Cara Buat Tas dari Tali Kur Sederhana Site YouTube

Selamat datang Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tas dari tali kur sederhana yang bisa kamu dapatkan dari situs YouTube. Tas dari tali kur ini bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari atau bahkan untuk acara-acara formal. Tidak hanya itu, membuat tas dari tali kur juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi limbah dan membuat barang yang ramah lingkungan. Yuk, kita simak cara membuatnya!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat tas dari tali kur, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu:

Alat
Bahan
Gunting
Tali kur
Penggaris
Benang jahit
Pisau cutter
Kancing atau ritsleting (opsional)
Spidol
Kain flanel atau kain pelapis
Peniti

2. Membuat Pola Tas

Setelah semua alat dan bahan tersedia, langkah berikutnya adalah membuat pola tas. Sobat Sederhana bisa membuat pola tas dari kertas atau karton bekas. Pola tas yang dibuat harus sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

2.1. Membuat Pola Dasar Tas

Pertama-tama, buatlah pola dasar tas dengan ukuran panjang dan lebar yang diinginkan. Pola tas ini akan menjadi pola dasar dan digunakan sebagai dasar untuk membuat bagian samping dan bagian atas tas.

2.2. Membuat Pola Bagian Samping dan Bagian Atas Tas

Setelah pola dasar tas selesai dibuat, selanjutnya buat pola untuk bagian samping dan bagian atas tas. Pola ini harus disesuaikan dengan ukuran panjang dan lebar pola dasar tas.

3. Membuat Bagian Tas

Setelah semua pola tas selesai dibuat, selanjutnya adalah membuat bagian tas. Ikuti langkah-langkah berikut:

3.1. Membuat Bagian Dasar Tas

Gunakan pola dasar tas untuk membuat bagian dasar tas. Potong tali kur sebanyak yang dibutuhkan, lalu jahit tali kur satu persatu membentuk pola dasar tas.

TRENDING 🔥  Cara Masak Kwetiau Goreng Sederhana

3.2. Membuat Bagian Samping Tas

Gunakan pola bagian samping tas untuk membuat bagian samping tas. Potong tali kur sebanyak yang dibutuhkan, lalu jahit tali kur satu persatu membentuk pola bagian samping tas.

3.3. Membuat Bagian Atas Tas

Gunakan pola bagian atas tas untuk membuat bagian atas tas. Potong tali kur sebanyak yang dibutuhkan, lalu jahit tali kur satu persatu membentuk pola bagian atas tas.

3.4. Menjahit Bagian Tas

Setelah semua bagian tas selesai dibuat, selanjutnya adalah menjahit semua bagian tas menjadi satu kesatuan. Gunakan benang jahit untuk menjahit semua bagian tas.

4. Finishing Tas

Setelah tas selesai dijahit, selanjutnya adalah melakukan finishing pada tas. Sobat Sederhana bisa menambahkan kancing atau ritsleting, atau bahkan tambahan aksesoris seperti kain flanel atau kain pelapis untuk membuat tas menjadi lebih menarik.

5. FAQ

5.1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat tas dari tali kur?

Waktu yang dibutuhkan tergantung dari ukuran dan model tas yang ingin dibuat. Namun, sekitar 2-3 jam sudah cukup untuk membuat tas sederhana dari tali kur.

5.2. Apakah tali kur sulit ditemukan?

Tali kur bisa ditemukan di toko-toko khusus yang menjual peralatan outdoor. Namun, jika sulit ditemukan, Sobat Sederhana bisa mencarinya di situs online seperti Tokopedia atau Shopee.

5.3. Apakah tas dari tali kur tahan air?

Tas dari tali kur tidak tahan air. Namun, Sobat Sederhana bisa menambahkan lapisan pelapisan pada tas untuk membuatnya tahan air.

6. Kesimpulan

Itulah cara membuat tas dari tali kur sederhana yang bisa Sobat Sederhana praktikkan sendiri di rumah. Selain mudah dan praktis, membuat tas dari tali kur juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi limbah dan membuat barang yang ramah lingkungan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Uang Balik Sederhana

Cara Buat Tas dari Tali Kur Sederhana Site YouTube