Cara Buat EDM Sederhana di FL Studio

Halo Sobat Sederhana! Selamat datang di artikel kami yang membahas tentang cara membuat EDM sederhana di FL Studio. Kami akan membahas langkah-langkah yang mudah diikuti untuk membuat EDM menggunakan FL Studio. FL Studio menjadi salah satu software produksi musik yang cukup populer di Indonesia karena tampilan antarmukanya yang mudah digunakan. Jadi, jika kamu telah memiliki software FL Studio dan ingin memproduksi musik EDM yang keren, maka artikel ini tepat untuk kamu!

Pendahuluan : Apa itu EDM?

Sebelum masuk pada pembahasan tentang cara membuat EDM di FL Studio, ada baiknya kita mengetahui apa itu EDM. EDM atau Electronic Dance Music adalah genre musik elektronik yang didominasi oleh beat dan bass yang kuat. Musik ini biasanya menggunakan synthesizer, drum machine, dan aplikasi komputer untuk membuat suara elektronik yang unik dan keren. EDM terdiri dari beberapa sub-genre seperti Techno, House, Trance, dan Dubstep. Sekarang kita akan mulai mempelajari cara membuat EDM sederhana dengan mudah menggunakan FL Studio.

Langkah 1 : Mempersiapkan Software FL Studio

Langkah pertama dalam pembuatan EDM adalah mempersiapkan software FL Studio. Pastikan kamu sudah memiliki versi terbaru dari FL Studio dan memahami antarmuka FL Studio. Jika belum memahami antarmuka FL Studio, kamu dapat menonton tutorial FL Studio di YouTube dan melewatkan langkah ini.

Setelah kamu menguasai antarmuka FL Studio, kamu dapat mulai membuat EDM. Pastikan software FL Studio telah terinstall pada komputermu. Kamu juga harus mengecek bahwa semua plugin dan sample yang diperlukan telah terinstall dengan baik di dalam FL Studio.

Langkah 2 : Menambahkan Track Baru

Jika kamu telah mempersiapkan software FL Studio, langkah selanjutnya adalah menambahkan track baru. Untuk menambahkan track baru, kamu bisa menggunakan menu Channel Rack pada antarmuka FL Studio. Klik kanan pada Channel Rack dan pilih “Add one”. Kemudian, kamu dapat memilih jenis instrumen yang ingin kamu gunakan untuk membuat musik EDM. Kamu bisa memilih instrument seperti kick drum, bass synth, lead synth, atau suara efek. Setelah memilih instrumen yang diinginkan, kamu dapat menambahkan track dengan klik dua kali pada Channel Rack atau menggunakan shortcut tanda “+” pada bagian bawah antarmuka FL Studio.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Saus Steak Ayam Sederhana

FAQ :

Pertanyaan
Jawaban
Apakah kita bisa menambahkan lebih dari satu track pada FL Studio?
Ya, kamu bisa menambahkan lebih dari satu track pada FL Studio untuk membuat musik EDM yang lebih kompleks.
Apa itu instrumen “kick drum”?
“Kick drum” adalah instrumen yang menghasilkan suara bass drum. Instrumen ini digunakan untuk membangun beat musik EDM.

Langkah 3 : Membuat Beat Dengan Instrumen Drum

Langkah selanjutnya dalam pembuatan EDM adalah membuat beat dengan instrumen drum. Kamu dapat menggunakan plugin drum dari FL Studio atau menggunakan sample drum yang telah kamu sediakan di dalam folder sample. Untuk membuat beat dengan instrumen drum, kamu perlu menambahkan suara drum pada track drum. Kamu bisa menggunakan mouse untuk men-drag and drop suara drum ke track drum. Setelah menambahkan suara drum, kamu dapat mengatur tempo dengan menggunakan tempo bar pada bagian atas antarmuka FL Studio.

Langkah 4 : Membuat Melodi Dengan Instrumen Synth

Setelah membuat beat dengan instrumen drum, kamu dapat mulai membuat melodi dengan instrumen synth. Kamu bisa menggunakan instrumen synth seperti lead synth, bass synth, atau pad synth. Untuk membuat melodi dengan instrumen synth, kamu bisa menambahkan track baru pada bagian Channel Rack. Kemudian, kamu bisa memilih instrumen synth yang kamu inginkan dari library plugin FL Studio. Setelah itu, kamu bisa menggunakan piano roll pada bagian playlist FL Studio untuk membuat melodi. Kamu juga bisa menyesuaikan pitch dan tempo dari melodi dengan menggunakan tombol pitch bend dan modulation pada bagian playlist FL Studio.

FAQ :

Pertanyaan
Jawaban
Apakah sulit untuk membuat melodi dengan synth di FL Studio?
Tidak, membuat melodi dengan instrumen synth di FL Studio sangat mudah dan intuitif. Kamu hanya perlu menggunakan piano roll pada antarmuka FL Studio untuk membuat melodi.
Apa itu pitch bend dan modulation pada playlist FL Studio?
Pitch bend dan modulation adalah tombol yang digunakan untuk menyesuaikan pitch dan tempo dari melodi yang telah kamu buat.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Popok Kopi Sederhana

Langkah 5 : Membuat Transisi dan Efek Khusus

Langkah terakhir dalam pembuatan EDM adalah membuat transisi dan efek khusus. Kamu bisa menggunakan plugin efek seperti reverb, delay, flanger, atau phaser untuk memberikan efek yang unik pada musik EDM. Kamu juga bisa membuat transisi antara bagian-bagian musik EDM dengan menggunakan fungsi cut, fade, atau reverse pada playlist FL Studio.

Demikianlah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat EDM sederhana di FL Studio. Jangan lupa untuk bereksperimen dengan sound effect dan plugin yang berbeda untuk membuat musik EDM yang unik dan keren.

FAQ :

Pertanyaan
Jawaban
Apakah kita perlu menggunakan efek khusus untuk membuat musik EDM yang baik?
Tidak, kamu tidak perlu menggunakan efek khusus untuk membuat musik EDM yang baik. Namun, menggunakan efek khusus dapat memberikan sentuhan unik pada musik EDM yang kamu buat.
Apa itu fungsi cut, fade, dan reverse pada playlist FL Studio?
Fungsi cut digunakan untuk memotong bagian musik, fade digunakan untuk meredupkan suara secara perlahan, dan reverse digunakan untuk memutar suara terbalik pada playlist FL Studio.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat EDM Sederhana di FL Studio