasang Tee PVC

Setelah elbow PVC terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang tee PVC pada pipa. Tee PVC berguna sebagai titik tengah penyedot air dan sebagai tempat motor pompa air diletakkan. Pasang tee PVC pada salah satu ujung pipa PVC yang memiliki panjang 25 cm, dan pasang juga pada salah satu ujung pipa PVC yang memiliki panjang 10 cm. Kencangkan klem selang dengan kunci pipa agar pipa terpasang dengan kuat.

5. Pasang Pipa PVC

Setelah tee PVC terpasang, selanjutnya adalah memasang pipa PVC yang memanjang sepanjang 25 cm pada kedua tee PVC yang sudah dipasang sebelumnya. Pastikan pipa PVC terpasang dengan kuat dan kencangkan klem selang dengan kunci pipa.

6. Pasang Motor Pompa Air

Setelah pipa PVC terpasang, selanjutnya adalah memasang motor pompa air pada tee PVC yang sudah dipasang sebelumnya. Motor pompa air berguna untuk menghisap air dari tempat yang ingin dipindahkan. Pasang motor pompa air pada tee PVC dengan cara menempelkan klem selang pada bagian luar motor pompa air dan memasukkan pipa PVC ke dalam klem selang. Kencangkan klem selang dengan kunci pipa agar motor pompa air terpasang dengan kuat.

7. Pasang Selang PVC

Setelah motor pompa air terpasang, selanjutnya adalah memasang selang PVC pada ujung pipa PVC yang sebelumnya sudah terpasang tee PVC. Selang PVC berguna untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain. Pasang klem selang pada bagian dalam selang PVC dan masukkan pipa PVC ke dalam klem selang. Kencangkan klem selang dengan kunci pipa agar selang PVC terpasang dengan kuat.

8. Pasang Saklar On/Off

Setelah semua bagian penyedot air sudah terpasang, selanjutnya adalah memasang saklar on/off untuk menghidupkan dan mematikan motor pompa air. Pasang saklar on/off pada kabel listrik dengan cara mengupas ujung kabel listrik dan memasukkan ke dalam terminal saklar on/off. Kencangkan terminal dengan kunci screwdriver agar kabel terpasang dengan kuat. Selanjutnya, pasang kabel listrik pada motor pompa air dan saklar on/off. Pastikan kabel listrik terpasang dengan kuat dan tidak terkelupas.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Hitung Modulo

9. Selesai

Telah selesai, penyedot air sederhana sudah siap digunakan. Untuk menggunakannya, cukup nyalakan saklar on/off dan motor pompa air akan mulai menghisap air ke dalam selang PVC. Pastikan kamu memindahkan air ke tempat yang aman dan jangan membuang air sembarangan.

FAQ

1. Berapa daya motor pompa air yang saya butuhkan?

Untuk membuat penyedot air sederhana ini, kamu membutuhkan motor pompa air dengan daya minimal 50 watt. Namun, daya ini dapat berbeda tergantung pada kebutuhanmu.

2. Apakah saya harus menggunakan kabel listrik?

Ya, kamu harus menggunakan kabel listrik yang cukup panjang agar dapat menjangkau motor pompa air dan saklar on/off. Pastikan kabel listrik terpasang dengan kuat dan tidak terkelupas agar tidak terjadi korsleting listrik.

3. Apa yang harus saya lakukan jika motor pompa air tidak berfungsi?

Jika motor pompa air tidak berfungsi, pastikan saklar on/off sudah dinyalakan. Jika masih tidak berfungsi, cek apakah kabel listrik terpasang dengan kuat atau tidak. Jika masih tidak berfungsi juga, kamu bisa membawa penyedot air ke tukang servis terdekat.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Penyedot Air Sederhana – Sobat Sederhana