Cara Buat Es Krim Sederhana dan Mudah

Halo Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan es krim? Makanan penutup yang sering disajikan di restoran, kafe atau toko es krim ini dapat menjadi hidangan yang segar dan enak pada saat cuaca panas. Namun, bagaimana jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah? Tenang saja, kali ini kami akan memberikan cara mudah dan sederhana untuk membuat es krim di rumah.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai memasak, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Berikut adalah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat es krim sederhana dan mudah:

Bahan
Jumlah
Susu cair full cream
500 ml
Gula pasir
150 gr
Perisa vanila (opsional)
1 sdt
Es batu
secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Es Krim Sederhana dan Mudah

1. Campurkan Susu Cair dan Gula Pasir

Untuk membuat es krim, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan susu cair dan gula pasir di dalam wadah yang cukup besar. Aduk rata hingga gula larut. Jika ingin menambahkan perisa vanila, tambahkan perisa vanila ke dalam campuran susu cair dan gula pasir.

2. Siapkan Es Batu

Selanjutnya, siapkan es batu yang sudah dihancurkan. Letakkan dalam wadah yang lebih besar daripada wadah campuran susu cair dan gula pasir. Wadah yang lebih besar ini biasanya digunakan sebagai wadah es krim nanti.

3. Masukkan Campuran Susu Cair dan Gula Pasir ke dalam Wadah Es Batu

Setelah itu, letakkan wadah campuran susu cair dan gula pasir di atas wadah es batu. Pastikan bahwa campuran susu cair dan gula pasir tidak masuk ke dalam wadah es batu.

TRENDING 🔥  Cara Praktikum Sederhana Pencemar Lingkungan Menggunakan Kunyit

4. Aduk Campuran Susu Cair dan Gula Pasir dengan Es Batu

Aduk campuran susu cair dan gula pasir dengan es batu hingga semua bahan tercampur rata. Aduk terus hingga terbentuk es krim yang lembut dan halus.

5. Es Krim Siap Disajikan

Setelah es krim terbentuk, es krim siap disajikan. Letakkan es krim di dalam mangkuk atau wadah es krim yang sudah disediakan. Tambahkan topping atau saus favorit Anda, dan es krim sederhana dan mudah siap dinikmati bersama keluarga atau teman-teman

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah es krim mudah dan sederhana ini cocok untuk vegan atau vegetarian?

Tidak, karena es krim ini menggunakan susu cair full cream yang berasal dari hewan.

2. Bisakah saya menambahkan buah-buahan ke dalam es krim?

Tentu saja! Anda dapat menambahkan buah-buahan segar atau buah-buahan yang sudah dipotong ke dalam es krim untuk memberikan rasa yang lebih segar dan sehat.

3. Apakah perisa vanila wajib digunakan?

Tidak, perisa vanila bersifat opsional dan dapat dihilangkan jika Anda tidak menyukainya.

4. Apakah saya bisa menggunakan susu cair rendah lemak?

Tidak disarankan karena es krim jadi tidak akan sekenyal dan selezat menggunakan susu cair full cream.

5. Apakah saya bisa menyimpan es krim ini di dalam freezer?

Iya, Anda bisa menyimpan es krim di dalam freezer selama 2-3 hari. Namun, kami sarankan untuk segera menikmati es krim setelah dibuat agar rasanya lebih segar dan lezat.

Kesimpulan

Itulah cara membuat es krim sederhana dan mudah yang dapat Anda praktikkan di rumah. Cukup dengan beberapa bahan dan langkah mudah, Anda dapat mencoba membuat es krim sendiri tanpa harus pergi ke toko atau restoran. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tabel Sederhana di Excel

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Buat Es Krim Sederhana dan Mudah