Cara Buat Mesin Crusher Plastik yang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas cara membuat mesin crusher plastik yang sederhana. Tentunya, dengan pembuatan mesin crusher plastik yang sederhana, akan membantu Anda dalam mengurangi limbah plastik di sekitar Anda dan menjaga lingkungan tetap sehat. Yuk, kita mulai pembahasannya!

1. Material yang Dibutuhkan

Untuk membuat mesin crusher plastik yang sederhana ini, Sobat Sederhana memerlukan beberapa material sebagai berikut:

Material
Jumlah
Motor listrik
1 buah
As roda gigi
1 buah
Roda gigi
1 buah
As pisau
1 buah
Pisau
2 buah
Plat besi
1 buah
Bearing
2 buah
Baut dan mur
Sesuai kebutuhan

2. Cara Membuat Mesin Crusher Plastik yang Sederhana

2.1. Langkah pertama

Langkah pertama yang harus Sobat Sederhana lakukan adalah membuat rangka mesin crusher. Caranya adalah dengan menyiapkan plat besi dan memotongnya sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah itu, buat lubang pada plat besi sesuai dengan diameter batang as roda gigi dan as pisau.

2.2. Langkah kedua

Setelah rangka mesin crusher selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memasang motor listrik pada rangka mesin crusher. Caranya adalah dengan memasang motor listrik pada bagian bawah rangka mesin crusher menggunakan baut dan mur. Pastikan motor listrik terpasang dengan kuat dan tidak goyang.

2.3. Langkah ketiga

Setelah motor listrik terpasang dengan kuat, langkah selanjutnya adalah memasang roda gigi pada as roda gigi yang sudah dipasang pada rangka mesin crusher. Caranya adalah dengan memasang roda gigi pada as roda gigi menggunakan baut dan mur. Pastikan roda gigi terpasang dengan kuat dan tidak goyang.

2.4. Langkah keempat

Setelah roda gigi terpasang dengan kuat, langkah selanjutnya adalah memasang pisau pada as pisau yang sudah dipasang pada rangka mesin crusher. Caranya adalah dengan memasang pisau pada as pisau menggunakan baut dan mur. Pastikan pisau terpasang dengan kuat dan tidak goyang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tempat Tisu dari Kain Flanel Sederhana

2.5. Langkah kelima

Setelah semua komponen terpasang dengan kuat, langkah selanjutnya adalah menguji mesin crusher plastik yang sudah dibuat dengan cara menyambungkan motor listrik dengan sumber listrik dan memasukkan plastik pada mesin crusher. Pastikan mesin crusher bekerja dengan baik dan menggunakan tangan untuk mengontrol masuknya plastik pada mesin crusher.

3. FAQ

3.1. Apa kegunaan mesin crusher plastik yang sederhana ini?

Mesin crusher plastik yang sederhana ini digunakan untuk menghancurkan limbah plastik menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk didaur ulang dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

3.2. Berapa harga untuk membuat mesin crusher plastik yang sederhana?

Harga untuk membuat mesin crusher plastik yang sederhana bervariasi tergantung dari jenis dan kualitas material yang digunakan. Namun, jika Sobat Sederhana ingin membuat mesin crusher plastik yang sederhana dengan biaya minim, bisa mencari material bekas yang masih bisa digunakan.

3.3. Bagaimana cara mengoperasikan mesin crusher plastik yang sederhana?

Untuk mengoperasikan mesin crusher plastik yang sederhana, Sobat Sederhana hanya perlu menyambungkan motor listrik dengan sumber listrik dan memasukkan plastik pada mesin crusher. Pastikan mesin crusher bekerja dengan baik dan menggunakan tangan untuk mengontrol masuknya plastik pada mesin crusher.

4. Kesimpulan

Itulah cara buat mesin crusher plastik yang sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan membuat mesin crusher plastik yang sederhana, kita bisa membantu mengurangi limbah plastik di sekitar kita dan menjaga lingkungan tetap sehat. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Mesin Crusher Plastik yang Sederhana