Cara Buat Flying Fox Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat flying fox sederhana. Flying fox adalah permainan yang biasa terdapat di taman bermain dan menjadi daya tarik bagi anak-anak maupun dewasa. Untuk membuat flying fox, kita tidak memerlukan banyak bahan dan alat yang rumit. Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat flying fox, kita harus menyiapkan dulu bahan dan alat yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang harus dipersiapkan:

Bahan
Alat
Kabel tali sepanjang 10 meter
Obeng
2 buah karabiner
Kacamata keselamatan
Tali pengaman
Tang potong
Pelindung kabel tali
Penjepit kabel
Plat baja setebal 5mm
Tali pengukur

Setelah persiapan alat dan bahan siap, kita dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Persiapan Tempat

Setelah persiapan alat dan bahan siap, kita juga harus menyiapkan tempat untuk membuat flying fox. Pilih tempat yang cukup lebar dan tidak terdapat penghalang di sekitarnya. Pastikan juga tempat tersebut aman dan tidak berbahaya.

3. Pemasangan Karabiner

Langkah selanjutnya adalah memasang karabiner pada kedua ujung kabel tali. Karabiner berfungsi sebagai pengait yang akan digunakan untuk menggantungkan tali di atas kepala kita. Untuk memasang karabiner, pertama-tama buka karabiner tersebut menggunakan obeng. Kemudian, kaitkan karabiner pada ujung tali dan tutup kembali karabiner dengan obeng.

4. Pengukuran Ketinggian

Untuk menentukan ketinggian flying fox, kita harus mengukur jarak antara kedua titik tempat kita akan memasang tali. Gunakan tali pengukur untuk mengukur jarak tersebut.

5. Pemasangan Plat Baja

Setelah ketinggian flying fox ditentukan, kita dapat memasang plat baja setebal 5mm pada salah satu titik tempat kita akan memasang tali. Pastikan plat baja sudah terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Media Instruksional Sederhana Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

6. Pemasangan Tali Pengaman

Setelah plat baja terpasang, kita dapat memasang tali pengaman pada tali sekitar 3-4 meter dari ujung plat baja. Tali pengaman berfungsi sebagai pengaman jika terjadi masalah saat menggunakan flying fox.

7. Pemasangan Tali di Tempat Kedua

Setelah tali di tempat pertama siap, kita dapat memasang tali di tempat kedua. Masukkan ujung karabiner melalui plat baja pada titik kedua dan kaitkan kembali karabiner tersebut pada ujung tali. Pastikan kedua tali telah terpasang dengan kuat dan aman.

8. Pengujian Ketahanan Flying Fox

Setelah pemasangan selesai, kita harus melakukan pengujian ketahanan dari flying fox yang telah dibuat. Salurkan beban pada flying fox dan pastikan bahwa tali, karabiner, dan plat baja mampu menahan beban tersebut. Pastikan juga beban dalam batas aman yang telah direkomendasikan.

9. Perhatikan Faktor Keamanan

Saat menggunakan flying fox, kita harus memperhatikan faktor keamanan. Gunakan pelindung kabel tali pada bagian yang terkena gesekan dengan tubuh kita. Jangan juga melebihi batas beban yang telah ditetapkan agar terhindar dari bahaya.

10. Nikmati Sensasi Flying Fox

Setelah semuanya siap dan aman, kita dapat menikmati sensasi flying fox dengan cara yang benar dan aman. Pastikan untuk menggunakan kacamata keselamatan saat menggunakan flying fox.

FAQ

1. Berapa panjang kabel tali yang dibutuhkan untuk membuat flying fox sederhana?

Jawaban: Untuk membuat flying fox sederhana, kita membutuhkan kabel tali sepanjang 10 meter.

2. Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat flying fox sederhana?

Jawaban: Bahan-bahan yang diperlukan adalah kabel tali sepanjang 10 meter, 2 buah karabiner, tali pengaman, pelindung kabel tali, dan plat baja setebal 5mm.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Merubah AC ke DC Motor

3. Apa yang harus diperhatikan saat menggunakan flying fox?

Jawaban: Saat menggunakan flying fox, kita harus memperhatikan faktor keamanan seperti menggunakan pelindung kabel tali dan tidak melebihi batas beban yang telah ditetapkan.

4. Berapa ketinggian yang direkomendasikan untuk flying fox?

Jawaban: Ketinggian yang direkomendasikan untuk flying fox adalah sekitar 3-4 meter.

5. Apakah flying fox sulit dibuat?

Jawaban: Tidak, flying fox sederhana tidak terlalu sulit dibuat dengan bahan dan alat yang tepat.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Flying Fox Sederhana