Cara Buat Brownis Sederhana Kukus

Salam Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan brownis? Kue yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dengan tekstur yang lembut dan sedikit chewy membuatnya menjadi favorit banyak orang. Nah, kali ini kami akan berbagi resep cara membuat brownis sederhana kukus yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Bahan-bahan

Tidak perlu bingung mencari bahan-bahan yang sulit dicari untuk membuat brownis ini. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
150 gram
Gula pasir
150 gram
Coklat bubuk
50 gram
Minyak sayur
100 ml
Putih telur
4 butir
Baking powder
1 sendok teh
Essence vanila
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh

Sudah siapkan semua bahan? Yuk, kita lanjut ke langkah selanjutnya!

Cara Membuat Brownis Sederhana Kukus

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat brownis sederhana kukus:

1. Siapkan Loyang

Pertama-tama, siapkan loyang berukuran sedang dan olesi dengan margarin. Kamu juga bisa menggunakan alumunium foil untuk membantu proses pengukusan.

2. Ayak Bahan Kering

Ayak tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder lalu campur dengan garam dan aduk rata. Sisihkan.

3. Kocok Putih Telur

Kocok putih telur dalam mangkuk sampai mengembang dengan menggunakan mixer. Setelah itu, tambahkan gula pasir secara bertahap dan kocok sampai putih telur kaku dan berjejak.

4. Campurkan Semua Bahan

Masukkan campuran tepung ke dalam mangkuk kocokan putih telur secara bertahap sambil di aduk perlahan menggunakan spatula hingga adonan tercampur rata. Tambahkan minyak sayur dan essence vanila, aduk lagi hingga semuanya tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Masak Ikan Goreng Bumbu Tumis Sederhana: Resep Mudah untuk Sobat Sederhana

5. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Tuang adonan ke dalam loyang sedikit demi sedikit hingga adonan tinggi sekitar 2-3 cm dari loyang.

6. Kukus Brownis

Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Setelah itu, letakkan loyang yang berisi adonan brownis ke dalam panci dan tutup dengan rapat. Kukus selama 30-40 menit atau sampai matang dengan menggunakan api kecil.

7. Angkat dan Dinginkan

Setelah 30-40 menit, cek kematangan dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam adonan. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti brownis sudah matang. Angkat loyang dari panci dan dinginkan selama 10-15 menit.

8. Sajikan

Potong-potong brownis sesuai selera dan sajikan.

Tips dan Trik

Agar brownis yang kamu buat sempurna, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan:

  • Panaskan air dalam panci terlebih dahulu sebelum memasukkan loyang yang berisi adonan brownis ke dalam panci.
  • Jangan membuka tutup panci saat proses pengukusan berlangsung, karena hal ini akan membuat suhu dalam panci turun dan mempengaruhi proses pengukusan brownis.
  • Setelah brownis matang, dinginkan terlebih dahulu sebelum dipotong-potong, karena brownis yang masih panas akan mudah hancur.

FAQ

1. Bolehkah Menggunakan Gula Batu?

Boleh, namun perlu diingat bahwa gula batu sulit larut. Sehingga, kamu harus menghaluskannya terlebih dahulu agar gula batu tercampur rata.

2. Bagaimana Jika Tidak Memiliki Alat Pengukus?

Jika kamu tidak memiliki alat pengukus, kamu bisa menggunakan panci sebagaimana langkah nomor 6 di atas. Letakkan mangkuk atau sendok di bagian bawah panci untuk mencegah langsungnya loyang dengan panci.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Brownis Terasa Keras?

Jika brownis terasa keras, kemungkinan kamu sudah terlalu lama mengukusnya. Atau mungkin suhu pengukusan terlalu tinggi. Pastikan untuk memperhatikan waktu pengukusan dan suhu yang tepat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Animasi Sederhana Blender

4. Bisakah Brownis Dibuat dengan Teknik Memanggang?

Bisalah, namun cara memanggang bisa membuat tekstur brownis menjadi berbeda dengan teknik kukus. Biasanya brownis yang dipanggang akan memiliki tekstur yang lebih kering dan renyah. Namun, itu semua tergantung selera masing-masing.

5. Apa yang Harus Dilakukan Jika Brownis Tidak Mengembang?

Jika brownis tidak mengembang, kemungkinan adonan belum dikocok dengan baik. Pastikan untuk mengocok adonan putih telur dengan baik hingga mengembang.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Brownis Sederhana Kukus