Cara Buat Donat Sederhana Tapi Enak

Salam hangat buat Sobat Sederhana! Kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat donat yang sederhana namun tetap enak dan lezat. Anda tidak perlu khawatir, resep yang kami berikan sangat mudah dipraktekkan di rumah. Apalagi, donat merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Pada bagian ini, kami akan memberikan daftar bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat donat sederhana namun enak ini. Simak baik-baik agar Anda tidak ketinggalan satu bahan pun.

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
Ragi instan
2 sendok teh
Gula pasir
100 gram
Garam
1 sendok teh
Telur
2 butir
Mentega
100 gram
Madu
1 sendok makan
Air hangat
250 ml
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan semua bahan sudah tersedia sebelum memulai membuat donat ini. Jika sudah, mari kita lanjut ke tahap berikutnya.

Cara Membuat Donat Sederhana Tapi Enak

1. Membuat Adonan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat adonan donat. Caranya, campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam ke dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan sendok atau spatula.

Selanjutnya, tambahkan telur, mentega, madu, dan air hangat ke dalam campuran tepung terigu tadi. Uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket. Anda bisa menggunakan mixer atau mesin pengaduk khusus untuk memudahkan proses pengulenan adonan.

Setelah adonan kalis dan elastis, tutup wadah dengan kain bersih dan biarkan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat. Jangan lupa, letakkan wadah di tempat yang hangat dan tidak terkena angin.

2. Membentuk Donat

Setelah adonan mengembang dua kali lipat, ambil adonan dan timbang seberat 50 gram. Bulatkan adonan dan letakkan di atas loyang atau wadah yang sudah dioles dengan sedikit minyak goreng.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Penarikan Akar Sederhana dari 64

Buatlah lubang di tengah adonan menggunakan jari telunjuk atau jari tengah. Pastikan lubang tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

3. Menggoreng Donat

Setelah semua adonan sudah terbentuk menjadi donat, selanjutnya Anda bisa menggorengnya. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tunggu hingga minyak benar-benar panas sebelum menggoreng donat.

Masukkan donat ke dalam minyak goreng dan goreng hingga kedua sisinya berwarna keemasan. Angkat donat dan tiriskan minyaknya menggunakan kertas minyak atau serbet.

4. Menyajikan Donat

Setelah donat sudah matang dan dingin, Anda bisa menyajikannya. Donat ini cocok disajikan sebagai camilan atau kudapan di waktu santai bersama keluarga atau teman.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah menggunakan ragi biasa atau ragi instan?

Kami menyarankan menggunakan ragi instan karena lebih praktis dan mudah dicari di toko-toko bahan makanan. Namun, jika Anda tidak menemukan ragi instan, bisa menggunakan ragi biasa.

2. Bolehkah mengganti mentega dengan margarin?

Boleh, namun rasanya mungkin akan sedikit berbeda karena margarin memiliki kandungan air yang lebih tinggi. Kami menyarankan untuk menggunakan mentega untuk hasil yang lebih enak.

3. Apakah bisa membuat donat tanpa telur?

Bisa, namun teksturnya mungkin akan berbeda. Telur berfungsi untuk membuat adonan menjadi lebih kenyal dan elastis. Jika Anda tidak ingin menggunakan telur, bisa menggantinya dengan susu atau yogurt.

4. Apakah bisa menyimpan adonan di dalam kulkas?

Bisa, namun kami menyarankan untuk tidak menyimpannya terlalu lama di dalam kulkas karena bisa membuat adonan menjadi tidak mengembang dengan baik. Sebaiknya, langsung digunakan setelah mengembang dua kali lipat atau maksimal disimpan selama 1 hari di dalam kulkas.

5. Bagaimana cara menghindari donat agar tidak terlalu berminyak?

Anda bisa menggunakan minyak goreng yang sudah sangat panas sebelum menggoreng donat atau membiarkan donat yang sudah digoreng tersisa di atas kertas minyak selama beberapa saat untuk menyerap minyak berlebih.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Panel Surya Sederhana dari Kotak CD

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat donat sederhana tapi enak yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa, bagikan resep ini kepada teman dan keluarga yang juga suka makan donat. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Donat Sederhana Tapi Enak