Cara Buat Menu Dropdown Sederhana

Hello Sobat Sederhana, dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat menu dropdown sederhana untuk website Anda. Menu dropdown merupakan salah satu fitur yang sangat penting dalam desain website karena dapat membantu pengunjung untuk menavigasi situs dengan lebih mudah dan cepat.

Apa Itu Menu Dropdown?

Menu dropdown adalah menu yang muncul ketika kita mengklik atau mengarahkan kursor ke sebuah tombol atau teks. Biasanya menu dropdown digunakan untuk menampilkan sub-menu atau opsi yang lebih detail dari sebuah kategori utama. Menu dropdown sering juga disebut sebagai menu terjatuh atau menu drop.

Menu dropdown dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk, seperti menu horizontal atau vertikal, dan dapat disesuaikan dengan desain website Anda. Dalam tutorial ini, kita akan belajar cara membuat menu dropdown sederhana menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Langkah 1: Persiapan

Sebelum kita mulai membuat menu dropdown, kita perlu mempersiapkan beberapa file dan kodingan yang akan digunakan. Pertama, buatlah file HTML dengan format sebagai berikut:

File
Isi
index.html
Menu Dropdown Sederhana

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Fusce nec enim in ipsum sagittis finibus. Donec eget elit elit. Pellentesque rhoncus, dolor a lacinia ultricies, dolor velit tristique dolor, vitae venenatis lectus tellus at neque. In hac habitasse platea dictumst. Nam ut tellus a leo lacinia blandit vel vel ex. Integer elementum mollis velit, eu semper metus pharetra et.

Penjelasan:

File ini merupakan file utama dari website kita. Di dalam file ini terdapat tag HTML, HEAD, BODY, dan beberapa elemen dasar lainnya seperti NAV dan UL. File ini juga mengakses file CSS dan JavaScript dengan tag LINK dan SCRIPT.

Langkah 2: Desain Menu Dropdown

Setelah mempersiapkan file HTML, saatnya kita mulai mendesain tampilan menu dropdown. Pertama, buatlah file CSS dengan format sebagai berikut:

File
Isi
style.css
nav ul {list-style: none;margin: 0;padding: 0;display: flex;justify-content: space-between;}nav ul li {position: relative;}nav ul li a {display: block;padding: .5rem 1rem;text-decoration: none;color: #333;}nav ul li ul {position: absolute;top: 100%;left: 0;background-color: #fff;border: 1px solid #ccc;display: none;}nav ul li:hover ul {display: block;}nav ul li ul li {display: block;}nav ul li ul li a {display: block;padding: .5rem 1rem;text-decoration: none;color: #333;}

Penjelasan:

File ini merupakan file CSS yang akan digunakan untuk mengatur tampilan menu dropdown. Di dalam file ini, terdapat beberapa properti CSS yang digunakan untuk menentukan ukuran, warna, margin, padding, dan posisi elemen-elemen pada menu dropdown. Kode CSS ini akan membuat sebuah menu horizontal dengan tombol utama di sebelah kiri dan sub-menu di bawah tombol tersebut.

Langkah 3: Tambahkan JavaScript

Setelah mendesain tampilan menu dropdown, kita perlu menambahkan kode JavaScript agar menu dropdown dapat berfungsi. Pertama, buatlah file JavaScript dengan format sebagai berikut:

File
Isi
script.js
// nothing to do here

Penjelasan:

File ini merupakan file JavaScript yang akan digunakan untuk membuat menu dropdown dapat berfungsi. Di dalam file ini, kita akan menambahkan kode JavaScript untuk menampilkan atau menyembunyikan sub-menu ketika tombol utama di klik atau diarahkan.

Langkah 4: Tambahkan Menu Dropdown ke HTML

Setelah mempersiapkan file HTML, CSS, dan JavaScript, saatnya kita menghubungkan ketiga file tersebut. Tambahkan kode berikut ke dalam file HTML:

File
Isi
index.html
Menu Dropdown Sederhana

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Fusce nec enim in ipsum sagittis finibus. Donec eget elit elit. Pellentesque rhoncus, dolor a lacinia ultricies, dolor velit tristique dolor, vitae venenatis lectus tellus at neque. In hac habitasse platea dictumst. Nam ut tellus a leo lacinia blandit vel vel ex. Integer elementum mollis velit, eu semper metus pharetra et.

Penjelasan:

Kode ini akan menambahkan menu dropdown ke bagian nav pada file HTML. Pada bagian Services, kita menambahkan sub-menu dengan menambahkan elemen LI dan A di dalam elemen utama. Kita juga menambahkan kelas “dropdown” pada tombol utama dengan elemen LI. Dengan menambahkan elemen LI dan A ini, kita dapat menampilkan opsi atau sub-menu yang lebih spesifik dari sebuah kategori.

Langkah 5: Tambahkan Kode JavaScript

Setelah menambahkan menu dropdown ke file HTML, saatnya kita menambahkan kode JavaScript untuk mengatur tampilan dropdownnya. Tambahkan kode berikut ke file JavaScript kita:

File
Isi
script.js
const dropdowns = document.querySelectorAll(‘.dropdown’);dropdowns.forEach(dropdown => {dropdown.addEventListener(‘mouseenter’, (e) => {const dropdownMenu = dropdown.querySelector(‘.dropdown-menu’);dropdownMenu.classList.add(‘show’);});dropdown.addEventListener(‘mouseleave’, (e) => {const dropdownMenu = dropdown.querySelector(‘.dropdown-menu’);setTimeout(() => {dropdownMenu.classList.remove(‘show’);}, 300);});});

Penjelasan:

Kode ini akan menambahkan interaksi pada menu dropdown ketika tombol utama di-klik atau diarahkan. Dengan menambahkan kode JavaScript ini, kita dapat membuat menu dropdown menjadi aktif dan menampilkan sub-menu ketika tombol utama di-klik atau diarahkan. Kode ini juga akan menambahkan efek hover pada menu dropdown ketika cursor diarahkan ke tombol utama dan sub-menu muncul.

FAQ

Q: Apakah menu dropdown hanya dapat digunakan pada website desktop?

A: Tidak, menu dropdown dapat digunakan pada website desktop maupun mobile dengan desain yang berbeda-beda. Dalam desain website mobile, menu dropdown biasanya ditampilkan sebagai menu hamburger atau menu slide.

Q: Apakah saya perlu menguasai bahasa pemrograman untuk membuat menu dropdown?

A: Ya, untuk membuat menu dropdown dengan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript, Anda perlu menguasai dasar-dasar pemrograman web. Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam pemrograman web, Anda dapat menggunakan beberapa platform website builder yang sudah menyediakan fitur menu dropdown secara otomatis.

Kesimpulan

Demikianlah tutorial cara membuat menu dropdown sederhana untuk website Anda. Dengan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript, kita dapat membuat menu dropdown dalam berbagai bentuk dan tampilan yang disesuaikan dengan desain website Anda. Jangan lupa untuk menguji kode Anda dan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Menu Dropdown Sederhana

TRENDING 🔥  Cara Buat Scrapframe Sederhana untuk Sobat Sederhana