Cara Buat Buku Telepon Sederhana dengan PHP

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah kesulitan mencari nomor telepon seseorang? Apalagi jika nomornya sering berubah atau tidak tercatat dengan baik. Nah, kali ini saya akan membagikan cara membuat buku telepon sederhana menggunakan PHP.

Pengenalan

Sebelum kita mulai, mari kita bahas apa itu PHP. PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor, adalah bahasa pemrograman server-side yang digunakan untuk membuat aplikasi web dinamis. PHP biasanya digunakan untuk mengakses database, mengirim dan menerima data dari formulir, menghasilkan halaman web yang dinamis, dan masih banyak lagi.

Apa itu Buku Telepon Sederhana?

Buku telepon sederhana adalah aplikasi yang digunakan untuk mencatat nomor telepon dari orang-orang terdekat. Dengan buku telepon sederhana, kamu dapat dengan mudah menemukan nomor telepon seseorang tanpa harus bertanya ke orang lain.

Apa yang Dibutuhkan?

Untuk membuat buku telepon sederhana menggunakan PHP, kamu membutuhkan beberapa hal berikut:

1
Editor teks seperti Sublime atau Visual Studio Code
2
Server web seperti XAMPP atau WAMP
3
Pengetahuan dasar tentang PHP dan MySQL

Langkah-langkah

Langkah 1: Membuat Database

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat database untuk menyimpan nomor telepon. Kamu dapat menggunakan MySQL atau aplikasi database lainnya untuk membuat database.

Langkah 2: Membuat Tabel

Setelah membuat database, langkah selanjutnya adalah membuat tabel untuk menyimpan nomor telepon. Kamu dapat membuat tabel menggunakan perintah SQL berikut:

CREATE TABLE book (id INT(6) UNSIGNED AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY,name VARCHAR(30) NOT NULL,phone VARCHAR(15) NOT NULL)

Dalam tabel book, kita memiliki tiga kolom: id, name, dan phone. Kolom id adalah kolom utama yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap entri.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Pulut yang Ada di Bulu Burung yang Sederhana

Langkah 3: Membuat Formulir

Setelah membuat tabel, langkah selanjutnya adalah membuat formulir untuk menambahkan nomor telepon ke dalam database. Kamu dapat menggunakan kode PHP berikut:

<form action="add.php" method="post"><input type="text" name="name" placeholder="Nama"><input type="text" name="phone" placeholder="Nomor Telepon"><button type="submit">Tambahkan</button></form>

Dalam formulir ini, kita memiliki dua input teks untuk memasukkan nama dan nomor telepon, dan satu tombol untuk menambahkan entri baru ke dalam database.

Langkah 4: Menambahkan Data ke Database

Setelah membuat formulir, langkah selanjutnya adalah menambahkan data ke dalam database. Kamu dapat menggunakan kode PHP berikut:

<?php$name = $_POST['name'];$phone = $_POST['phone'];$sql = "INSERT INTO book (name, phone)VALUES ('$name', '$phone')";if ($conn->query($sql) === TRUE) {echo "Nomor telepon berhasil ditambahkan.";} else {echo "Terjadi kesalahan: " . $sql . "<br>" . $conn->error;}$conn->close();?>

Dalam kode ini, kita mengambil nilai dari input teks yang dimasukkan oleh pengguna, dan menyimpannya ke dalam database. Jika data berhasil ditambahkan, maka akan ditampilkan pesan berhasil, jika tidak maka akan ditampilkan pesan kesalahan.

Langkah 5: Menampilkan Data

Setelah menambahkan data ke dalam database, langkah terakhir adalah menampilkan data tersebut. Kamu dapat menggunakan kode PHP berikut:

<?php$sql = "SELECT * FROM book";$result = $conn->query($sql);if ($result->num_rows > 0) {while($row = $result->fetch_assoc()) {echo "Nama: " . $row["name"]. " - Nomor Telepon: " . $row["phone"]. "<br>";}} else {echo "Tidak ada nomor telepon yang tersedia.";}$conn->close();?>

Dalam kode ini, kita menampilkan semua data yang ada dalam tabel, dan menampilkan nama dan nomor telepon untuk setiap entri.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu PHP?

PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang digunakan untuk membuat aplikasi web dinamis.

2. Apa itu buku telepon sederhana?

Buku telepon sederhana adalah aplikasi yang digunakan untuk mencatat nomor telepon dari orang-orang terdekat.

3. Apa yang dibutuhkan untuk membuat buku telepon sederhana dengan PHP?

Untuk membuat buku telepon sederhana menggunakan PHP, kamu membutuhkan editor teks, server web, dan pengetahuan dasar tentang PHP dan MySQL.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kursi Sederhana dari Kayu

4. Bagaimana cara menambahkan data ke database?

Untuk menambahkan data ke dalam database, kamu dapat menggunakan perintah SQL INSERT INTO.

5. Bagaimana cara menampilkan data dari database?

Untuk menampilkan data dari database, kamu dapat menggunakan perintah SQL SELECT.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat buku telepon sederhana menggunakan PHP. Dengan buku telepon sederhana ini, kamu dapat dengan mudah menemukan nomor telepon seseorang tanpa harus bertanya ke orang lain. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Buku Telepon Sederhana dengan PHP