Cara Buat Kalkulator Sederhana dengan PHP

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kalkulator sederhana menggunakan bahasa pemrograman PHP. Kalkulator sederhana ini merupakan aplikasi web yang dapat memudahkan kita dalam melakukan perhitungan matematika sederhana. Jadi, jika kamu tertarik untuk membuat kalkulator sederhana dengan PHP, simak artikel ini sampai habis ya!

Persiapan Awal

Sebelum memulai membuat kalkulator sederhana dengan PHP, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

1. Menginstal XAMPP

XAMPP adalah sebuah paket aplikasi yang berisi semua perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi web. Untuk membuat kalkulator sederhana dengan PHP, kita memerlukan server web lokal seperti XAMPP. Kamu dapat mengunduh dan menginstal XAMPP dari situs resminya di www.apachefriends.org.

2. Menyiapkan Editor Kode

Untuk menulis kode PHP, kita memerlukan editor kode. Kamu dapat menggunakan editor kode seperti Notepad++, Sublime Text, Visual Studio Code, atau IDE PHP seperti PHPStorm. Pastikan kamu telah menginstal salah satu editor tersebut di komputermu.

3. Kemampuan Dasar PHP

Sebelum memulai membuat kalkulator sederhana dengan PHP, pastikan kamu telah memahami dasar-dasar bahasa pemrograman PHP seperti variabel, operator, dan fungsi. Kamu dapat belajar dasar-dasar PHP di situs seperti www.w3schools.com.

Membuat Kalkulator Sederhana dengan PHP

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kalkulator sederhana dengan PHP:

1. Membuat Form HTML

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat form HTML untuk kalkulator sederhana kita. Form HTML ini akan berisi input field untuk angka pertama, angka kedua, dan operator matematika. Berikut adalah contoh kode untuk form HTML:

Kode
<form method="post" action=""><input type="text" name="angka1" placeholder="Masukkan Angka Pertama"><br><input type="text" name="angka2" placeholder="Masukkan Angka Kedua"><br><select name="operator"><option value="tambah">+</option><option value="kurang">-</option><option value="kali">*</option><option value="bagi">/</option></select><br><input type="submit" name="submit" value="Hitung"></form>

2. Memproses Input Data

Setelah membuat form HTML, langkah selanjutnya adalah memproses input data yang diberikan oleh pengguna. Kita dapat memproses input data menggunakan metode POST pada PHP. Berikut adalah contoh kode untuk memproses input data:

TRENDING 🔥  Cara Merangkai CCTV Sederhana
Kode
if(isset($_POST['submit'])){$angka1 = $_POST['angka1'];$angka2 = $_POST['angka2'];$operator = $_POST['operator'];}

3. Melakukan Perhitungan

Setelah memproses input data, kita dapat melakukan perhitungan sesuai dengan operator matematika yang dipilih oleh pengguna. Berikut adalah contoh kode untuk melakukan perhitungan:

Kode
switch($operator){case "tambah":$hasil = $angka1 + $angka2;break;case "kurang":$hasil = $angka1 - $angka2;break;case "kali":$hasil = $angka1 * $angka2;break;case "bagi":$hasil = $angka1 / $angka2;break;}

4. Menampilkan Hasil Perhitungan

Setelah melakukan perhitungan, kita dapat menampilkan hasil perhitungan ke dalam halaman web menggunakan PHP. Berikut adalah contoh kode untuk menampilkan hasil perhitungan:

Kode
if(isset($hasil)){echo "Hasil perhitungan adalah ".$hasil;}

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul tentang cara membuat kalkulator sederhana dengan PHP:

1. Apa itu kalkulator sederhana?

Kalkulator sederhana adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan matematika sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

2. Apa kegunaan kalkulator sederhana?

Kalkulator sederhana dapat digunakan untuk membantu kita dalam melakukan perhitungan matematika sederhana tanpa harus menggunakan kalkulator fisik.

3. Apa saja yang diperlukan untuk membuat kalkulator sederhana dengan PHP?

Untuk membuat kalkulator sederhana dengan PHP, kita memerlukan server web lokal seperti XAMPP, editor kode seperti Notepad++, Sublime Text, atau Visual Studio Code, serta kemampuan dasar bahasa pemrograman PHP.

4. Apa manfaat dari membuat kalkulator sederhana dengan PHP?

Dengan membuat kalkulator sederhana dengan PHP, kita dapat memperdalam pemahaman kita tentang bahasa pemrograman PHP serta meningkatkan kemampuan kita dalam membuat aplikasi web yang lebih kompleks.

Kesimpulan

Itulah tadi cara mudah untuk membuat kalkulator sederhana dengan PHP. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah dapat membuat kalkulator sederhana yang dapat memudahkan kamu dalam melakukan perhitungan matematika sederhana. Jika kamu memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman seputar pembuatan kalkulator sederhana dengan PHP, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kincir Angin Sederhana Menggunakan Dinamo

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Kalkulator Sederhana dengan PHP