Cara Buat Nasi Uduk Sederhana Tanpa Santan

Halo Sobat Sederhana! Siapa di sini yang suka dengan makanan khas Indonesia? Salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia adalah nasi uduk. Nasi uduk sangat cocok untuk menjadi menu sarapan atau makan siang. Tapi, kadang-kadang kita kesulitan untuk membuat nasi uduk yang lezat karena bahan-bahan yang sulit didapatkan atau karena kita tidak tahu cara membuatnya. Oleh karena itu, di artikel ini, saya akan membahas cara untuk membuat nasi uduk sederhana tanpa santan. Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan

Sebelum kita memulai cara membuat nasi uduk sederhana tanpa santan, pertama-tama kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Nasi
2 gelas
Air
3 gelas
Santan bubuk
1 sendok makan
Garam
1 sendok teh
Bawang putih
3 siung
Daun salam
3 lembar
Jahe
1 ruas jari

Setelah semua bahan-bahan tersedia, kita bisa mulai memasak. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah

1. Cuci Dan Rendam Nasi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci dan merendam nasi selama 30 menit. Proses merendam nasi akan membantu nasi agar lebih empuk saat dimasak nanti.

2. Panaskan Minyak Dan Tumis Bumbu

Setelah 30 menit, panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang putih, daun salam, dan jahe hingga harum. Setelah itu, tambahkan santan bubuk dan garam ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga santan bubuk larut sempurna.

3. Masukkan Nasi Dan Air

Setelah bumbu sudah tercampur rata, masukkan nasi dan air ke dalam wajan. Aduk rata dan masak dengan api sedang hingga nasi matang sempurna dan airnya meresap.

4. Angkat Dan Sajikan

Setelah nasi sudah matang, angkat dan tiriskan. Nasi uduk sederhana tanpa santan siap disajikan. Kamu bisa menambahkan lauk pauk favorit kamu untuk menambah cita rasa nasi uduk.

TRENDING 🔥  Cara Membuat ScrollView Sederhana dengan HTML

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Santan Bubuk Bisa Diganti dengan Santan Cair?

Tentu saja bisa. Kamu bisa mengganti santan bubuk dengan santan cair. Namun, pastikan untuk menghidupkan kembali santan cair sebelum digunakan agar tidak menggumpal.

2. Berapa Lama Rendaman Nasi?

Sebaiknya, rendam nasi selama 30-60 menit tergantung dari jenis beras yang digunakan.

3. Apakah Nasi Uduk Bisa Disimpan dalam Kulkas?

Bisa, nasi uduk bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Pastikan untuk menyimpan nasi uduk dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak terkena bau atau rasa dari bahan-bahan lainnya dalam kulkas.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat nasi uduk sederhana tanpa santan. Mudah, bukan? Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa membuat nasi uduk yang lezat dan sehat di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kamu, Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Nasi Uduk Sederhana Tanpa Santan