Cara Buat Ayam Kremes Sederhana untuk Sobat Sederhana

Salam hangat untuk Sobat Sederhana yang selalu setia membaca artikel kami di website ini. Kali ini, kami akan membagikan resep ayam kremes sederhana yang mudah dibuat dan pasti enak. Siapa yang tidak suka ayam goreng yang renyah dan gurih dengan taburan kremes yang melimpah? Baik untuk makan siang atau malam, ayam kremes selalu menjadi favorit banyak orang. Yuk, simak artikel ini secara lengkap untuk mengetahui cara membuatnya!

Bahan-bahan untuk Ayam Kremes Sederhana

Sebelum masuk ke tahap memasak, mari kita persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam kremes sederhana ini:

1 ekor ayam
100 gram tepung terigu
100 gram tepung maizena
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
3 siung bawang putih
150 ml air es
Minyak goreng secukupnya
Tepung roti secukupnya

Pastikan bahan-bahan tersebut sudah siap di meja dapur Anda sebelum memasak ayam kremes sederhana.

Cara Membuat Ayam Kremes Sederhana

Setelah persiapan bahan-bahan sudah selesai, mari kita mulai memasak ayam kremes sederhana ini. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Potong Ayam

Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda, kemudian bersihkan dan cuci ayam dengan baik. Tiriskan dan sisihkan.

Langkah 2: Siapkan Bumbu

Haluskan bawang putih dan campurkan dengan garam dan merica bubuk. Aduk rata dan masukkan hasilnya ke dalam wadah yang cukup besar.

Langkah 3: Balur Ayam dengan Bumbu

Ambil ayam yang sudah dipotong, lalu lumuri dengan bumbu halus yang sudah disiapkan. Pastikan semua bagian ayam terbalur dengan bumbu tersebut.

Langkah 4: Panaskan Minyak

Siapkan minyak dalam wajan yang cukup besar, dan panaskan minyak hingga benar-benar panas. Lakukan tes dengan mengambil sedikit adonan ayam dan masukkan ke dalam wajan, jika berbunyi ‘crek’ berarti minyak sudah cukup panas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Fried Chicken Sederhana

Langkah 5: Goreng Ayam

Goreng ayam yang sudah dibalur bumbu tadi hingga matang dan warnanya cokelat keemasan. Lakukan sesi goreng dalam beberapa kali karena ayam yang terlalu banyak di dalam wajan dapat merusak keempukan ayam.

Langkah 6: Buat Kremes

Untuk membuat kremes, campurkan tepung terigu dan tepung maizena dalam satu wadah. Aduk rata dan tambahkan air es sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang cukup kental.

Langkah 7: Balur Ayam dengan Kremes

Setelah ayam matang dan masih panas, balurkan ayam ke dalam adonan kremes hingga seluruh permukaan ayam terbalut dengan kremes tersebut.

Langkah 8: Taburi Tepung Roti

Setelah seluruh permukaan ayam sudah terbalut dengan kremes, taburkan sedikit tepung roti di atasnya agar ayam menjadi lebih renyah.

Langkah 9: Goreng Ayam Kembali

Setelah proses tabur tepung roti, goreng kembali ayam yang sudah dibalut dengan kremes hingga matang dan warnanya kecokelatan.

Langkah 10: Tiriskan Ayam Kremes

Saat ayam kremes sudah matang, tiriskan dalam tempat yang dilapisi dengan tisu dapur. Diamkan sejenak dan siap disajikan!

FAQ tentang Ayam Kremes Sederhana

1. Apakah ayam kremes sulit dibuat?

Tidak, ayam kremes sederhana ini sangat mudah dibuat, bahkan oleh pemula sekalipun. Selain bahan-bahannya yang mudah didapatkan, langkah-langkahnya pun mudah diikuti.

2. Apakah saya bisa mengganti tepung maizena dengan tepung lain?

Bisa. Namun, tepung maizena memberikan tekstur yang lebih renyah dan empuk pada ayam kremes. Jadi, sebaiknya menggunakan tepung maizena untuk menghasilkan ayam kremes yang lezat.

3. Apakah saya bisa menambahkan bumbu lain pada ayam kremes ini?

Tentu saja. Anda bisa menambahkan bumbu sesuai dengan selera masing-masing. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan bumbu agar cita rasa ayam kremes tidak terganggu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Pemotong Bawang Sederhana

4. Apakah saya bisa menggunakan ayam fillet?

Bisa. Namun, lebih disarankan menggunakan ayam dengan bagian yang lebih banyak daging seperti paha atau dada ayam agar ayam kremes terasa lebih gurih.

5. Apakah saya bisa menyimpan ayam kremes dalam freezer?

Bisa. Namun, sebaiknya tidak menyimpan terlalu lama dan pastikan ayam kremes sudah dingin terlebih dahulu sebelum disimpan dalam kantong plastik atau wadah khusus untuk freezer.

Penutup

Itulah sedikit informasi mengenai cara membuat ayam kremes sederhana yang enak dan mudah diikuti. Semoga Sobat Sederhana dapat mencoba resep ini di rumah dan menyajikannya untuk keluarga tercinta. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman Sobat Sederhana yang suka masak agar mereka juga bisa mempraktikkannya di rumah. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Ayam Kremes Sederhana untuk Sobat Sederhana