Cara Buat Mie Telur Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka mie telur? Makanan yang satu ini memang sangat populer dan disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Mie telur dapat disajikan dengan berbagai cara, mulai dari mie pangsit, mie rebus, hingga mie goreng. Namun, kali ini kita akan berbicara tentang cara membuat mie telur sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

150 gram tepung terigu serbaguna
1 butir telur ayam
1/4 sendok teh garam
Air secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

1. Persiapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, persiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti yang telah dijelaskan di atas. Pastikan tepung terigu yang kamu gunakan adalah tepung terigu serbaguna agar adonan mie yang dihasilkan lebih kenyal

2. Campurkan Bahan-bahan

Setelah bahan-bahan sudah siap, campurkan tepung terigu serbaguna, telur ayam, dan garam ke dalam mangkuk besar. Aduk rata hingga tercampur dengan baik.

3. Tambahkan Air

Tambahkan air secukupnya sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan mie menjadi lembut dan tidak lengket di tangan. Pastikan adonan tidak terlalu basah atau terlalu kering.

4. Diamkan Adonan

Setelah adonan mie sudah siap, diamkan selama kurang lebih 30 menit agar adonan menjadi lebih kenyal dan elastis.

5. Giling Adonan Mie

Setelah adonan mie sudah cukup matang, giling adonan menggunakan mesin giling atau bisa juga menggunakan rolling pin. Pastikan adonan diberi tepung tipis agar tidak lengket saat digiling.

6. Potong Mie

Potong adonan mie sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Mie telur sederhana yang dihasilkan akan lebih enak jika dipotong tipis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Rumput Laut Sederhana - Resep Praktis dan Lezat untuk Sobat Sederhana

Cara Menyajikan

Jangan lupa rebus mie telur dalam air mendidih selama kurang lebih 2-3 menit atau hingga mie mengapung. Setelah itu, tiriskan dan siap disajikan dengan berbagai jenis saus atau ditambahkan ke dalam mie goreng atau sup.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa banyak air yang harus ditambahkan pada adonan mie?

Anda hanya perlu menambahkan air secukupnya. Setiap jenis tepung memiliki daya serap yang berbeda-beda, jadi pastikan air yang ditambahkan tidak terlalu banyak atau sedikit. Adonan mie yang baik memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lengket di tangan.

2. Apa jenis tepung terigu yang harus digunakan?

Untuk membuat mie telur sederhana, digunakan tepung terigu serbaguna.

3. Bagaimana cara membuat mie telur yang kenyal?

Untuk membuat mie telur kenyal, pastikan adonan mie yang dihasilkan tidak terlalu kering atau basah dan diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit sebelum digiling dan dipotong.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Mie Telur Sederhana