Cara Buat Bubur Jagung Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Buat kamu yang suka makanan berkuah dan manis, coba deh buat bubur jagung. Selain mudah dibuat, bubur jagung juga bisa dijadikan sebagai menu sarapan atau cemilan di sore hari. Yuk, simak cara membuat bubur jagung sederhana yang enak dan lezat berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bubur Jagung

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur jagung. Berikut adalah bahan yang harus kamu siapkan :

Bahan
Jumlah
Jagung Manis Pipil
150 gr
Santan Cair
500 ml
Gula Pasir
100 gr
Garam
1/4 sdt
Air Matang
500 ml
Biji Selasih
Secukupnya

Setelah menyiapkan semua bahan, kamu bisa mulai membuat bubur jagung sederhana dengan langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Bubur Jagung Sederhana

Langkah 1: Mengolah Jagung Pipil

Langkah pertama dalam membuat bubur jagung sederhana adalah mengolah jagung pipil. Kamu bisa mengolah jagung pipil dengan cara merebus jagung pipil dalam air mendidih selama 15-20 menit hingga jagung matang.

Langkah 2: Membuat Kuah Santan

Setelah jagung matang, kamu bisa membuat kuah santan untuk bubur jagung. Cara membuat kuah santan cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan santan, gula dan garam di dalam panci dan rebus hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan sisihkan.

Langkah 3: Menghaluskan Jagung

Setelah jagung pipil matang, kamu bisa menghaluskan jagung dengan menggunakan blender atau food processor. Haluskan jagung hingga bentuknya menjadi pasta. Setelah halus, masukan jagung paste ke dalam panci yang sudah berisi kuah santan tadi.

Langkah 4: Memasak Bubur Jagung

Setelah semua bahan masuk dalam panci, mulailah memasak bubur jagung. Kamu bisa memasak bubur jagung dalam api kecil hingga bubur jagung matang sempurna dan kuah menyusut. Jangan lupa aduk-aduk terus hingga bubur jagung matang agar tidak lengket di dasar panci.

TRENDING 🔥  Cara Buat Steak Daging Sederhana

Langkah 5: Menyajikan Bubur Jagung

Saat bubur jagung sudah matang, kamu bisa menghidangkan bubur jagung dalam mangkuk dan taburi biji selasih di atasnya. Kamu bisa menambahkan potongan pisang atau kacang kedelai sebagai pelengkap.

FAQ Tentang Cara Membuat Bubur Jagung Sederhana

Apa Saja Bahan-bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bubur Jagung Sederhana?

Untuk membuat bubur jagung sederhana, kamu membutuhkan jagung pipil, santan cair, gula pasir, garam, air matang, dan biji selasih sebagai topping. Jangan lupa untuk menyiapkan semua bahan terlebih dahulu sebelum mulai memasak.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bubur Jagung Sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat bubur jagung sederhana sekitar 45 menit. Kamu membutuhkan waktu 15-20 menit untuk merebus jagung pipil, membuat kuah santan memerlukan waktu 10-15 menit, 5 menit untuk menghaluskan jagung, 20-25 menit untuk memasak bubur jagung, dan waktu 5 menit lagi untuk penyajian.

Bagaimana Cara Membuat Bubur Jagung yang Tidak Terlalu Manis?

Jika kamu tidak suka makanan yang terlalu manis, kamu bisa mengurangi jumlah gula pasir yang digunakan. Kamu bisa mencoba untuk menambahkan gula sedikit demi sedikit hingga cita rasanya pas di lidah.

Apakah Bubur Jagung Ini Bisa Disimpan?

Ya, bubur jagung dapat disimpan dalam kulkas hingga 3 hari. Sebaiknya, kamu menyimpan bubur jagung dalam wadah kedap udara dan memanaskannya kembali sebelum dikonsumsi.

Apakah Selasih Bisa Dikurangi atau Dihilangkan?

Tentu saja bisa. Penambahan biji selasih pada bubur jagung adalah hanya sebagai tambahan rasa dan bisa dihilangkan jika kamu tidak suka atau tidak ada.

Kesimpulan

Bubur jagung sederhana merupakan salah satu hidangan yang enak dan lezat untuk disantap. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kamu bisa mencoba membuat bubur jagung sendiri di rumah. Selain itu, bubur jagung juga cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau cemilan di sore hari. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kursi Santai Sederhana

Cara Buat Bubur Jagung Sederhana