Cara Membuat Panggangan Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apa kabar? Bagi kamu yang suka beraktivitas di luar ruangan, memiliki panggangan sederhana bisa menjadi hal yang menyenangkan. Selain bisa digunakan untuk memanggang makanan, panggangan sederhana juga bisa membuat suasana menjadi lebih nyaman dan hangat. Nah, bagaimana cara membuat panggangan sederhana? Berikut adalah 20 langkah mudahnya.

1. Pilih Material yang Cocok

Langkah pertama dalam membuat panggangan sederhana adalah memilih material yang cocok. Material yang bisa digunakan antara lain semen, bata, batu bata, atau kerikil. Pilihlah material yang kamu anggap mudah ditemukan dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika ingin menggunakan semen, pastikan kamu menggunakannya dengan campuran pasir dan kerikil. Pilihlah semen yang baik dan tidak mudah pecah atau retak.

Jika ingin menggunakan batu bata, pilihlah batu bata yang berkualitas dan tahan lama. Batu bata memiliki daya tahan yang cukup baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jika ingin menggunakan kerikil, pilihlah kerikil yang ukurannya seragam dan tidak terlalu besar. Hal ini untuk memudahkan dalam membuat panggangan sederhana.

Jika ingin menggunakan bata, pilihlah bata yang berkualitas dan tidak mudah retak. Bata memiliki daya tahan yang cukup baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Tentukan Lokasi yang Tepat

Setelah memilih material, langkah berikutnya adalah menentukan lokasi yang tepat untuk membuat panggangan sederhana. Pilihlah lokasi yang jauh dari benda-benda yang mudah terbakar seperti kain, kayu, atau daun kering. Lokasi yang aman dan mudah dijangkau akan memudahkan kamu dalam memantau panggangan sederhana.

Jika ingin membuat panggangan sederhana di halaman rumah, pastikan kamu memilih lokasi yang tidak mengganggu tetangga dan meluangkan waktu untuk membersihkan sisa-sisa abu setelah selesai digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kue Ulang Tahun yang Sederhana untuk Sobat Sederhana

3. Siapkan Alat dan Bahan

Setelah menentukan lokasi yang tepat, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat yang dibutuhkan antara lain:

Alat Bahan
1. Sekop 1. Semen
2. Ember 2. Pasir
3. Batu bata atau bata 3. Kerikil
4. Waterpass

Jangan lupa untuk memakai alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker saat mengaduk semen dan pasir.

4. Buatlah Fondasi untuk Panggangan Sederhana

Setelah semua alat dan bahan disiapkan, langkah berikutnya adalah membuat fondasi untuk panggangan sederhana. Fondasi ini berfungsi untuk menopang panggangan agar tidak mudah roboh. Caranya adalah:

  1. Bersihkan lokasi yang telah ditentukan dari rumput atau tanaman yang tidak diinginkan.
  2. Pasanglah waterpass pada lokasi yang telah ditentukan untuk menentukan ketinggian fondasi.
  3. Buatlah batas untuk fondasi dengan menggunakan kayu atau besi.
  4. Isikan fondasi dengan semen dan pasir. Pastikan campurannya merata dan tidak terlalu kering atau basah.
  5. Ratakan dan padatkan fondasi menggunakan sepatu atau kayu.
  6. Biarlah fondasi mengering selama 1-2 hari sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Buatlah Batu Bara untuk Panggangan Sederhana

Setelah fondasi mengering, langkah berikutnya adalah membuat batu bara untuk panggangan sederhana. Caranya adalah:

  1. Pasanglah waterpass pada fondasi yang telah dibuat.
  2. Tumpuklah batu bata atau bata sambil membuat celah-celah di antaranya. Hal ini agar udara bisa masuk dan membuat api lebih besar.
  3. Isikan celah-celah tersebut dengan kerikil. Pastikan kerikil di setiap celah-celahnya cukup banyak agar api bisa menyebar dengan baik.

6. Buatlah Rak Panggangan Sederhana

Setelah batu bara siap, langkah berikutnya adalah membuat rak untuk panggangan sederhana. Caranya adalah:

  1. Pasanglah waterpass pada batu bara yang telah dibuat.
  2. Gunakan batu bata atau bata yang lebih kecil untuk membuat rak. Buatlah dua tumpukan batu bata atau bata pada sisi batu bara.
  3. Isikan celah di antara tumpukan batu bata tersebut dengan kerikil.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Meja Sederhana - Panduan Lengkap untuk Sobat Sederhana

7. Selesai Membuat Panggangan Sederhana

Setelah rak selesai dibuat, panggangan sederhana pun siap digunakan. Pastikan kamu sudah membersihkan sisa-sisa abu dari panggangan sebelum digunakan kembali. Kamu bisa memasak berbagai jenis makanan seperti sate, jagung bakar, atau ikan di atas panggangan sederhana ini.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat panggangan sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat panggangan sederhana tergantung pada keahlian dan pengalaman kamu dalam membuat bangunan. Secara umum, waktu yang dibutuhkan adalah 2-3 hari termasuk waktu pengeringan fondasi dan batu bara.

2. Apa saja material yang bisa digunakan untuk membuat panggangan sederhana?

Material yang bisa digunakan untuk membuat panggangan sederhana antara lain semen, bata, batu bata, atau kerikil. Pilihlah material yang sesuai dengan kebutuhanmu dan mudah didapat.

3. Apa saja alat yang dibutuhkan untuk membuat panggangan sederhana?

Alat yang dibutuhkan untuk membuat panggangan sederhana antara lain sepatu, waterpass, ember, sekop, dan batu bata.

4. Apakah panggangan sederhana aman digunakan di halaman rumah?

Ya, panggangan sederhana bisa digunakan di halaman rumah selama kamu memilih lokasi yang tepat dan mengikuti langkah-langkah dengan benar. Pastikan kamu memberikan jarak yang cukup jauh dari benda-benda yang mudah terbakar seperti kain, kayu, atau daun kering.

5. Bisa digunakan untuk memasak apa saja?

Panggangan sederhana bisa digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan seperti sate, jagung bakar, atau ikan. Pastikan kamu sudah membersihkan sisa-sisa abu dari panggangan sebelum digunakan kembali.

6. Apa cara membersihkan panggangan sederhana?

Untuk membersihkan panggangan sederhana, kamu bisa menggunakan sabun cuci piring dan air. Bersihkan sisa-sisa makanan yang menempel dengan menggunakan kain atau spons. Jangan gunakan alat-alat yang tajam karena bisa merusak permukaan panggangan sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tripod Lukisan Sederhana dari Kayu

7. Apakah panggangan sederhana tahan lama?

Ya, panggangan sederhana bisa tahan lama jika dibuat dengan benar dan dirawat dengan baik. Pastikan kamu memberikan jarak yang cukup jauh dari benda-benda yang mudah terbakar seperti kain, kayu, atau daun kering.

8. Bisa disimpan di dalam rumah atau harus diletakkan di luar?

Panggangan sederhana bisa disimpan di dalam rumah asalkan sudah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Namun, sebaiknya jangan disimpan terlalu lama agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Panggangan Sederhana untuk Sobat Sederhana