Cara Buat Kolak Pisang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, hari ini kita akan berbicara tentang cara membuat kolak pisang yang sederhana dan lezat. Kolak pisang adalah salah satu makanan tradisional yang sering disajikan dalam acara-acara spesial di Indonesia. Kolak pisang ini sangat mudah dibuat dan terbuat dari bahan-bahan yang sederhana. Yuk, mari kita mulai!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan kamu menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Pisang
4 buah
Gula merah
200 gram
Santan
400 ml
Garam
sedikit saja
Daun pandan
2 lembar

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai membuat kolak pisang yang lezat ini.

Cara Membuat Kolak Pisang Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kolak pisang yang sederhana:

1. Siapkan Pisang

Pertama-tama, kupas pisang dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Pisang bisa dipotong sesuai dengan selera. Pisang yang digunakan untuk membuat kolak pisang sebaiknya yang sudah matang.

2. Siapkan Daun Pandan

Setelah pisang dipotong, bersihkan daun pandan dan ikat menjadi satu. Daun pandan ini berfungsi memberikan aroma yang khas pada kolak pisang.

3. Rebus Gula Merah

Tuangkan air secukupnya pada panci dan masukkan gula merah. Rebus hingga gula merah larut dan menjadi sirup. Aduk-aduk agar tidak gosong dan gula merah tercampur rata.

4. Tambahkan Daun Pandan

Masukkan daun pandan ke dalam panci dan aduk-aduk hingga daun pandan layu dan memberikan aroma yang khas. Daun pandan bisa diambil setelah memberikan aromanya.

5. Masukkan Pisang

Masukkan potongan pisang ke dalam panci yang sudah berisi sirup gula merah. Aduk-aduk dan biarkan sampai pisang matang dan empuk. Tak perlu menutup panci, biarkan terbuka supaya pengentalan gula merah bisa terjadi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Intro Sederhana di After Effect

6. Tambahkan Santan

Setelah pisang matang, masukkan santan ke dalam panci. Jangan lupa tambahkan garam sedikit saja agar rasanya lebih mantap. Aduk-aduk hingga santan tercampur rata dan masak sebentar hingga mendidih.

7. Sajikan Kolak Pisang

Kolak pisang sederhana yang lezat ini siap dihidangkan dan dinikmati. Kolak pisang bisa disajikan dalam keadaan hangat atau dingin. Kamu bisa juga menambahkan es batu supaya lebih segar.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Bisa tidak menggunakan santan?

Bisa, kalau tidak suka dengan santan bisa menggunakan susu cair atau air kelapa.

2. Pisang apa yang cocok untuk membuat kolak?

Kolak pisang bisa dibuat dengan berbagai macam pisang, tapi pisang tanduk atau pisang raja adalah yang paling sering digunakan.

3. Apa sih rahasianya supaya gula merah tidak menggumpal?

Rahasianya adalah terus diaduk-aduk. Jangan biarkan gula merah terlalu lama di atas tungku karena bisa membuat gula merah menggumpal.

Kesimpulan

Sebenarnya, membuat kolak pisang sederhana ini sangat mudah dan tidak butuh waktu yang lama. Kamu bisa membuat kolak pisang ini untuk acara keluarga atau untuk camilan di sore hari. Yuk, coba buat sendiri di rumah! Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Kolak Pisang Sederhana