Cara Membuat Kompresor Cat Sederhana

Hallo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kompresor cat sederhana. Kompresor cat merupakan alat yang sangat penting bagi para pengrajin atau hobbiest yang sering melakukan pekerjaan cat pada berbagai benda. Namun, harga kompresor cat yang mahal membuat sebagian orang enggan untuk membelinya. Oleh karena itu, kita akan belajar membuat kompresor cat sederhana menggunakan barang-barang yang mudah didapat di sekitar kita.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat kompresor cat sederhana, pastikan kita mempersiapkan alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
Blower angin
Tutup botol plastik
Tabung air
Selang panjang
Penjepit kertas
Klem plastik
Pisau cutter
Pengikat kabel
Obeng
Lem tembak

Setelah semua alat dan bahan tersedia, kita bisa memulai tahap selanjutnya.

2. Membuat Bagian Dasar

Pertama-tama, kita akan membuat bagian dasar dari kompresor cat sederhana ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil tutup botol plastik dan buat lubang di sudutnya dengan menggunakan pisau cutter. Lubang ini akan berfungsi sebagai pintu masuk angin.
  2. Lalu, buat lagi satu lubang kecil di sisi lain botol plastik dan sisipkan selang panjang ke dalamnya. Selang ini akan berfungsi sebagai saluran keluar angin.
  3. Pasang blower angin di atas lubang yang pertama tadi dengan menggunakan penjepit kertas. Pastikan blower angin menempel erat pada lubang tersebut.
  4. Terakhir, sisipkan lagi selang panjang pada ujung lubang yang kedua tadi dan pasang klem plastik untuk menjepitnya. Selang ini akan berfungsi sebagai saluran masuk udara dari tabung air.

3. Membuat Bagian Tabung Air

Setelah bagian dasar selesai dibuat, kita akan membuat bagian tabung air. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil tabung air dan buat lubang di sisi atasnya yang cukup besar untuk memasukkan selang panjang tadi. Pastikan posisi lubang di atas tabung air.
  2. Sisipkan salah satu ujung selang panjang ke dalam lubang yang telah dibuat di atas tabung air.
  3. Terakhir, pasangkan pengikat kabel pada bagian atas selang panjang agar posisinya tetap stabil.
TRENDING 🔥  Cara Sablon Plastik Sederhana

4. Menyambungkan Bagian Dasar dan Tabung Air

Setelah bagian dasar dan tabung air selesai dibuat, kita akan menyambungkan kedua bagian tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sambungkan ujung selang panjang yang telah terpasang pada bagian dasar dengan ujung selang panjang pada bagian atas tabung air.
  2. Jepitlah kedua ujung selang panjang tersebut dengan klem plastik agar tidak terlepas saat digunakan.

5. Menambahkan Lem Tembak

Setelah semua tahap selesai, kita akan menambahkan lem tembak pada seluruh sambungan kompresor cat sederhana ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Oleskan lem tembak pada sambungan selang panjang dan klem plastik di bagian dasar.
  2. Oleskan juga lem tembak pada sambungan selang panjang dan kabel pengikat di bagian tabung air.
  3. Pastikan lem tembak merata dan menempel dengan kuat pada semua sambungan.

FAQ

1. Bagaimana cara menggunakan kompresor cat sederhana ini?

Caranya sangat mudah. Kita hanya perlu mengisi tabung air dengan air yang cukup, kemudian menghubungkan selang panjang pada bagian dasar dengan pompa udara seperti pompa balon atau pompa ban sepeda. Setelah itu, hidupkan blower angin pada bagian dasar dan tunggu sampai angin keluar dari selang panjang pada bagian atas tabung air. Kompresor cat sederhana ini sudah siap digunakan untuk mengecat berbagai benda.

2. Apa yang harus dilakukan jika kompresor cat sederhana ini bocor atau rusak?

Jika terjadi kebocoran atau kerusakan pada kompresor cat sederhana ini, segera cek sambungan dan pastikan lem tembak telah menempel dengan kuat pada semua sambungan. Jika perlu, tambahkan lagi lem tembak pada sambungan yang bocor atau rusak.

3. Bisakah kita mengubah ukuran kompresor cat sederhana ini?

Tentu saja bisa. Kita bisa menyesuaikan ukuran dan bahan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Namun, pastikan semua sambungan telah dipasang dengan kuat dan aman untuk digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Terang Bulan Mini Sederhana

4. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat kompresor cat sederhana ini?

Biaya yang diperlukan untuk membuat kompresor cat sederhana ini sangat terjangkau. Semua alat dan bahan yang dibutuhkan bisa didapat dengan harga yang sangat murah atau bahkan gratis jika kita sudah memiliki barang-barang tersebut di rumah.

5. Apakah kompresor cat sederhana ini aman digunakan?

Ya, kompresor cat sederhana ini aman digunakan jika semua sambungan telah dipasang dengan kuat dan benar-benar aman untuk digunakan. Pastikan juga kita menggunakan kabel pengikat yang berkualitas dan selalu memperhatikan keamanan saat menggunakan kompresor cat sederhana ini.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kompresor Cat Sederhana